.

Senin, 20 Maret 2017

Pengaruh perilaku konsumen terhadap pembelian online produk fashion pada zalora indonesia

@A05-Aulia
Oleh : Aulia Silviani Affif

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ONLINE PRODUK FASHION PADA ZALORA INDONESIA

 ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan teknologi, kemajuan berbisnis melalui internet pun semakin berkembang. Masyarakat sudah banyak yang menyukai berbelanja secara online. Selain praktis, harga barang yang ditawarkan pun relatif murah atau sama dengan toko konvensional. Salah satu toko online yang digemari masyarakat Indonesia adalah Zalora. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Zalora Indonesia). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen pada zaman teknologi seperti saat ini secara signifikan berpengaruh pada keputusan pembelian pada Zalora Indonesia. Hal ini terlihat pada hasil uji koefisien korelasi, tingkat hubungan antara perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada Zalora Indonesia termasuk dalam kategori yang kuat dan searah, yaitu memperoleh hasil sebesar 0,671. Adapun besarnya pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada Zalora Indonesia adalah sebesar 45,02%.
Kata Kunci: keputusan pembelian, perilaku konsumen, pembelanjaan online, Zalora Indonesia

PENDAHULUAN
Adanya integrasi konektivitas antara internet dengan jejaring sosial (jejaring media sosial dalam teori realitas sosial siber) memudahkan konsumen untuk mengetahui produk toko online yang ada. Para pemilik toko online dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk yang ditawarkan dengan melakukan promosi khusus. Setiap promosi hanya bisa diakses oleh konsumen tersebut sehingga ia dapat melihat dan memilih sesuai dengan ke-butuhan mereka dan berakhir dengan proses pembelian. Pemanfaatan internet sebagai media pemasaran tentunya dapat meningkatkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Semakin ketat persaingan bisnis online, konsumen akan lebih banyak memiliki referensi bisnis yang akan dipilih untuk memenuhi kebutuhan, baik barang ataupun jasa. Zalora Indonesia membuat situs website zalora.co.id untuk para konsumen agar lebih mudah mengakses produk yang ditawarkan dan semua informasi yang lengkap tentang Zalora Indonesia. Hal-hal tersebut memengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian pada Zalora.
Dengan kata lain, perilaku konsumen melibatkan pemikiran dan perasaan yang mereka alami serta tindakan yang mereka lakukan. Konsumen memerlukan pemikiran yang matang dalam mengambil keputusan pembelian dengan membandingkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut. Selain itu, konsumen mengambil ke-putusan pembelian dengan didasari sifat yang ada di dalam dirinya, salah satunya rasa ingin dihargai, dihormati, dan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian online pada Zalora Indonesia.
(American Marketing Association,Kotler dan Keller (2012:27))

RUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah:

1. Bagaimana perilaku konsumen pada Zalora Indonesia?
2. Bagaimana keputusan pembelian pada Zalora Indoneesia?
3. Bagaimana pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada Zalora Indonesia?

PEMBAHASAN
1.      Perilaku Konsumen
Kotler dalam Sangadji (2014:7) menjelaskan perilaku konsumen sebagai suatu studi tentang unit pembelian –bisa perorangan, kelompok, atau organisasi. Unit-unit tersebut akan membentuk pasar sehingga muncul pasar individu atau pasar konsumen, unit pembelian kelompok, dan pasar bisnis yang dibentuk organisasi.

2.      Keputusan Pembelian
Menurut Kotler dan Keller (2012:192), terdapat beberapa unsur yang menjadi perhatian dan pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, yaitu
1. pilihan produk,
2. pilihan merek,
3. pilihan penyalur,
4. waktu pembelian,
5. jumlah pembelian, dan
6. metode pembayaran.

3. Pengaruh antara Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian
Pengambilan keputusan sebagai proses penting yang memengaruhi peri-laku konsumen harus dipahami oleh pe-masar. Perilaku konsumen merupakan studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan untuk membelanjakan sumber daya yang ter-sedia dan dimiliki (waktu, uang, dan usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang nantinya akan dikonsumsi (Suryani, 2013:6). Ada dua faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan pembelian yang selanjutnya akan menen-tukan respons konsumen. Pertama, konsumen itu sendiri. Ada dua unsur dari konsumen yang berpengaruh ter-hadap pengambilan keputusan yaitu pikiran konsumen yang meliputi kebutuhan atau motivasi, persepsi, sikap dan karakteristik konsumen yang meliputi demografi, gaya hidup, dan kepribadian konsumen. Faktor kedua adalah pengaruh lingkungan yang terdiri atas nilai budaya, pengaruh sub dan lintas budaya, kelas sosial, face to face group, dan situasi lain yang menentukan (Suryani, 2013:6).

KESIMPULAN
Perilaku konsumen terhadap Zalora Indonesia sudah baik. Para konsumen sudah mulai memahami tentang pembelanjaan secara online pada zaman teknologi informasi. Para konsumen percaya kepada Zalora Indonesia sebagai perusahaan yang memberikan kemudahan dalam berbelanja secara online, serta memberikan dampak terhadap perilaku konsumennya untuk berbelanja dengan mudah, hemat, dan efisien. Para konsumen merasa Zalora Indonesia sudah bisa menunjukkan kualitas baik dari sebuah online shopping, yaitu produk yang ditawarkan Zalora dibeli oleh konsumen yang sesuai dengan pendapatan yang dimiliki para konsumen.
Keputusan pembelian yang timbul pada konsumen Zalora Indonesia memiliki
kontribusi yang positif karena para konsumen percaya kepada Zalora Indonesia sebagai keputusan pembeliannya dalam berbelanja secara online dan banyak memberikan kemudahan. Besarnya pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh Zalora Indonesia mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari faktor-faktor perilaku konsumen. Para konsumen telah menilai Zalora Indonesia sebagai tempat berbelanja secara online ter-percaya. Keputusan pembelian yang timbul dari perilaku konsumen pada Zalora Indonesia juga sudah baik. Para konsumen sudah merasa nyaman dengan kemudahan pembelanjaan yang ditawarkan oleh Zalora Indonesia yang tentunya sesuai dengan kualitas dari produk yang ditawarkan. Dengan demikian, perilaku konsumen pada masa kini percaya terhadap Zalora Indonesia sebagai tempat keputusan pembeliannya untuk berbelanja secara online.

DAFTAR PUSTAKA
1.     Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Kon-sumen di Era Internet: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yog-yakarta: Graha Ilmu.
2.      Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edition 14, England: Pearson Education.
3.      Sangadji,Sopiah. (2014). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis, . Yogyakarta: Andi Publisher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.