Memahami Pasar Oligopoli
Oleh :
Lucia Debby Gracella Sihombing
Kode Peserta :
@C13-Lucia, @Proyek-05
Abstrak
Penulisan tulisan ini
bertujuan untuk membantu pembaca dan juga penulis dalam memahami makna pasar
oligopoli. Adapun latar belakang tulisan ini adalah seringnya terjadi
persaingan khususnya dalam dunia pasar, namun pada oligopoli persaingan yang
dibahas adalah persaingan tidak sempurna, walaupun tidak sempurna dapat
menimbulkan risiko tertentu dalam pasar. Agen-agen pasar akan tetap menjaga
loyalitas pembeli agar tidak berpindah produk dengan memanfaatkan para pembuat
iklan agar menarik lebih perhatian para pembeli. Hal seperti inilah yang
hendaknya kita ingin pahami dalam pembahasan
di dalam tulisan ini.
Kata kunci: oligopoli,
pasar, pembeli, iklan.
Pendahuluan
Dewasa ini, banyak sekali
permasalahan ekonomi yang dapat kita lihat bahkan alami dikehidupan sehari-hari.
Beberapa aspek yang juga mesti kita pahami dalam kehidupan ekonomi disekitar
kita adalah tentang proses bagaimana suatu kegiatan ekonomi itu dapat terjadi
dengan keadaan tertentu, yang diuntungkankan dan sebaliknya.
Sepengetahuan
penulis, buku-buku, teks, dan artikel-artikel ilmiah yang dibuat dalam jurnal
yang ditulis para ahli tentang bidang ekonomi adalah sebagai berikut:
(1)
Buku yang berjudul “Buku ekonomi mikro oleh Ida Nuirani SE.”.
(2)
Buku yang berjudul “Teori Ekonomi Mikro oleh Bayu Pramutoko, SE., MM. ”
(3)
Jurnal ekonomi mengenai “Teori Pasar oligopoli ”.
Hasil penelitian dan pembahasan
tentang pemahaman pasar oligopoli. Ditinjau dari sudut
pandang teoritis, sekurang-kurangnya hasil penelitian ini dapat mengembangkan
dan menyempurnakan teo1ri pengantar ekonomi , teori perkembangan ekonomi, teori
pengaruh ekonomi masa kini. Jika ditinjau dari sudut pandang praktikal, hasil
penelitian tentang pemahaman ekonomi dimasa kini menghasilkan konsep, strategi, prinsip, skema
dan alur proses yang dimanfaatkan dan diaplikasikan secara praktis oleh user
penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam konteks penelitian
ini pengguna penelitian yang dapat memanfaatkan penelitian ini.
Identifikasi masalah
Berdasarkan
masalah yang telah dituliskan pada pendahuluan, kita dapat mengidentifikasi
beberapa masalah yang harapannya dapat diselesaikan yaitu sebagai berikut:
1.
Memahami arti Pasar
2.
Memahami tentang pasar
oligopoli
Pembahasan
1.
Memahami Arti Pasar
Menurut
Mankiw (2007) pasar adalah
sekumpulan pembeli dan penjual dari sebuah barang atau jasa tertentu. Para
pembeli sebagai sebuah kelompok yang menentukan permintaan terhadap produk dan
para penjual sebagai kelompok yang menentukan penawaran terhadap produk.
Pasar merupakan tempat bertemunya
pembeli serta penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.
Berdasarkan ilmu ekonomi, pasar berhubungan dengan kegiatannya bukanlah
tempatnya. Ciri khas suatu pasar yaitu ada aktivitas transaksi atau jual beli.
Pasar dibagi lagi menjadi beberapa bagian
berdasarkan fisik, waktu, luas kegiatan bahkan bentuk yang salah satunya adalah
pasar oligopoli (persaingan tidak sempurna).
2.
Memahami Tentang Pasar Oligopoli
Pasar
oligopoli adalah pasar dimana terdapat beberapa penjual dalam pasar suatu
produk tertentu. Produk yang
dihasilkan oleh produsen bersifat homogen, serta tidak dibedakan dengan
perusahaan yang lain. Di pasar ini perusahaan atau produsen dapat bersaing
secara langsung, tapi dapat pula melakukan merger (penggabungan).
Beberapa ciri-ciri pasar oligopoli:
·
Beberapa produsen yang
menguasai pasar.
·
Setiap produsen atau
perusahaan cenderung untuk memberlakukan harga pasar yang umum.
·
Produk yang diperjualbelikan
belikan dapat bernilai homo atau beberbeda.
Kebaikan dari pasar oligopoli, perusahaan akan mengembangkan
penelitian dan melakukan inovasi terhadap produknya. Inovasi tersebut sangat
diperlukan sebab persaingan yang terjadi bukan dalam bentuk persaingan harga,
tapi dari hal kualitas produknya.
Kelemahan pasar oligopoli, harga dalam
pasar ini cenderung cukup tinggi, sehingga pihak perusahaan akan memperoleh
keuntungan yang cukup besar. Kondisi seperti ini bisa berakibat kepada tidak
meratanya distribusi pendapatan. Dan selain itu, biaya dari promosi yang
dibutuhkan cukup besar yang dapat berakibat pada membesarnya biaya produksi.
Kesimpulan
Pasar adalah
salah satu tempat terjadi nya kegiatan ekonomi yang lumayan besar. Dengan beberapa
jenis pasar akan melakukan proses ekonomi dengan sifatnya masing-masing. Khususnya
pasar oligopoli akan melakukan persaingan walaupun tidak sempurna namun
berusaha mendapat banyak keuntungan dengan beberapa penjual dan memanfaatkan
iklan untuk menjaga loyalitas pembeli terhadap suatu produk, karna seorang akan
selalu merasa “NEVER BE ENOUGH”.
Daftar
Pustaka
Aggraini
dkk. 2013. Pola Hubungan Pertumbuhan Ekonomi
Dan Pembangunan Manusia Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2007-2011. Jurnal ekonomi.
Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=123857. Diunduh 15 November 2013.
Sri Budi. 2012. Mengelola Sumber
Daya Manusia Dalam Menyongsong Millenium Development Goals (Mdgs). Jurnal
ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=12768. Diunduh 19 November 2012.
Panuntun
dkk. 2013. Strategi Bertahan Dipasar Oligopoli. Jurnal ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=190024.
Diunduh 16 September 2013.
Anonim.
Kbbi. Pengertian pasar. dalam https://kbbi.web.id/pasar. Di searching 29
maret 2018.
Hestanto.
2018. Pasar oligopoli. Website hestanto. Dalam http://www.hestanto.web.id/pasar/.
Di unduh 4 Januari 2018.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.