.

Minggu, 01 April 2018

Persaingan Pasar Sempurna

@C08-Selvy, @proyek-05
Oleh : Selvy Darmayudi

Abstrak

Definisi dari pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya. 
Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaa

Kata kunci :
Persaingan, pasar, konsumen

Rumusan masalah:

  1. Apa itu persaingan pasar sempurna?
  2. Bagaimana ciri-ciri persaingan pasar sempurna?
  3. Bagaimana dampak positif dan negatif dari persaingan pasar sempurn?


Penjelasan
Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga pasar karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna

Ciri-ciri yang bisa kita temui pada pasar persaingan sempurna adalah

a. Terdiri atas Banyak Penjual & Pembeli
Adanya sifat ini, mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak bisa memengaruhi keadaan pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara keseluruhan. Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang menyebabkan harga di pasar ini bersifat datum (harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual) karena mekanisme pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat.

b. Adanya Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)
Artinya adalah tidak terdapat suatu hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya jika ternyata merugikan. Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar misalnya dengan adanya surat perjanjian.

c. Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen
Perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan. Artinya sekalipun Anda membeli disatu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitasnya akan sama persis dengan perusahaan lain.

d. Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar
Penjual dan pembeli sangat mengetahui betul tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahannya. Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan:
- Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
- Tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
- Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar

e. Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna
Maksudnya adalah tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. karena pada dasarnya semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.

Pasar persaingan sempurna dapat menjadi wadah yang bagus bagi Anda yang memiliki bisnis produk atau jasa yang umum dilakukan oleh banyak orang. Kesuksesan bisnis dapat diperoleh di mana pun dan kapan pun asalkan Anda memiliki strategi yang matang, salah satunya dengan selalu melakukan pencatatan keuangan perusahaan di dalam laporan keuangan. 


Nilai Plus Pasar Persaingan Sempurna

  • Mengoptimalkan Efisiensi
Ada dua konsep efisiensi dari pasar persaingan sempurna, yakni:
  1. Efisiensi produktif: Syarat mencapai efisiensi ini ialah semua tingkat produksi menggunakan biaya minimum dan industri secara keseluruhan harus memproduksi barang dengan biaya terendah.
  2. Efisiensi alokatif: Syarat mencapai efisiensi maksimum ialah harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut.
Dari pemahaman efisiensi tersebut bisa dijelaskan bahwa keuntungan normal bisa didapatkan, asalkan biaya produksi minim dan harga barang sama dengan biaya marjinal produksi barang.
  • Kebebasan Memilih dan Betindak
Tidak ada konsentrasi kekuasaan pada pasar persaingan sempurna. Penjual tidak memiliki banyak pilihan dalam menentukan variasi barang, sehingga kualitas dan harga barang setiap penjual hampir sama.
Hal tersebut memberikan kebebasan untuk pembeli dalam memilih barang yang diinginkan.
Tidak ada yang bisa mempengaruhi harga yang cenderung stabil. Nilai jual di pasaran juga cenderung yang termurah, karena banyaknya penjual barang, sehingga para penjual tidak dapat meningkatkan harga jual.

Nilai Minus Pasar Persaingan Sempurna

  • Minim Inovasi
Persamaan yang terjadi antar produsen membuat penjual tidak terdorong untuk berkembang dan berinovasi. Hal ini karena teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain. Tidak ada perbedaan dan keuntungan kekal, karena proses dan hasilnya dibuat sama atau serupa.
  • Konflik Keadilan
Bagi konsumen, kualitas produk memang lebih terjamin karena semuanya tampak sama dan serupa. Namun, ini juga membuat terbatasnya pilihan karena tidak ada variasi.
Bagi produsen, ada konflik keadilan yang terjadi di internal industri. Mulai dari perkara biaya hingga distribusi pendapatan yang tak merata. Distribusi pendapatan menentukan bentuk dan penggunaan sumber daya yang efisien. Bila tak merata, maka penggunaan akan lebih banyak digunakan oleh golongan kaya saja.
Daftar Pustaka
  1. Novia Widya Utami. November 14,2017. Pengertian dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna dalam https://www.jurnal.id/id/blog/2017/pencatatan-jurnal-penyesuaian-perusahaan-dagang.html?locale=id
  2. Putra, Michael. Pasar Persaingan Sempurna – Pengertian, Contoh, Ciri, Sistem, Makalah dalam https://www.sayanda.com/pasar-persaingan-sempurna



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.