.

Senin, 13 Maret 2017

Penawaran dalam kegiatan perekonomian

 


@A04-Anifia

Oleh : Anifia Adriati (41616010004)



Konsep penawaran dalam ilmu ekonomi menunjukkan jumlah barang yang akan dijual oleh seseorang atau beberapa orang penjual di pasar. Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.

                Dimana dalam penawaran sendiri terdapat hukumnya, yang berbunyi :

“Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan.”

Hukum penawaran diatas menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Hukum penawaran akan berlaku apabila factor-faktor lain yang mempengaruhi penawaran tidak berubah.
 
Faktor-faktor yang dapat memengaruhi penawaran antara lain ada 8, yaitu :
1.       Harga Barang itu Sendiri
2.       Harga Barang Lain yang Terkait
3.       Harga Faktor Produksi
4.       Biaya Produksi
5.       Teknologi Produksi
6.       Jumlah Pedagang/Penjual
7.       Tujuan Perusahaan
8.       Kebijakan Pemerintah
 
Sementara dalam penawaran itu sendiri terbagi atas 2 jenis, diantaranya :
1.       Individu : jumlah barang dan atau jasa yang ditawarkan seorang penjual atau produsen pada waktu, tempat dan satuan harga tertentu
2.       Pasar/Kolektif : jumlah barang dan atau jasa yang ditawarkan sekelompok penjual atau beberapa orang produsen pada waktu, tempat dan satuan harga tertentu
Dalam penawaran sendiri terdapat kurva. Kurva penawaran adalah informasi grafik yang menggambarkan tentang kuantitas suatu barang dan jasa yang ditawarkan selama periode waktu tertentu pada berbagai tingkat harga, dengan asumsi factor-faktor lainnya konstan. Gambar dibawah ini merupakan contoh table penawaran yang diubah menjadi grafik atau kurva penawaran.
                Dalam kurva sendiri dapat terjadi pergeseran. Pergeseran kurva penawaran dapat terjadi apabila terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya.
 
Daftar Pustaka :
Manurung,Mandala.2008.PengantarIlmuEkonomi.Jakarta:LembagaPenerbitFakultasEkonomiUniversitasIndonesia.
Wikipedia.2017.PenawarandanPermintaan.https://id.wikipedia.org/wiki/Penawaran_dan_permintaan
Kirana,Agus.2015.RingkasanMateriPermintaandanPenawaran.http://agusqrana.blogspot.co.id/2015/03/ringkasan-materi-permintaan-dan.html
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.