.

Kamis, 30 Maret 2017

Apa itu produksi?

@28-Herdikma
Oleh: Herdikma Muhammad

Abstrak
Pemahaman yang kurang akan produksi sering kali membuat pengusaha muda indonesia gagal dalam menjalankan bisnisnya.  Begitu banyak problematika yang dihadapi oleh para pengusaha muda di tanah air. Mulai dari kurang tepatnya dalam memanfaatkan sumber daya, tidak efisien dan efektif, dan terlalu banyaknya cacat produk dalam pengolahannya. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya artikel ini para pengusaha muda semakin paham tentang produksi dan bisa melanjutkan kegiatan produksinya dengan baik.
Keyword: Pengertian Produksi, Tujuan Produksi, Faktor Produksi

Pendahuluan
Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.

B. PERMASALAHAN
1. Definisi Produksi ?
2. Fungsi Produksi ?
3. Faktor Produksi ?
4. Ciri-ciri Produksi ?

C. Pembahasan

A. Definisi Produksi
Pengertian produksi menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah suatu proses yang mengeluarkan hasil. Sedangkan dalam arti ekonomi, Pengertian Produksi adalah sebagai kegiatan mengenai penciptaan dan penambahan atau utilitas terhadap suatu barang dan jasa.

B. Fungsi Produksi
fungsi produksi dapat didefinisikan sebagai spesifikasi persyaratan masukan minimum yang diperlukan untuk menghasilkan jumlah output yang ditunjuk, mengingat teknologi yang tersedia. Hal ini biasanya dianggap bahwa fungsi produksi yang unik dapat dibangun untuk setiap teknologi produksi.
Empat fungsi terpenting dalam fungsi produksi dan operasi adalah:
1. Proses pengolahan, merupakan metode atau teknik yang digunakan untuk pengolahan masukan (inputs),
2. Jasa-jasa penunjang, merupakan sarana yang berupa pengorganisasian yang perlu untuk penetapan teknik dan metode yang akan dijalankan, sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
3. Perencanaan, merupakan penetapan keterkaitan dan pengorganisasian dari kegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu atau periode tertentu.
4. Pengendalian atau perawatan, merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dan tujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan (inputs) pada kenyataannya dapat dilaksanakan 

C. Faktor Produksi
Faktor produksi adalah segala sesuatu yang perlukan dalam kegiatan produksi terhadap suatu barang dan jasa. Faktor-faktor produksi terdiri dari alam (natural resources), tenaga kerja (labor), modal (capital), dan keahlian (skill) atau sumber daya pengusaha (enterpreneurship). Faktor-faktor produksi alam dan tenaga kerja adalah faktor produksi utama (asli), sedangkan modal dan tenaga kerja merupakan faktor produksi turunan. Berikut penjelasan faktor-faktor produksi:

-          Faktor Produksi Alam, adalah semua kekayaan yang ada di alam semesta digunakan dalam proses produksi. Faktor produksi alam disebut faktor produksi utama atau asli. Faktor produksi alam terdiri dari tanah, air, udara, sinar matahari, dan barang tambang.

-          Faktor Produksi Tenaga Kerja, adalah faktor produksi insani yang secara langsung maupun tidak langsung dapat menjalankan kegiatan produksi. Faktor produksi tenaga kerja sebagai faktor produksi asli. Walaupun kini banyak kegiatan proses produksi diperankan oleh mesin, namun keberadaan manusia wajib diperlukan.

-          Faktor Produksi Modal, adalah faktor penunjang yang mempercepat dan menambah kemampuan dalam memproduksi. Faktor produksi dapat terdiri dari mesin-mesin, sarana pengangkutan, bangunan, dan alat pengangkutan.

-          Faktor Produksi Keahlian, adalah keahlian atau keterampilan individu mengkoordinasikan dan mengelola faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

D. Ciri-ciri Produksi
Ciri-ciri suatu produksi adalah :
-          Adanya kegiatan perusahaan membuat barang yang akan di produksi,
-          Adanya menghasilkan barang dan jasa yang di produksi, dan
-          Meningkatkan nilai guna barang dan jasa.

Daftar Pustaka:
Manurung, M. & Rahardja, P. 2008.Pengantar Ilmu Ekonomi. LP-FEUI.Depok (1 April 2017)
Situmorang, Alam. 2008. Ekonomi Jilid I untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: ESIS (1 April 2017)
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2017. Produksi. http://kbbi.web.id/produksi (1 April 2017)
Wikipedia. 2017. Produksi. https://id.wikipedia.org/wiki/Produksi (1 April 2017)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.