Abstrak
Pasar
merupakan tempat masyarakat untuk melangsungkan transkaksi. Secara umum karakteristik
masing-masing pasar ditinjsau dari jumlah produsen, produknya, kemampuan
menentukan harga, persaingan di luar harga, hambatan untuk masuk pasar, dan
slope permintaan.
Salahsatunya adalah pasar oligipoli, pasar ini merupakan pasar persaungan tidak sempurna dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
Salahsatunya adalah pasar oligipoli, pasar ini merupakan pasar persaungan tidak sempurna dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
Umumnya jumlah perusahaan lebih
dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Tiap-tiap perusahaan menetapkan
kebijaksanaan sendiri dan setiap aksi dari suatu perusahaan seperti mengadakan
perubahaan harga akan direspons oleh perusahaan lainnya, karena setiap
perusahaan yang ada dalam pasar yakin bahwa kebijaksanaan suatu perusahaan akan
mempengaruhi penjualan dan keuntungan perusahaan lainnya.
Kata
Kunci
Pasar Oligopoli
Pendahuluan
DiIndonesia Struktur pasar ini
paling menarik dan sangat sulit bagi manager yang memimpin perusahaan yang
beroperasi di pasar oligopoly, karena setiap keputusan perubahan harga yang
akan dibuat oleh manajer satu peruahaan akan berpengaruh terhadap keputusan
yang dibuat oleh perusahaan lainnya. Dan keputusan dari perusahaan lain ini
akan berdampak pada perusahaan yang mengambil keputusan mula-mula. Dalam pasar
oligopoly produk setiap perusahaan hanya sedikit berbeda (differentiated product).atau
bisa juga homogen dengan perusahaan lain.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya
sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang
mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua
usaha promosi, iklan,
pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan
untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Praktek oligopoli umumnya
dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan
potensial untuk masuk kedalam pasar.
Permasalahan
1.
Apa itu Pasar Oligopili?
2.
Apa saja ciri-ciri pasar Oligopoli?
3.
Jenis dan Model Pasar Oligopoli?
Pembahasan
1.
Pasar Oligopoli
Secara umum pengertian oligopoli adalah
suatu keadaan dimana hanya ada 2-10 perusahaan yang menguasai pasar baik secara
sendiri-sendiri (independen) atau secara bersama-sama yang mana perilaku
antar perusahaan saling ketergantungan satu sama lain (Boediono. Ekonomi
Mikro.h.113)
Pasar Oligopoli adalah struktur pasar
dimana hanya terdapat beberapa perusahaan besar (2- 10 perusahaan besar) yang
menguasai pasar. Kalau pasar hanya dikuasai oleh 2 perusahaan saja disebut
pasar Duopoly (Elib. Pasar Oligopoli).
2. Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
Menurut, BALANCE Economics, Bussiness, Management and
Accounting Journal Th. V / No. 9/ Juli /2008 Published by Faculty of Economic
Muhammadiyah Surabaya ISSN : 1693-9352 Untuk dapat membedakan
pasar oligopoli dengan pasar lainnya, kita dapat melihatnya berdasarkan
ciri-ciri berikut :
a)
Terdapat banyak pembeli di pasar
b)
Hanya terdapat beberapa penjual
dalam pasar
c)
Produk yang dijual bisa bersifat
identik, namun bisa pula berbeda dengan kualitas standar yang telah ditentukan
d)
Adanya hambatan untuk memasuki
pasar bagi pesaing baru
e)
Adanya saling ketergantungan antar
perusahaan (produsen)
f)
Penggunaan iklan sangat intensif
3.
Jenis dan
Model Pasar Oligopoli
a. Jenis-jenis
Berdasarkan
produk yang diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 jenis,
yaitu :
·
Pasar oligopoli murni (pure
oligopoly)
Ini merupakan praktek
oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik,
misalnya praktek oligopoli pada produk air mineral dalam kemasan atau semen.
·
Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated
oligopoly)
Pasar
ini merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan
dapat dibedakan, misalnya pasar sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh
beberapa merek terkenal seperti Honda, Yamaha dan Suzuki
b.
Model Pasar
Model
oligopoli dibagi menjadi dua, yaitu:
a)
Oligopoly kolusif adalah
pasar oligopoly dimana perusahaan-perusahaan yang berada dalam pasar melakukan
kolusi melalui perjanjian/kepakatan untuk membagi-bagi pasar dan menetapkan
harga atau kesepakatan yang lain. Yang termasuk dalam oligopoly kolusif:
-
Kartel
-
Price leadership (kepemimpinan harga)
b)
Oligopoly non-kolusif adalah
pasar oligopoly dimana perusahaan-perusahan yang berada dalam pasar tidak
melakukan kolusi. Yang termasuk dalam dalam oligopoly non-kolusif:
-
Model Cournot
-
Model Edgeworth
-
Model Chamberlin
-
Model kurva permintaan patah
Kesimpulan
Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk
menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar. Selain itu juga
bertujuan untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan
harga
jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga
diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.
Dalam Undang-undang No. 5 Tahun 1999, oligopoli dikelompokkan ke dalam
kategori perjanjian yang dilarang, padahal umumnya oligopoli terjadi melalui keterkaitan
reaksi, khususnya pada barang-barang yang bersifat homogen atau identik dengan
kartel, sehingga ketentuan yang mengatur mengenai oligopoli ini sebaiknya
digabung dengan ketentuan yang mengatur mengenai kartel.
Daftar
Pustaka
BALANCE Economics, Bussiness, Management and
Accounting Journal Th. V / No. 9/ Juli /2008 Published by Faculty of Economic
Muhammadiyah Surabaya ISSN : 1693-9352 http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/balance/article/viewFile/695/514
Boediono.
Ekonomi
Mikro.h.11. http://digilib.uinsby.ac.id/8051/6/bab3.pdf
Elib.
Pasar Oligopoli. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/466/jbptunikompp-gdl-imansantos-23285-7-ekmanba-i.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.