.

Minggu, 01 April 2018

Pasar Monopoli


Disusun oleh : Anastasia Wiwin Pradita
Kode Peserta : @C19-Anastasia, @Proyek-05

ABSTRAK
Penulisan artikel ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pengertian pasar monopoli; 2) mengetahui ciri-ciri pasar monopoli; 3) mengetahui bentuk kurva permintaan dan posisi kesetimbangan dalam pasar monopoli. Selain itu, artikel ini bertujuan untuk mengetahui contoh-contoh pasar monopoli.
Dari hasil penulisan artikel didapat bahwa; 1) pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan (penjual) dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat; 2) ciri-ciri pasar monopoli yaitu merupakan industry satu perusahaan, tidak memiliki barang pengganti yang mirip, tidak terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam industry, dapat mempengaruhi penentuan harga, dan promosi iklan kurang diperlukan; 3) Kurva permintaan berbentuk menurun dari kiri atas ke kanan bawah yang berarti monopolis akan memperoleh harga jual yang tinggi bila produksinya sedikit, dan harga yang semakin rendah bila produksinya semakin banyak

KATA KUNCI
Pasar Monopoli ; Close substitution

PENDAHULUAN
Monopoli berasal dari kata “monos polein” (bahasa Yunani) yang berarti menjual secara sendiri. Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan (penjual) dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat (close substitution). Perusahaan (penjual) yang hanya satu dalam struktur pasar monopoli dikatakan mempunyai kekuatan monopoli (monopoly power), ia dapat mempengaruhi harga dan jumlah barang yang ditawarkan.
Perusahaan monopoli adalah “price maker” atau penentu harga dipasar. Sebagai satu- satunypenjual, perusahaan monopoli mempunyai “kurva permintaan” (demand curve) yang identik dengan kurva permintaan diapsar. Berapun jumlah yang diminta dipasar pada harga tertentu akan dapat dipenuhi oleh perusahaan monopoli. Kurva yang identik ini menunjukan jumlah yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga, dan menujukan jumlah yang dapat dijual oleh perusahaan monopoli pada setiap harga yang ditetapkannya.

PERMASALAHAN
1. Apa pengertian Pasar Monopoli?
2. Apa ciri-ciri Pasar Monopoli?
3. Bagaimana kurva permintaan dan posisi kesetimbangan dalam Pasar Monopoli?

PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan (penjual) dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat (Close Substitution) (Pasiama,).
Dalam ilmu ekonomi dikatakan ada monopoli jika seluruh hasil industry diproduksi dan dijual oleh satu perusahaan yang disebut monopolis atau pasar monopoli (Lubis,2006).
Bentuk pasar monopoi dibedakan menjadi (Lubis,2006):
1.       Pasar monopoli murni yaitu bentuk pasar yang ekstrim
Contoh : PLN, PAM, PT. Kereta Api Indonesia
2.       Pasar yang mendekati monopoli (near monopoly) yaitu pasar yang hanya terdiri dari satu orang pengusaha (single producer). Sebagai contoh adalah penjual sate di suatu daerah tertentu merupakan monopoli murni untuk daerah tersebut, tetapi ia disebut near monopoly karena diluar daerah tersebut juga ada penjual sate yang sama.

B. CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI
Ciri-ciri pasar monopoli yaitu sebagai berikut (Aduman,2015):
1.       Pasar monopoli adalah industry satu perusahaan
Dari definisi monopoli telah diketahui bahwa hanya ada satu saja perusahaan dalam industry tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkannya tidak dapat dibeli dari tempat lain . Jika pembeli menginginkan bareng tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan monopoli tersebut.

2.       Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
Barang yang dihasilkan perusahaan monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip yang dapat menggantikan barang tersebut.

3.       Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam Industri
Sifat ini merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Adanya hambatan kemasukan yang sangat tangguh menghidarkan berlakunya keadaan yang seperti itu. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan dalam pasar monopoli. Ada yang bersifat legal yaitu dibatasi dengan undang-undang. Ada yang bersifat teknologi yaitu teknologi yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh. Dan ada pula yang bersifat keuangan  yaitu modal yang diperlukan sangat besar.

4.       Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
Karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar maka, perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikendakinya.

5.       Promosi Iklan Kurang Diperlukan
Karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam industri, ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli sering membuat iklan. Iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.

C. KURVA PERMINTAAN DAN POSISI KESETIMBANGAN DALAM PASAR MONOPOLI
1.       Kurva permintaan monopoli (Lubis,2006)
Kurva permintaan bagi komoditas yang dihasilkan oleh perusahaan monopoli, menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Dalam hal ini monopolis akan memperoleh harga jual yang tinggi bila produksinya sedikit, dan harga yang semakin rendah bila produksinya semakin banyak.


2.       Posisi Kesetimbangan
Karena seorang produsen monopoli adalah satu-satunya produsen didalam pasar, maka kurva permintaan yang dihadapinya adalah juga kurva permintaan pasar. Kurva permintaan pasar biasanya menurun dari kiri atas ke kanan bawah, yang berarti bahwa produsen yang memengaruhi harga pasar dengan jalan menjual lebih sedikit atau lebih banyak barang produksinya.

KESIMPULAN
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan (penjual) dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Ciri-ciri pasar monopoli yaitu merupakan industry satu perusahaan, tidak memiliki barang pengganti yang mirip, tidak terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam industry, dapat mempengaruhi penentuan harga, dan promosi iklan kurang diperlukan. Mengenai kurva permintaan pada pasar monopoli yaitu menurun dari kiri atas ke kanan bawah,artinya monopolis akan memperoleh harga jual yang tinggi bila produksinya sedikit, dan harga yang semakin rendah bika produksinya semakin banyak.

DAFTAR PUSTAKA
Aduman,Erwin. 2015. Pasar Monopoli.
Dalam https://dokumen.tips/documents/makalah-pasar-monopolipdf.html
Diunduh tanggal 31 Maret 2018

Lubis, Satia Negara. 2006. Teori Pasar I : Pasar Monopoli.
                Dalam 
                Diunduh tanggal 31 Maret 2018


Pasiama,Hasanuddin. Xxxx. Modul 7 : Struktur Pasar Monopoli.
                Dalam
                Diunduh tanggal 31 Maret 2018

PUSTAKA GAMBAR
http://slideplayer.info/slide/3072782/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.