Oleh : Aulia Silviani Affif
PENGARUH PERILAKU
KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ONLINE PRODUK FASHION PADA ZALORA INDONESIA
ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan teknologi,
kemajuan berbisnis melalui internet pun semakin berkembang. Masyarakat sudah
banyak yang menyukai berbelanja secara online. Selain praktis, harga
barang yang ditawarkan pun relatif murah atau sama dengan toko konvensional.
Salah satu toko online yang digemari masyarakat Indonesia adalah Zalora.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perilaku konsumen terhadap
keputusan pembelian (studi pada konsumen Zalora Indonesia). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis
regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen
pada zaman teknologi seperti saat ini secara signifikan berpengaruh pada
keputusan pembelian pada Zalora Indonesia. Hal ini terlihat pada hasil uji
koefisien korelasi, tingkat hubungan antara perilaku konsumen terhadap
keputusan pembelian pada Zalora Indonesia termasuk dalam kategori yang kuat dan
searah, yaitu memperoleh hasil sebesar 0,671. Adapun besarnya pengaruh perilaku
konsumen terhadap keputusan pembelian pada Zalora Indonesia adalah sebesar
45,02%.
Kata Kunci: keputusan pembelian, perilaku konsumen, pembelanjaan online,
Zalora Indonesia
PENDAHULUAN
Adanya integrasi konektivitas antara internet
dengan jejaring sosial (jejaring media sosial dalam teori realitas sosial
siber) memudahkan konsumen untuk mengetahui produk toko online yang ada.
Para pemilik toko online dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam
memilih produk yang ditawarkan dengan melakukan promosi khusus. Setiap promosi
hanya bisa diakses oleh konsumen tersebut sehingga ia dapat melihat dan memilih
sesuai dengan ke-butuhan mereka dan berakhir dengan proses pembelian.
Pemanfaatan internet sebagai media pemasaran tentunya dapat meningkatkan
keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Semakin ketat persaingan
bisnis online, konsumen akan lebih banyak memiliki referensi bisnis yang
akan dipilih untuk memenuhi kebutuhan, baik barang ataupun jasa. Zalora
Indonesia membuat situs website zalora.co.id untuk para konsumen agar
lebih mudah mengakses produk yang ditawarkan dan semua informasi yang lengkap
tentang Zalora Indonesia. Hal-hal tersebut memengaruhi perilaku konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian pada Zalora.
Dengan kata lain, perilaku
konsumen melibatkan pemikiran dan perasaan yang mereka alami serta tindakan
yang mereka lakukan. Konsumen memerlukan pemikiran yang matang dalam mengambil
keputusan pembelian dengan membandingkan produk yang sesuai dengan kebutuhan
dan keinginan konsumen tersebut. Selain itu, konsumen mengambil ke-putusan
pembelian dengan didasari sifat yang ada di dalam dirinya, salah satunya rasa
ingin dihargai, dihormati, dan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh perilaku
konsumen terhadap keputusan pembelian online pada Zalora Indonesia.
(American
Marketing Association,Kotler dan Keller (2012:27))
RUMUSAN MASALAH
Permasalahan
yang diangkat dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimana perilaku konsumen pada Zalora Indonesia?
2. Bagaimana keputusan pembelian pada Zalora Indoneesia?
3.
Bagaimana pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada Zalora
Indonesia?
PEMBAHASAN
1.
Perilaku Konsumen
Kotler dalam
Sangadji (2014:7) menjelaskan perilaku konsumen sebagai suatu studi tentang
unit pembelian –bisa perorangan, kelompok, atau organisasi. Unit-unit tersebut
akan membentuk pasar sehingga muncul pasar individu atau pasar konsumen, unit
pembelian kelompok, dan pasar bisnis yang dibentuk organisasi.
2.
Keputusan Pembelian
Menurut
Kotler dan Keller (2012:192), terdapat beberapa unsur yang menjadi perhatian
dan pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, yaitu
1.
pilihan produk,
2.
pilihan merek,
3.
pilihan penyalur,
4.
waktu pembelian,
5.
jumlah pembelian, dan
6.
metode pembayaran.
3. Pengaruh
antara Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian
Pengambilan
keputusan sebagai proses penting yang memengaruhi peri-laku konsumen harus
dipahami oleh pe-masar. Perilaku konsumen merupakan studi yang mengkaji
bagaimana individu membuat keputusan untuk membelanjakan sumber daya yang
ter-sedia dan dimiliki (waktu, uang, dan usaha) untuk mendapatkan barang atau
jasa yang nantinya akan dikonsumsi (Suryani, 2013:6). Ada dua faktor yang
memengaruhi pengambilan keputusan pembelian yang selanjutnya akan menen-tukan
respons konsumen. Pertama, konsumen itu sendiri. Ada dua unsur dari konsumen
yang berpengaruh ter-hadap pengambilan keputusan yaitu pikiran konsumen yang
meliputi kebutuhan atau motivasi, persepsi, sikap dan karakteristik konsumen yang
meliputi demografi, gaya hidup, dan kepribadian konsumen. Faktor kedua adalah
pengaruh lingkungan yang terdiri atas nilai budaya, pengaruh sub dan lintas
budaya, kelas sosial, face to face group, dan situasi lain yang
menentukan (Suryani, 2013:6).
KESIMPULAN
Perilaku
konsumen terhadap Zalora Indonesia sudah baik. Para konsumen sudah mulai
memahami tentang pembelanjaan secara online pada zaman teknologi
informasi. Para konsumen percaya kepada Zalora Indonesia sebagai perusahaan
yang memberikan kemudahan dalam berbelanja secara online, serta
memberikan dampak terhadap perilaku konsumennya untuk berbelanja dengan mudah,
hemat, dan efisien. Para konsumen merasa Zalora Indonesia sudah bisa
menunjukkan kualitas baik dari sebuah online shopping, yaitu produk yang
ditawarkan Zalora dibeli oleh konsumen yang sesuai dengan pendapatan yang
dimiliki para konsumen.
Keputusan
pembelian yang timbul pada konsumen Zalora Indonesia memiliki
kontribusi yang positif karena para konsumen percaya kepada Zalora
Indonesia sebagai keputusan pembeliannya dalam berbelanja secara online dan banyak
memberikan kemudahan. Besarnya pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan
pembelian yang dilakukan oleh Zalora Indonesia mempunyai pengaruh yang positif
terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari faktor-faktor perilaku
konsumen. Para konsumen telah menilai Zalora Indonesia sebagai tempat
berbelanja secara online ter-percaya. Keputusan pembelian yang timbul
dari perilaku konsumen pada Zalora Indonesia juga sudah baik. Para konsumen
sudah merasa nyaman dengan kemudahan pembelanjaan yang ditawarkan oleh Zalora
Indonesia yang tentunya sesuai dengan kualitas dari produk yang ditawarkan.
Dengan demikian, perilaku konsumen pada masa kini percaya terhadap Zalora
Indonesia sebagai tempat keputusan pembeliannya untuk berbelanja secara online.
DAFTAR PUSTAKA
1. Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Kon-sumen di Era Internet:
Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yog-yakarta: Graha Ilmu.
2.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management,
Edition 14, England: Pearson Education.
3.
Sangadji,Sopiah. (2014). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis,
. Yogyakarta: Andi Publisher.
4.
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:71Azli1vn_IJ:journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/viewFile/2301/1531+&cd=1&hl=ban&ct=clnk (diuduh Agustus 2016)
5.
http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-perilaku-konsumen-dan-menurut-para-ahli-lengkap.html (diunduh 02 Maret 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.