Oleh Bendy Emeraldi Alvaro
ABSTRAK
Dalam artikel ini diharapkan kita bisa memahami
proses pembentukan perilaku konsumen. Kita dapat memahami pembentuan perilaku
konsumen sebelum dan sesudah terjadinya transaksi atau proses pembelian barang
atau jasa.
PENDAHULUAN
Perilaku konsumen dilakukan berdasarkan suatu proses
sebelum dan sesudah seorang konsumen melakukan proses pembelian suatu barang
maupun jasa. Dalam perilaku konsumen tersebut, seorang pembeli akan melakukan
penilaian yang kemudian pada akhirnya akan mempengaruhi proses pengambilan
keputusannya atas pembelian barang atau jasa tersebut. Sikap merupakan daktor
yang sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan beli konsumen. Oleh karena
itu, pemasar sangat berkepentingan dalam hal pengetahuan tentang bagaimana
terbentuknya sikap itu dan bagaimana bisa mengubahnya supaya konsumen bersikap
positif terhadao /produknya dan kemudian memutuskan untuk membeli. Untuk
memenagkan sikap positif itu, pemasar selalu berusahadengan berbagai macam cara
terutama dalam lkonimikasi pemasarannya utnuk mempengaruhi sikap konsumen.
• Sikap
adalah kecenderungan yang dipelajari dalam berperilaku dengan cara
yangmenyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap suatu obyek tertentu.
• Obyek
Sikap dalam perilaku konsumen meliputi konsep seperti :
produk, iklan, harga media dan pedagang ritel
PERMASALAHAN
1.Apa itu perilaku
konsumen?
2.Bagaimana Proses
Pembentukan Perilaku Konsumen?
PEMBAHASAN
1.Apa itu Perilaku
Konsumen
Sebelum kita mempelajari bagaimana proses pembentukan perilaku konsumen
itu terjadi, adakalanya kita mengetahui apa itu perilaku konsumen.
Ada
beberapa pengertian perilaku konsumen yang dikemukakan oleh para ahli
diantaranya adalah menurut Mangkunegara (2002) : “Perilaku konsumen adalah
tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang
berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan
barang-barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan”. Menurut
Winardi dalam Sumarwan (2003) definisi perilaku konsumen adalah : “Perilaku
yang ditujukan oleh orang-orang dalam merencanakan, membeli dan menggunakan
barang-barang ekonomi dan jasa”.
2.Bagaimana Proses Pembentukan Perilaku Konsumen
Sikap adalah kecenderungan yang dipelajari dalam
berperilaku dengan cara yangmenyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap suatu
obyek tertentu.
Berikut beberapa
tahapan pengambilan keputusan seorang konsumen :
1. Pengenalan Masalah.
Biasanya seorang
konsumen melakukan pembelian atas dasar kebutuhan atau untuk menyelesaikan
keperluan, masalah dan kepentingan yang dihadapi. Jika tidak ada pengenalan
masalah terlebih dahulu, maka konsumen juga tidak akan tahu produk mana yang
harus dibeli.
2. Pencarian Informasi.
Setelah mengetahui
permasalahan yang dialami, maka pada saat itu seorang konsumen akan aktif
mencari tahu tentang bagaimana cara penyelesaian masalahnya tersebut. Dalam
mencari sumber atau informasi, seseorang dapat melakukannya dari diri sendiri
(internal) maupun dari orang lain (eksternal) seperti masukan, sharing pengalaman,
dan lain sebagainya.
3. Mengevaluasi Alternatif.
Setelah konsumen
mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan
keputusan, maka hal selanjutnya yang dilakukan oleh konsumen tersebut adalah
mengevaluasi segala alternatif keputusan maupun informasi yang diperoleh.
Hal itu lah yang menjadi landasan dalam mengatasi permasalahan yang
dihadapi.
4. Keputusan Pembelian.
Proses selanjutnya
setelah melakukan evaluasi pada alternatif-alternatif keputusan yang ada adalah
konsumen tersebut akan melalui proses yang disebut dengan keputusan pembelian.
Waktu yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan ini tidak sama, yaitu
tergantung dari hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses pembelian atau
pengambilan keputusan tersebut.
5. Evaluasi Pasca-Pembelian.
Proses lanjutan yang
biasanya dilakukan seorang konsumen setelah melakukan proses dan keputusan
pembelian adalah mengevaluasi pembeliannya tersebut. Evaluasi yang dilakukan
mencakup pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti apakah barang tersebut sudah
sesuai dengan harapan, sudah tepat guna, tidak mengecewakan, dan lain
sebagainya. Hal ini akan menimbulkan sikap kepuasan dan ketidakpuasan barang
oleh konsumen, mengecewakan dan tidak mengecewakan. Hal tersebut akan berdampak
pada pengulangan pembelian barang atau tidak. Jika barang memuaskan dan tidak
mengecewakan, maka konsumen akan mengingat merk produk tersebut sehingga akan
terjadi pengulangan pembelian di masa mendatang. Namun jika barang tidak
memuasakan dan mengecewakan, maka konsumen juga akan mengingat merk barang
tersebut dengan tujuan agar tidak mengulang kembali membeli barang tersebut di
masa yang akan datang.
BAGAIMANA SIKAP
TERBENTUK
1. Pembelajaran sikap
Pada bagian bagian
terdahulu telah di pelajari tentang proses pembelajaran dasar,seperti
teori-teori:
• Clasissical
conditioning
• Instrumental
conditioning
• Cognitive Learning
Theory
• Information
Processing
Teori-teori tersebut
di atas tidak membahas tentang bagaimana sikap terbentuk melainkan dari mana
sebenarnya informasi,nasihat,dan pengaruh yang berperan dalam membentukn sikap
itu diperoleh konsumen.
2. Sumber Pengaruh Terhadap Pembentuk an Sikap
Sumber-sumber utama
yang mempengaruhi pembentukan sikap konsumen adalah:
a. Pengalaman
a. Pengalaman
Pengalama langsung oleh konsumen dalam mencoba dan mengevaluasi
produk dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap produktersebut.Dengan maksud
ini pulalah perusahaan dalam upaya pemasarannya sering memberikan sampel
Cuma-Cuma dank upon diskon bahkan beberapa merek kopi, teh, madu, dan berbagai
daging goreng tepung di tawarkan pada calon konsumen di mall dan di depan pasar
swalayan. Tujuannya adalah agar konsumen mengalami produk baru dan sesudah itu
mengevaluasinya.Bila memuaskan,maka konsumen di harapkan akan membentuk sikap
positif dan mungkin membeli produk tersebut apabila kelak mereka membutuhkanya.
b. Kepribadian
Keluarga,menurut Kindran dkk (1994) adalah factor penting dalam
pembentukan kepribadian dan selanjutnya pembentukan sikap seseorang.Dalam
keluarga itulah,seseorang membentuk nilai –nilai dasar dan keyakinannya.
c. Informasi dari media massa
Pengaruuh media massa tidak boeh dianggap remeh. Perusahaan
menggunakan berbagaimacam media massa secara efektif untuk mempengaruhi sikap
audiens merupakan konsumen atau calon konsumen perusahaan itu. Sikap dapat
terbentuk dari jenis media massa yang digunakan untuk mengkomunikasikan
nformasi tentang produk.
KESIMPULAN
Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
dalam membuat keputusan pembelian. Seperti pengenalan
masalah, pencarian informasi, mengevaluasi alternative, keputusan pembelian,
evaluasi pasca pembelian.Ada juga pemngaruh dalam pembentukan perilaku konsumen yaitu seperti
pengalaman, kepribadian, informasi dari media massa.
DAFTAR PUSTAKA
-Totok
Subianto.Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap
Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi Universitas Kanjuruhan Malang Vol.3
No.3 Tahun 2007.
-Natalia,
Theoarta.2016.Definisi Perilaku Konsumen dan Proses Mengenai Perilaku
Konsumen.Dalam http://theoartanatalia.blogspot.co.id/2016/11/definisi-perilaku-konsumen-dan-proses_18.html
-Mika,
Pelangi.2016.Proses Pembentukan Perilaku Konsumen.Dalam http://ekonomi-management-bisnis.blogspot.co.id/2016/05/proses-pembentukan-perilaku-konsumen.html
-Eka,
Oka.2013.Pembentukan dan Perubahan Sikap Konsumen.Dalam https://ekaoka13.blogspot.co.id/2013/06/bab-vii-pembentukan-dan-pengubahan.html
-Jhon Willyngter
Sirait.2015.Proses Pembentukan Perilaku Konsumen.Dalam http://jhonwillyngtersirait.blogspot.co.id/2015/11/proses-pembentukan-perilaku-konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.