.

Jumat, 14 April 2017

Pertumbuhan Ekonomi Di Sulawesi Barat

@A39-Emy

OLEH : EMY PAHIBA 

Abstrak

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi; potensi yang mulai diperhatikan dunia internasional. Indonesia - ekonomi terbesar di Asia Tenggara - memiliki sejumlah karakteristik yang menempatkan negara ini dalam posisi yang bagus untuk mengalami perkembangan ekonomi yang pesat.
Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir ada dukungan kuat dari pemerintah pusat untuk mengekang ketergantungan Indonesia pada ekspor komoditas (mentah), sekaligus meningkatkan peran industri manufaktur dalam perekonomian. Pembangunan infrastruktur juga merupakan tujuan utama pemerintah, dan yang perlu menyebabkan efek multiplier dalam perekonomian.

Sistem ekonomi adalah salah satu alat guna mencapai tujuan kehidupan bersama suatu bangsa atau negara. Ketika membandingkan sistem-sistem ekonomi yang ada, telah terlihat bahwa masing-masing sistem eknomi memiliki perbedaan-perbedaan yang sangat kontras.(buku pengantar ilmu ekonomi,Prathama Rahardja.)

1. pendahuluan

-Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Barat trwiwulan III  2016,mengalami kemajuan sebesar (3,28%),dengan ukuran besaran perolehan produk domestik regional bruto (PDRB) dengan dasar harga mencapai 9,24 Triliun rupiah.

Hal tersebut diketahui setelah Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat merilis berita resmi statistik di Mamuju.Senin 7 November 2016.

Kepala BPS Sulbar Suntono Mengatakan,angka tersebut di pengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pendekatan lapangan usaha,kategori administrasi pemerintahan,pertahanan dan jaminan sosial serta pengadaan listrik dan gas.
“Atas dasar harga Konstan 2010 mencapai 7,01 triliun rupiah,dan untuk faktor itu sebesar 19.00 persen,dari sisi penegeluaran pertumbuhan tertinggi di capai oleh komponen pengeluaran komsumsi pemerintah sebesar 95,51 persen”Ungkapnya.

Dari data tersebut secara kumulatif (triwulan I-III) 2016 jika dibandingkan dengan kondisi yang sama tahun 2015 (c to c), ekonomi Sulawesi Barat tumbuh hingga (5,67%). Pertumbuhan tertinggi dari sisi lapangan usaha adalah pengadaan listrik dan gas yang tumbuh (26,70%). Sedangkan dari sisi pengeluaran sebesar (8,07%) pada komponen pembentukan modal tetap bruto (PMTB).

Selain itu untuk pertumbuhan ekonomi regional Maluku,Sulawesi dan Papua tertinggi secara (q to q) terjadi di Papua dengan tingkat pertumbuhan sebesar (21,42%),jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2015 (y on y), tertinggi di Papua sebesar (20,65%) serta  secara kumulatif (c to c) hingga triwulan III 2016 pertumbuhan tertinggi terjadi di Sulawesi Tengah sebesar (12,01%).
(artikel, manakarranews.com, 2016)


2. RUMUSAN MASALAH

1. apakah sulawesi barat mampu mencetak rekor pertumbuhan ekonomi tertinggi nasional ?
2. berapakah angka pertumbuhan ekonomi sulawesi barat ?
3. bagaimana Kinerja perekonomian Sulawesi Barat ?
4. apa Penyebab kesenjangan ekonomi dan sosial di Sulawesi Barat ?
5. bagaimana Pertumbuhan Ekonomi di sulawesi barat ?

3. Pembahasan

3.1 apakah sulawesi barat mampu mencetak rekor pertumbuhan ekonomi tertinggi nasional

 Meski baru seumur jagung, Sulawesi Barat yang menjadi provinsi ke-33 di Indonesia mampu mencetak rekor pertumbuhan ekonomi tertinggi nasional. Bahkan, kawasan Asia Tenggara untuk tingkat provinsi.
Daerah penghasil kakao itu, pada kuartal III/2014 mampu mengenjot pertumbuhan ekonomi sebesar 10,02%.

Bahkan, saat ekonomi nasional terpuruk, dengan pertumbuhan 4,67% pada kuartal II/2015, Sulbar mampu tumbuh 8,7% pada periode yang sama.

“Hal ini menjadi sinyal positif bagi prospek perekonomian Sulbar ke depan,” kata Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo dalam peresmian Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Mamuju, Kamis (1/10/2015).

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh membenarkan bahwa ekonomi Sulbar melesat dalam beberapa tahun terakhir karena digerakkan oleh komoditas kakao.
“Bahkan ekonomi kita tercatat tertinggi di Asia Tenggara untuk tingkat provinsi,” ujarnya.
Menurutnya, saat ini keberadaan perbankan sangat dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, karena uang adalah modal dasar untuk membangun daerah yang menjadi pecahan Sulawesi Selatan itu.

Beberapa proyek mercusuar dipersiapkan Pemprov Sulbar, seperti pembangunan jalan bebas hambatan dari kota Mamuju ke Bandara Tampa Padang, selain perluasan areal bandara.
(artikel finansial bsinis, 2015 )

3.2 berapakah angka pertumbuhan ekonomi sulawesi barat ?

Sulawesi Barat sendiri memiliki pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, yaitu 8,7 persen pada triwulan II 2015, lebih tinggi dari rata-rata nasional 4,67 persen. Selain itu, pada 2014 juga tercatat sebagai provinsi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, yakni sebesar 10,02 persen.
Menurut Agus, hal ini tentu memberikan sinyal positif untuk prospek perekonomian Sulawesi Barat secara keseluruhan.
Selain itu, Bank Indonesia juga akan berkontribusi aktif membantu upaya mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah di Sulawesi Barat. Menurut Agus, sektor yang akan diprioritaskan adalah sektor unggulan, seperti cocoa butter, kosmetik, dan makanan jadi.

Ia mengungkapkan tantangan perekonomian ke depan semakin tidak mudah, sehingga membutuhkan koordinasi, kolaborasi, dan kerja sama yang efektif di antara para pihak yang berwenang, termasuk Bank Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Bank Indonesia secara simbolis juga menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia berupa penyediaan fasilitas air bersih melalui sistem pipa untuk sekitar 1.400 jiwa warga Desa Pati’di, Kabupaten Mamuju. Bank Indonesia juga menunjukkan kepeduliannya dengan membantu memberi tambahan koleksi buku untuk perpustakaan universitas di Sulawesi Barat.

Bank Indonesia saat ini telah memiliki total 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri dan empat Kantor Perwakilan Luar Negeri, yaitu di Singapura, Tokyo, London, dan New York.
(artikel, tempo read news, 2015)

3.2 bagaimana Kinerja perekonomian Sulawesi Barat ?

1.KINERJA PEMBANGUNAN WILAYAH
 Pembangunan wilayah bertujuan untuk meningkatkan daya saing wilayah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi ketimpangan antarwilayah, serta memajukan kehidupan masyarakat. Pembangunan wilayah yang strategis dan berkualitas menjadi harapan setiap daerah di Indonesia.

2. PERKEMBANGAN INDIKATOR UTAMA
Pembangunan wilayah selain meningkatkan daya saing wilayah juga mengupayakan keseimbangan pembangunan antardaerah sesuai dengan potensinya masing-masing. Perkembangan indikator utama dalam pembangunan wilayah meliputi pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran, dan pengurangan kemiskinan dapat menggambarkan capaian kinerja pembangunan wilayah secara umum.

3.4 Apa penyebab kesenjangan ekonomi dan sosial di Sulawesi Barat ?

Kesenjangan intra wilayah

 Pembangunan diarahkan untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah dan antargolongan pendapatan. Tingkat kesenjangan ekonomi antarkota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat yang ditunjukan dengan nilai indeks wiliamson dari tahun 2009-2013 memiliki kecenderungan semakin meningkat walaupun masih berada di bawah rata-rata nasional (Gambar 19). Kesenjangan ekonomi yang terjadi di Sulawesi Barat berkategori rendah. 
Penyebab kesenjangan ekonomi dan sosial di Sulawesi Barat adalah rendahnya aksesibilitas .pelayanan sarana dan prasarana ekonomi dan sosial terutama untuk masyarakat di perdesaan. Ketimpangan antara masyarakat perkotaan dan perdesaan juga ditunjukkan oleh rendahnya tingkat kesejehateraan masyarakat desa.
Kesenjangan ekonomi antarkabupaten di Provinsi Sulawesi Barat relatif merata, terlihat dari besarnya gap antara kabupaten dengan PDRB perkapita tertinggi dan PDRB perkapita terendah (Tabel 7). Besarnya PDRB perkapita di Kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara selalu lebih tinggi dari Provinsi Sulawesi Barat, namun perbedaan dengan kabupaten lain tidak begitu besar. Tingginya PDRB perkapita kedua kabupaten ini karena potensi kekayaan alamnya di bidang pertambangan, pertanian, perikanan, dan perkebunan. Selain itu, membaiknya pelayanan publik yang dilakukan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi juga meningkatkan PDRB perkapita di daerah ini.

3.5 Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat memiliki peran strategis dalam mendukung peran Sulawesi di tingkat nasional sebagai pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan, perikanan serta pertambangan nikel khususnya simpul perkebunan kakao dan simpul perikanan. Provinsi Sulawesi Barat yang berhadapan langsung dengan Selat Makassar merupakan salah satu jalur pelayaran nasional dan internasional yang memberikan nilai tambah bagi pembangunan ekonomi wilayah ini.

 Kinerja perekonomian Sulawesi Barat tahun 2011 – 2014 cenderung mengalami penurunan (Gambar 1). Pada tahun 2011 – 2013 pertumbuhan ekonomi menurun dari 10,73 persen pada tahun 2010 menjadi 6,94 persen pada tahun 2013, kemudian meningkat lagi menjadi 8,73 pada tahun 2014. Selama kurun waktu tersebut laju pertumbuhan rata-rata Sulawesi Barat sebesar 8,91 persen , berada di atas rata-rata nasional 5,9 persen.Tingginya pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat turut didukung oleh pemanfaatan sumberdaya alam yang melimpah di wilayah ini. (simreg bappenas, 2015)

4. Kesimpulan

 Meski baru seumur jagung, Sulawesi Barat yang menjadi provinsi ke-33 di Indonesia mampu mencetak rekor pertumbuhan ekonomi tertinggi nasional. Bahkan, kawasan Asia Tenggara untuk tingkat provinsi.

Bahkan, saat ekonomi nasional terpuruk, dengan pertumbuhan 4,67% pada kuartal II/2015, Sulbar mampu tumbuh 8,7% pada periode yang sama.

Provinsi Sulawesi Barat memiliki peran strategis dalam mendukung peran Sulawesi di tingkat nasional sebagai pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan, perikanan serta pertambangan nikel khususnya simpul perkebunan kakao dan simpul perikanan. Provinsi Sulawesi Barat yang berhadapan langsung dengan Selat Makassar merupakan salah satu jalur pelayaran nasional dan internasional yang memberikan nilai tambah bagi pembangunan ekonomi wilayah ini.


Daftar Pustaka
Rahardja,Prathama and  Manurung,Mandala. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta:lembaga penerbit fakultas ekonomi UI, 2008.

Manakarra.n.2016,pertumbuhan ekonomi sulawesi barat,http://www.manakarranews.com/2016/11/pertumbuhan-ekonomi-sulawesi-barat.html diakses 14 april 2017

Finansial.b.2015,pertumbuhan ekonomi sulbar tertinggi di asia tenggara,http://finansial.bisnis.com/read/20151001/90/477985/pertumbuhan-ekonomi-sulbar-tertinggi-se-asia-tenggara- diakses 14 april 2017


Simreg.bpn.2015.analisis provinsi sulawesi barat,http://simreg.bappenas.go.id/document/Publikasi/DokPub/Analisis%20Provinsi%20Sulawesi%20Barat%20%202015_ok.pdf diakses 14 april2017-04-14







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.