Oleh :
AFIFAH INDRA PRITASARI
Menurut Novianti T dan H H. Ella, 2008 Penawaran ekspor
karet alam Indonesia ke Negara Cina cenderung semakin meningkat sebesar 89,96
persen selama periode 2000-2007, yang pastinya dalam hal ini terdapat faktor
yang mempengaruhi penawaran ekspor karet alam Indonesia ke Negara Cina. Dibawah
ini akan dijelaskan sedikit tentang apa itu penawaran, faktor apa saja yang
mempengaruhi penawaran, dan sebagainya.
PENGERTIAN
(Menurut Rahardja P dan Manurung M, 2008) Penawaran adalah
jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga
selama satu periode tertentu.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENAWARAN
1)
Harga Barang Itu Sendiri
Jika harga suatu barang naik, maka produsen
cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan. Hal ini membawa kita ke
hukum penawaran, yang menjelaskan sifat hubungan anatara harga suatu barang
dengan jumlah barang tesebut yang ditawarkan
penjual. “Semakn tinggi harga suatu barang, ceteris paribus, semakin
banyak jumlah barang tersebut yang ingin ditawarkan oleh penjual, dan
sebaliknya.”
2)
Harga Barang Lain Yang Terkait
Secara umum dapat dikatakan bahwa apabila
harga barang substitusi naik, maka oenawaran suatu barang akan bertambah, dan
sebaliknya,. Sedangkan untuk barang komplemen, dapat kita nyatakan bahwa
apabila harga barang komplemen naik, maka penawaran suatu barang berkurang, dan
sebaliknya.
3)
Harga Faktor Produksi
Kenaika harga faktor produksi, seperti
tingkat upah yang lebih tinggi, harga bahan baku yang meningkat, atau kenaikan tingkat
bunga modal, akan menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap.
4)
Biaya Produksi
Bila biaya produksi meningkat, maka
produsen akan mengurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang itu berkurang.
5)
Teknologi Produksi
Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan
biaya produksi, dan menciptakan barang-barang baru. Dalam hubungannya dengan
penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menyebabkan kenaikan dalam penawaran
barang.
6)
Jumlah Pedagang/Penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk terentu
semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
7)
Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan
laba, bukan memaksimumkan hasil produksinya. Akibatnya, tiap produsen tidak
berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya, secara maksimum, tetapi akan
menggunakannya pada tingkat produksi yang memberikan keuntungan maksimum.
(Menurut Hilman H, 2017) Dari sisi
penawaran bahwa keragaman hayati asli Indonesia sangat kaya. Ada potensi dan
peluang besar untuk mengembangkan produk pangan organik berbasis pertanian
lokal. Untuk beras saja, misalnya, Indonesia memiliki sekitar 7.000 varietas
beras beraneka warna, dari putih, merah, hitam, hingga kuning.
8)
Kebijakan Pemerintah
Kebijakan pemerintah untuk mengurangi impor
beras dan meningkatkan produksi dalam negeri guna tercpaianya swasembada beras,
menyebabkan para petani menanam padi tertentu yang memberikan hasil banyak
setiap panennya. Kebijakan ini jelas menambah supply beras dan keperluan impor beras dapat dikurangi.
(Rahardja P dan Manurung Mandala, 2008)
FUNGSI PENAWARAN
Fungsi penawaran adalah fungsi yang menunjukkan hubungan
antara harga (P) dengan jumlah barang (Q) yang ditawarkan. Fungsi penawaran
harus sesuai dengan hukum penawaran yang menyatakan bahwa Bila harga barang
naik, maka jumlah penawarannya bertambah dan bila harga barang turun, maka
jumlah penawarannya berkurang.
Dengan demikian, hubungan antara harga barang dengan jumlah
barang yang ditawarkan adalah positif atau berbanding lurus. Bentuk umum fungsi
penawaran adalah
Keterangan:
Q : jumlah barang yang ditawarkan
P : harga barang per unit
a : angka konstanta (berupa angka)
b : gradien atau kemiringan (yang ada hurufnya)
Adapun syarat fungsi penawaran adalah:
a. nilai a boleh positif atau negatif (+ / – )
b. nilai b harus positif (+)
Untuk mencari persamaan fungsi penawaran, rumusnya sama
dengan rumus menentukan fungsi permintaan, yaitu
(Yusnita D, 2013)
JENIS-JENIS PENAWARAN
1.
Penawaran Individu
Penawaran individu adalah jumlah
barang dan/atau jasa yang ditawarkan seorang penjual atau produsen pada waktu,
tempat dan satuan harga tertentu.
2.
Penawaran Pasar
Penawaran pasar adalah jumlah
barang dan/atau jasa yang ditawarkan sekelompok penjual atau beberapa orang
produsen pada waktu, tempat dan satuan harga tertentu.
(Khafid S, 2014)
Dengan ini kita bisa mengetahui bahwa penawaran merupakan
jumlah barang yang produsen tawarkan,
serta terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran. kita juga bisa
mengetahui apa itu fungsi dari penawaran yang merupakan hubungan matematis
penawaran dengan faktor-faktornya.
DAFTAR PUSTAKA
Rahardja P dan M Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. LPFEUI. Depok
Rahayu N. 2017. Analisis Kelayakan Bisnis Sederhana Penawaran dan Permintaan
http://wartaekonomi.co.id/read130553/analisis-kelayakan-bisnis-sederhana-penawaran-dan-permintaan.html
(Diakses 13 Maret 2017)
Khafidh S. 2014. Artikel Penawaran Barang
http://cybercommunication-salehkhafidh.blogspot.co.id/2014/10/artikel-penawaran-barang.html
(Diakses 13 Maret 2017)
Yusnita D. 2013. Fungsi Penawaran
http://sciencelogi.blogspot.co.id/2013/05/fungsi-penawaran.html
(Diakses 13 Maret 2017)
Tanti N dan Ella H H. 2008. Jurnal Analisis Penawaran Ekspor Karet Alam Indonesia Ke Negara Cina. IPB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.