@B15-Fahlevi
Definisi Perilaku Konsumen
Definisi Perilaku Konsumen
Perilaku
Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan(sumber wikipedia, 2010)
Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan(sumber wikipedia, 2010)
Berikut adalah beberapa definisi perilaku konsumen
menurut para ahli :
A. Menurut Engel, Blackwell dan Miniard
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan produk dan jasa,
termasuk didalamnya adalah proses keputusan yang mengawali serta mengikuti
tindakan pembelian tersebut. Tindakan tersebut adalah terlibat secara langsung
dalam proses memperoleh, mengkonsumsi bahkan membuang atau tidak jadi
menggunakan suatu produk atau jasa tersebut.
B. Menurut The American Marketing Association
Perilaku konsumen adalah proses membagai interaksi dinamis
dari pengaruh dan kesadaran, perilaku dan lingkungan dimana seseorang melakukan
pertukaran aspek kehidupannya.
C. Menurut Mowen
Perilaku konsumen merupakan aktivitas ketika seseorang
mendapatkan, mengkonsumsi atau membuang barang atau jasa pada saat proses
pembelian.
(Enterpreneurship Education, 2012)
Jenis Perilaku Konsumen
Pada dasarnya, perilaku konsumen secara umum dibagi menjadi
2 yaitu perilaku konsumen yang bersifat rasional dan irrasional. Yang
dimaksudkan dengan perilaku konsumen yang bersifat rasional adalah tindakan
perilaku konsumen dalam pembelian suatu barang dan jasa yang mengedepankan
aspek-aspek konsumen secara umum, yaitu seperti tingkat kebutuhan mendesak,
kebutuhan utama/primer, serta daya guna produk itu sendiri terhadap konsumen
pembelinya. Sedangkan perilaku konsumen yang bersifat irrasional adalah perilaku
konsumen yang mudah terbujuk oleh iming-iming diskon atau marketing dari suatu
produk tanpa mengedepankan aspek kebutuhan atau kepentingan. Untuk lebih
jelasnya, berikut beberapa ciri-ciri yang menjadi dasar perbedaan antara
perilaku konsumen yang bersifat rasional dan perilaku konsumen yang bersifat
irrasional.
Berikut ini beberapa ciri-ciri dari Perilaku Konsumen yang
bersifat Rasional:
1. Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan
2. Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal
bagi konsumen
3. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin
4. Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan
kemampuan konsumen
Beberapa ciri-ciri Perilaku Konsumen yang bersifat
Irrasional:
1. Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi
di media cetak maupun elektronik
2. Konsumen memilih barang-barang bermerk atau branded yang
sudah dikenal luas
3. Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan,
melainkan gengsi atau prestise
(Enterpreneurship Education, 2012)
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian yang
dilakukan oleh konsumen melewati lima tahapan yaitu: pengenalan kebutuhan,
pencarian informasi, evaluasi informasi, pembelian dan pasca pembelian. Proses
pengambilan keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh tiga faktor utama
yaitu (Engel et.al, 1994):
- Faktor perbedaan individu terdiri dari sumber daya konsumen, motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup dan demografi.
- Faktor lingkungan yang terdiri dari budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan situasi.
- Proses psikologis terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap/perilaku.
Menurut Kotler (2000), faktor-faktor utama yang memengaruhi
perilaku pembelian konsumen adalah faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor
personal dan faktor psikologi sebagai berikut:
a. Faktor Kebudayaan
Faktor-faktor kebudayaan mempunyai pengaruh yang paling luas
dan mendalam terhadap perilaku konsumen. Pemasar harus memahami peran yang
dimainkan oleh kultur, sub-kultur, dan kelas sosial pembeli.
b. Faktor Sosial
Perilaku seorang konsumen yang dipengaruhi oleh
faktor-faktor sosial seperti perilaku kelompok acuan (kelompok referensi),
keluarga, serta peran dan status sosial dari konsumen.
c. Faktor Psikologis
Pilihan pembelian seseorang dipengaruhi pula oleh empat
faktor psikologis utama, yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan (learning),
serta keyakinan dan sikap.
DAFTAR PUSTAKA
- Entrepreneur Education, 2012, Perilaku Konsumen: Definisi dan Proses Perilaku Konsumen, http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen (diakses tgl 20 maret 2017)
- Riadi,M, 2010, Pengertian dan faktor yang mempunyai perilaku konsumen, http://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-dan-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen.html, ( diakses tgl 20 maret 2017)
- Wikipedia, 2017, Perilaku Konsumen, https://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen, ( diakses tgl 20 maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.