Pengertian pasar
persaingan sempurna
Definisi dari pasar persaingan sempurna adalah
suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan
produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa.
Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.
Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
beberapa
karakteristik agar sebuh pasar dapat dikatakan persaingan sempurna:
·
semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product)
·
produsen dan konsumen
memiliki pengetahuan/informasi sempurna( perfect knowledge)
·
output sebuah perusahaan relatife kecil dibanding output pasar (small relatively output)
·
perusahaan menerima
harga yang ditentukan pasar (price
taker)
·
semua perusahaan bebas
masuk dan keluar pasar (free entry and
exit)
a. Homogenitas Produk (Homogeneous
Product )
produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepadakonsumen
tanpa perlu mengetahui siapa
produsennya.
b. Pengetahuan Sempurna (Perfect
Knowledge)
para pelaku ekonomi
(konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual.
c. Output Perusasaan Relatif Kecil (Small
RelativelOutput)
perusahaan dalam
industri (pasar) dianggap berproduksi efisien
(biaya rata-rata terendah), kendati pun demikian jumlah output setiap perusahaan secara individu dianggap relatife kecil dibanding jumlah output seluruh perusahaan
dalam industri.
d. Perusahaan Menerima Harga %ang &itentukan Pasar (Price
Taker)
perusahaan menjual
produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar (price
taker). secara individu perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
e. Keleluasaan Masuk
- Keluar Pasar (Free Entry and Exit )
dalam pasar persaingan
sempurna factor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkan factor prod uksi
Permintaan dan Penerimaan
dalam Pasar Persaingan Sempurna
a. Permintaan
diagram 8.1.a tingkat
harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan dan penawaran.
diagram 8.1.b Jumlah output
perusahaan relatif sangat kecil dibanding
output pasar, maka berapa pun yang dijual perusahaan, harga relatif tidak berubah.
b. Penerimaan
diagram 8.2.a kurva permintaan (D) sama dengan kurva
penerimaan
rata-rata (AR) sama dengan kurva penerimaan marjinal (MR) dan sama dengan harga(P)
diagram 8.2.b
kurva penerimaaan total berbentuk garis lurus dengan sudut kemiringan positif, bergerak mulai dari titik (1,1).
Penawaran Perusahaan dalam Pasar Persaingan Sempurna
a.
Kurva penawaran jangka pendek
b.
Kurva penawaran jangka panjang
1)
Industry skala biaya konstan
2)
Industry skala biaya menaik
3)
Industry skala biaya menurun
Kelebihan Pasar
Persaingan Sempurna.
- Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpembeli.
- Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
- Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
- Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya homogenitas barang.
- Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
- Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.
- Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpembeli.
- Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
- Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
- Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya homogenitas barang.
- Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
- Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.
Kelemahan
pasar persaingan sempurna
1) Kelemahan
dalam hal asumsi
2) Kelemahan
dalam pengembangan teknologi
3) Knflik
efisiensi-keadilan
Daftar pustaka:
Prathama, Mandala. Makroekonomi dan
Mikroekonomi (edisi ketiga). Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 2008.
Daftar link:
http://
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.