Abstrak
Konsumen memiliki berbagai macam prilaku untuk menghadapi
kenaikan harga, baik itu sandang pangan maupun papan. Sebagai seorang produsen
harus lah tau tentang prilaku konsumen, agar para produsen dapat menghadapi itu
semua dan tidak mengalami kerugian.
Pendahuluan
Pada saat ini, banyak sekali kebutuhan pangan yang mengalami
kenaikan harga. Hal ini disebabkan kelangkaan barang dan ada segelintir orang
yang memang sengaja menimbunnya, untuk kepentingan pribadi. Miris melihat hal
ini dapat terjadi di negri kita. Padahal kita semua tahu, bahwa Indonesia
merupakan negara yang memiliki tanah yang subur, dan mempunyai hasil laut yang
banyak. Sebagai pedagang (produsen), harus dapat mengatasi hal tersebut agar
para konsumen yang biasa belanja tidak kabur ke produsen yang lain.
Permasalahan
Apa yang
dimaksud dengan prilaku konsumen?
Jelaskan
faktor – faktor yang mempengaruhi kenaikan harga pasar!
Sebutkan
faktor –faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen!
Bagaimana
cara konsumen dalam mengatasi kenaikan harga pangan?
Bagaimana
cara menghadapi sifat konsumen?
Pembahasan
I.
Prilaku
Konsumen
Perilaku konsumen mempelajari di mana, dalam kondisi macam apa, dan
bagaimana kebiasaan seseorang membeli produk tertentu dengan merek tertentu
(Sutrisno Tanio, 2014). Untuk mengetahui prilaku konsumen, kita dapat melakukan
pendekatan kardinal maupun ordinal.
Pendekatan konsumen Kardinal adalah daya guna dapat diukur dengan
satuan uang atau utilitas, dan tinggi rendahnya nilai atau daya guna tergantung
kepada subyek yang menilai. Pendekatan ini juga mengandung anggapan bahwa
semakin berguna suatu barang bagi seseorang, maka akan semakin diminati
(Rahardja Pratama, 2008)
Sedangkan pendekatan konsumen
Ordinal adalah pendekatan yang daya guna suatu barang tidak perlu diukur, cukup
untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna
yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang.
II.
Faktor
yang Mempengaruhi Kenaikan Harga Pasar
·
Pasokan
Apabila
pasokan melimpah harga barang di pasar cenderung turun. Sebaliknya, apabila
pasokan kurang sampai membuat barang tersebut langka, harga akan meroket naik.
Seperti pada
bulan lalu, harga cabai melonjak "Kenaikan harga cabai merah itu karena
pasokan berkurang," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan
Perdagangan Kabupaten Lebak Orok Sukmana. (Narwoko Dwi, 2017)
·
Sumber
Pasokan
Semakin
mudah sumber pasokan harganya bisa semakin murah. Namun kalau sumber pasokannya
sulit maka harga pun akan semakin naik. Seperti jika kita membeli barang dari
luar negri.
- · Tingginya permintaan Konsumen
Menurut ilmu
ekonomi kenaikan harga barang dan jasa di sebabkan oleh banyaknya permintaan
sedangkan persediaannya terbatas, artinya tidak ada keseimbangan antara permintaan
dan penawaran yang ada (Putra Ikhwan, 2014).
- · Kebijakan pemerintah
Misalnya pembatasan
impor daging sapi sedangkan kebutuhan masyarakat tinggi sehingga menyebabkan
harga jualnya melambung.
- · Kenaikan Harga BBM
Transportasi
merupakan sarana yang penting dalam pendistribusian sembako sedangkan BBM
merupakan 30% komponen dari industri transportasi maka wajar saja kenaikan
harga BBM selalu diikuti harga sembako dan lainnya.
- · Ulah Spekulan
Ulah
spekulan berarti adalah ulah orang – orang yang ingin mendapatkan keuntungan
sendiri tanpa memikirkan orang lain.
III.
Faktor yang
Mempengaruhi Prilaku Konsumen
- · Psikologis
Teori ini mendasarkan diri pada
faktor-faktor psikologis individu yang dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan lingkungan.
Bidang psikologis ini sangat kompleks dalam menganalisa perilaku konsumen,
karena proses mental tidak dapat diamati secara langsung (Sutrisno Tanio,
2014).
- · Antropologis
Teori ini juga
menekankan perilaku pembelian dari suatu kelompok masyarakat yang ruang lingkupnya
sangat luas, seperti kebudayaan, kelas-kelas sosial dan sebagainya(Sutrisno
Tanio, 2014).
- · Sosiologis
Teori ini mendasarkan
kepada sistem sosial secara total yang mencakup semua aspek masyarakat
yang ada di sekeliling individu.
- · Ekonomi
Teori ini beranggapan bahwa setiap konsumen akan berusaha
memperoleh kepuasan maksimal. Mereka akan berupaya meneruskan pembeliannya
terhadap suatu produk apabila memperoleh kepuasan dari produk yang telah
dikonsumsinya, di mana kepuasan ini sebanding atau lebih besar dengan marginal
utility yang diturunkan dari pengeluaran yang sama untuk beberapa produk yang
lain.
IV.
Cara
Konsumen Menghadapi Kenaikan Harga
Konsumen dapat mengatasi kenaikan
harga dengan berbagai macam cara. Misalnya jika konsumen ingin mengonsumsi
sambal, akan tetapi harga cabai sedang melonjak. Konsumen dapat menggantikan
sambal dengan saos kemasan maupun bubuk cabai yang sekarang sudah beredar. Konsumen
juga dapat menekan biaya kebutuhan dengan membeli seperlunya, jika kepingin
banget. Belanjalah di pasar tradisional dari pada di pasar modern.
V.
Menghadapi
Sifat Konsumen
Perlu kita tahu, bahwa konsumen
memiliki sifat rasional dan irrasional, seperti :
·
Ciri sifat Rasional:
1. Konsumen
memilih barang berdasarkan kebutuhan
2. Barang
yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen
3. Konsumen
memilih barang yang mutunya terjamin
4. Konsumen
memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen
·
Ciri sifat Irrasional:
1. Konsumen
sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik
2. Konsumen
memiliki barang-barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas
3. Konsumen
memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau prestise.
Oleh sebab
itu, ada baiknya kita memahami sifat – sifat di atas, agar para produsen dapat
menguasai pasar.
Kesimpulan
Setelah kita ,mengetahui prilaku konsumen terhadapat
kenaikan harga yang ada di pasaran. Para produsen maupun distributor dapat
menyikapi itu dengan baik. Konsumen pun juga harus lebih jeli lagi dalam
membeli suatu barang, karena apabila ada kenaikan harga , masi ada beberapa
orang yang memanfaatkan itu untuk mendapatkan keuntungan lebih dengan produk
yang jelek.
Daftar Pustaka
- · Manurung, M. & Rahardja, P. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. LP-FEUI. Depok
- · Putra, Ikhwan. 2014. Determinasi Kenaikan Harga Pangan di Indonesia. Malang
- · Sutrisno, Tanio. 2014. Perilaku Konsumen (teori, ciri-ciri dan manfaat perilaku konsumen)
- · Narwoko, Dwi. 2017. Awal Tahun 2017, Harga Beras Hingga Cabai Naik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.