.

Minggu, 01 April 2018

Memaksimumkan Laba : Pendekatan Marjinal


@C06-Bendy, @Proyek-05
Oleh Bendy Emeraldi Alvaro


ABSTRAK
Dalam Artikel ini menjelaskan apa itu laba (Keuntungan), dan bagaimana cara memaksimumkan laba dengan pedekatan marjinal. Semoga dengan artikel ini dapat membantu pembaca mengetahui apa itu yang dimaksud dengan laba (Keuntungan) dan bagaimana cara memaksimumkan laba dengan pendekatan marjinal.

KATA KUNCI
Laba, Pendekatan Marjinal

PENDAHULUAN
Dengan kemajuan era globalisasi, persaingan usaha pun semakin ketat. Maka dari itu banyak cara cara atau strategi yang digunakan oleh setiap perusahaan agar tetap mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

PERMASALAHAN
Apa yang dimaksud dengan laba (Keuntungan)?
Bagaimana cara memaksimumkan laba dengan pendekatan marjinal?

PEMBAHASAN
Laba adalah kenaikan modal (aktiva bersih) yang berasal dari transaksi sampingan atau transaksi yang jarang terjadi dari suatu badan usaha, dan dari semua transaksi atau kejadian lain yang mempunyai badan usaha selama satu periode, kecuali yang timbul dari pendapatan (revenue) atau investasi pemilik (Baridwan, 1992: 55).

Pengertian laba secara umum adalah selisih dari pendapatan di atas biaya-biayanya dalam jangka waktu (perioda) tertentu. Laba sering digunakan sebagai suatu dasar untuk pengenaan pajak, kebijakan deviden, pedoman investasi serta pengambilan keputusan dan unsur prediksi (Harnanto, 2003: 444).

Laba merupakan salah satu elemen laporan keuangan yang memiliki kandungan informasi yang tinggi.

Pendekatan marginal adalah perhitungan laba yang dilakukan dengan membandingkan biaya marjinal (MC) dan pendapatan marjinal (MR). Laba maksimum akan tercapai pada saat MR = MC.

Perusahaan memaksimumkan keuntungan pada saat penerimaan marginal (MR) sama dengan biaya marginal (MC).Biaya Marginal (MC) adalah perubahan biaya total perunit perubahan output.  Secara matematis dirumuskan:
Penerimaan Marginal (MR) adalah perubahan penerimaan total per unit output atau penjualan.Hasil Penjualan Marjinal,satu konsep (istilah) mengenai hasil penjualan yang sangat penting untuk diketahui dalam analisis penentuan harga dan produksi oleh suatu perusahaan adalah pengertian hasil penjualan marjinal (MR yang merupakan singkatan dari perkataan Marjinal’Revenue), yaitu tambahan hasil penjualanjangdiperoleh perusahaan dari menjual satu unit lagi barangyang diproduksikannya.Dalam pasar persaingan sempurna berlaku keadaan berikut harga hasil penjualan rata-rata hasil penjualan marjinal.Kurva d() = AR0 = MRn menggambarkan kesamaan tersebut pada harga Rp 3000, dan kurva d0 = AR0 = MR0 menggambarkan kesamaan tersebut pada harga Rp 6000.

Mencari Keuntungan Maksimum Dengan Pendekatan Marginal
Pendekatan Biaya Marjinal dan Hasil Penjualan Marjinal.Dalam jangka pendek terdapat empat kemungkinan dalam corak keuntungan atau kerugian perusahaan (atau keadaan keseimbangan perusahaan),yaitu; :
- Mendapat untung luar biasa (untung melebihi normal)
- Mendapat untung normal
- Mengalami kerugaian tetapi masih dapat membayar biaya berubah
- Dalam keadaan menutup atau membubarkan perusahaan.

KESIMPULAN
Dalam artikel ini dapat disimpulkan bahwa pengertian laba yaitu selisih dari pendapatan di atas biaya-biayanya dalam jangka waktu (perioda) tertentu. Dan yang dimaksud dengan memaksimumkan laba dengan pendekatan marjinal adalah Pendekatan marginal adalah perhitungan laba yang dilakukan dengan membandingkan biaya marjinal (MC) dan pendapatan marjinal (MR). Laba maksimum akan tercapai pada saat MR = MC.

DAFTAR PUSTAKA
-Ninis,Banuwati.2015.Pendekatan Marjinal (Marjinal Approach).Dalam http://ninisbanuwati14054.blogspot.co.id/2015/04/pendekatan-marjinal-marginal-approach.html
-Julian, Arief.2012.Keuntungan Maksimum pada pendekatan total dan marjinal rata-rata.Dalam http://julian-arief.blogspot.co.id/2012/04/keuntungan-maximum-pada-pendekatan.html
-Lidya Agustina, Ferlysia Kianto. Pengaruh Informasi Laba Akuntansi Terhadap Abnormal Return pada Perusahaan yang Tergabung Dalam Indeks LQ45. Jurnal Akuntansi Vol.4 No.2 November 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.