.

Selasa, 12 April 2016

POLEMIK HUKUM PERMINTAAN DAN PENAWARAN DI INDONESIA



Pendahuluan
ilmu ekonomi adalah ilmu yang hanya dimulai dan diakhiri dengan hukum permintaan dan penawaran.Tentu saja anggapan ini terlalu mengandalkan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang  sangat sederhana.
Akan tetapi menurut saya hukum yang dikenal dengan hukum penawaran dan permintaan memang merupakan bagian yang terpenting dalam pemahaman kita mengenai pasar. Apa bila kita membicarakan pasar tentunya tidak luput dari perdagangan.Perdangan yang paling sering terjadi adalah perdangan di pasar.Di dalam perekonomian pasar tentunya ada yang disebut permintaan dan penawaran.Permintaan adalah jumlah barang yang diminta pada jumlah dalam waktu tertentu,sedangkan penawaran  adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Dari sini kita sudah melihat bahwa Permintaan dan Penawaran memiliki hubungan yang erat satu sama lain  untuk mendukung perdagangan. Pertama kita perlu mengetahui apa faktor saja yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, berikutnya kita dapat melihat bagaimana permintaan dan penawaran membentun harga pasar.

Rumusan masalah :
1.      Apa bunyi dari Hukum permintaan ?
2.      Apa saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan ?
3.      Apa bunyi dari Hukum Penawaran ?
4.      Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran ?
Pembahasan

1.Apa bunyi dari Hukum permintaan ?

Hukum permintaan: apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Dalam hukum permintaan jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang.



2.Apa Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan ?
  1. konsumen
2.      Pendapatan konsumen
3.      Perkiraan harga di masa depan
4.      Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
3.Apa bunyi dari Hukum Penawaran ?

Hukum penawaran : bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.

4.Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran ?

·         Pajak
·         Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
·         Prediksi / perkiraan harga di masa depan



 Kesimpulan
Penentuan Harga,Penawaran serta Permintaan sangat diperlukan dalam perkembangan sistem ekonomi.Penentuan Harga bersumber pada penawaran dan permintaan.Penawaran bersumber pada kuantitas barang yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,sedangkan Permintaan bersumber pada kuantitas permintaan barang berdasarkan harga yang ditawarkan.
Saran
Menentukan strategi penentuan harga sebaiknya perusahaan benar-benar sudah mengetahui dengan pasti apa yg jadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan pada saat ini.Langkah dalam menentukan strategi dan metode harga dilakukan dengan sebaik-baiknya.Tingkatkan dan pertahankan mutu dan pelayanan untuk kepuasan pelanggan.
          Untuk memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yg kompetitif, harga sebagai penyeimbang antara kualitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yg ditawarkan oleh produsen, untuk menciptakan keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.