.

Senin, 14 Maret 2016

Elastisitas Penawaran

         Elastisitas penawaran adalah tingkat perubahan penawaran atas barang dan jasa yang diakibatkan karena adanya perubahan harga barang dan jasa tersebut. Untuk mengukur besar/kecilnya tingkat perubahan tersebut diukur dengan angka angka yang disebut koefisien elastisitas penawaran dengan lambang ES (Elasticity Supply).
Rumus elastisitas pernawaran sebagai berikut.

keterangan : 
  • Es : Elastisitas Penawaran
  • Q  : Jumlah Penawaran Awal
  • P   : Harga Mula-Mula
  • ΔQ : perubahan jumlah penawaran
  • ΔP : perubahan harga barang

Macam-macam Elastisitas Penawaran
Seperti dalam permintaan, elastisitas penawaran dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:
1.   In Elastis Sempurna (E = 0)
          Yaitu koefisien elastisitas penawaran sama dengan nol. Pada tingkat harga berapa pun besarnya penawaran tidak berubah. Artinya penjual sama sekali tidak dapat menambah penawarannya walau harga bertambah tinggiPenawaran in elastis sempurna terjadi bilamana perubahan harga yang terjadi tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah penawaran. Kurvanya sejajar dengan sumbu Y atau P
2.   In Elastis (E < 1)
        Yaitu koefisien elastisitas penawaran lebih kecil dari satu. Hal ini terjadi bila persentase perubahan penawran lebih kecil dari persentase perubahan harga. Kurva cenderung tegak. Penawaran in elastis terjadi jika perubahan harga kurang berpengaruh pada perubahan penawaran.
3.   Elastis Uniter (E = 1)
       Yaitu koefisien elastisitas penawran sama dengan satu. Hal ini terjadi jika persentase perubahan penawaran sama dengan persentase perubahan harga. Kurva membentuk sudut 45 derajat. Penawaran elastis uniter terjadi jika perubahan harga sebanding dengan perubahan jumlah penawaran.
4.   Elastis (E > 1)
     Yaitu koefisien elastisitas penawran yang lebih besar dari satu. Hal ini terjadi jika persentase perubahan penawran lebih besar dari persentase perubahan harga. Kurva cenderung mendatar. Penawaran elastis terjadi jika perubahan harga diikuti dengan jumlah penawaran yang lebih besar.
5.   Elastis Sempurna ( E = ~ )
         Yaitu koefisien elastisitas penawaran sama dengan tidak terhingga. Rasio persentase perubahan jumlah yang ditawrakan terhadap persentase harga sangat besar sehingga kurva penawaran berbentuk horizontal. Penawaran elastis sempurna terjadi jika perubahan penawaran tidak dipengaruhi sama sekali oleh perubahan harga, sehingga kurva penawaran akan sejajar dengan sumbu Q atau X.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.