.

Senin, 13 Maret 2017

Penawaran dalam Ekonomi Mikro

@A13-Afifah

Oleh :
AFIFAH INDRA PRITASARI

Menurut Novianti T dan H H. Ella, 2008 Penawaran ekspor karet alam Indonesia ke Negara Cina cenderung semakin meningkat sebesar 89,96 persen selama periode 2000-2007, yang pastinya dalam hal ini terdapat faktor yang mempengaruhi penawaran ekspor karet alam Indonesia ke Negara Cina. Dibawah ini akan dijelaskan sedikit tentang apa itu penawaran, faktor apa saja yang mempengaruhi penawaran, dan sebagainya.

PENGERTIAN

(Menurut Rahardja P dan Manurung M, 2008) Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENAWARAN

1)      Harga Barang Itu Sendiri
Jika harga suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan. Hal ini membawa kita ke hukum penawaran, yang menjelaskan sifat hubungan anatara harga suatu barang dengan jumlah barang tesebut yang ditawarkan  penjual. “Semakn tinggi harga suatu barang, ceteris paribus, semakin banyak jumlah barang tersebut yang ingin ditawarkan oleh penjual, dan sebaliknya.”
2)      Harga Barang Lain Yang Terkait
Secara umum dapat dikatakan bahwa apabila harga barang substitusi naik, maka oenawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya,. Sedangkan untuk barang komplemen, dapat kita nyatakan bahwa apabila harga barang komplemen naik, maka penawaran suatu barang berkurang, dan sebaliknya.
3)      Harga Faktor Produksi
Kenaika harga faktor produksi, seperti tingkat upah yang lebih tinggi, harga bahan baku yang meningkat, atau kenaikan tingkat bunga modal, akan menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap.
4)      Biaya Produksi
Bila biaya produksi meningkat, maka produsen akan mengurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang itu berkurang.
5)      Teknologi Produksi
Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya produksi, dan menciptakan barang-barang baru. Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menyebabkan kenaikan dalam penawaran barang.
6)      Jumlah Pedagang/Penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk terentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
7)      Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan laba, bukan memaksimumkan hasil produksinya. Akibatnya, tiap produsen tidak berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya, secara maksimum, tetapi akan menggunakannya pada tingkat produksi yang memberikan keuntungan maksimum.
(Menurut Hilman H, 2017) Dari sisi penawaran bahwa keragaman hayati asli Indonesia sangat kaya. Ada potensi dan peluang besar untuk mengembangkan produk pangan organik berbasis pertanian lokal. Untuk beras saja, misalnya, Indonesia memiliki sekitar 7.000 varietas beras beraneka warna, dari putih, merah, hitam, hingga kuning. 
8)      Kebijakan Pemerintah
Kebijakan pemerintah untuk mengurangi impor beras dan meningkatkan produksi dalam negeri guna tercpaianya swasembada beras, menyebabkan para petani menanam padi tertentu yang memberikan hasil banyak setiap panennya. Kebijakan ini jelas menambah supply beras dan keperluan impor beras dapat dikurangi.
(Rahardja P dan Manurung Mandala, 2008)

FUNGSI PENAWARAN

Fungsi penawaran adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga (P) dengan jumlah barang (Q) yang ditawarkan. Fungsi penawaran harus sesuai dengan hukum penawaran yang menyatakan bahwa Bila harga barang naik, maka jumlah penawarannya bertambah dan bila harga barang turun, maka jumlah penawarannya berkurang.
Dengan demikian, hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan adalah positif atau berbanding lurus. Bentuk umum fungsi penawaran adalah

Keterangan:
Q : jumlah barang yang ditawarkan
P : harga barang per unit
a : angka konstanta (berupa angka)
b : gradien atau kemiringan (yang ada hurufnya)

Adapun syarat fungsi penawaran adalah:
a. nilai a boleh positif atau negatif (+ / – )
b. nilai b harus positif (+)

Untuk mencari persamaan fungsi penawaran, rumusnya sama dengan rumus menentukan fungsi permintaan, yaitu
(Yusnita D, 2013)

JENIS-JENIS PENAWARAN

1.       Penawaran Individu
Penawaran individu adalah jumlah barang dan/atau jasa yang ditawarkan seorang penjual atau produsen pada waktu, tempat dan satuan harga tertentu.
2.       Penawaran Pasar
Penawaran pasar adalah jumlah barang dan/atau jasa yang ditawarkan sekelompok penjual atau beberapa orang produsen pada waktu, tempat dan satuan harga tertentu.
(Khafid S, 2014)


Dengan ini kita bisa mengetahui bahwa penawaran merupakan jumlah barang  yang produsen tawarkan, serta terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran. kita juga bisa mengetahui apa itu fungsi dari penawaran yang merupakan hubungan matematis penawaran dengan faktor-faktornya.

DAFTAR PUSTAKA

Rahardja P dan M Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. LPFEUI. Depok

Rahayu N. 2017. Analisis Kelayakan Bisnis Sederhana Penawaran dan Permintaan

Khafidh S. 2014. Artikel Penawaran Barang

Yusnita D. 2013. Fungsi Penawaran

Tanti N dan Ella H H. 2008. Jurnal Analisis Penawaran Ekspor Karet Alam Indonesia Ke Negara Cina. IPB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.