.

Minggu, 18 Maret 2018

PERMINTAAN KENDARAAN RODA DUA DI INDONESIA


@C15-Farhan, @Proyek-03
Disusun Oleh: Muhamad Farhan Naufal
ABSTRAK
Konsumsi kendaraan roda dua di Indonesia semakin meningkat dikarenakan meningkatnya pendapatan masyarakat, kebutuhan masyarakat akan transportasi pribadi untuk melakukan aktifitas yang lebih efektif, kendaraan roda dua bukan lagi sebagai bahan tersier apalagi sekunder melainkan menjadi bahan primer masyarakat terutama masyarakat perkotaan, dan kurang nyamannya transportasi umum bagi beberapa masyarakat, serta ketepatan strategi pemasaran pihak leasing company dan pihak retailer serta penurunan tingkat suku bunga kredit bank.

Kata Kunci : Permintaan Kendaraan Roda Dua, Pemasaran

PENDAHULUAN
Proses pembangunan ekonomi disegala bidang pada hakekatnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Proses perubahan struktural perekonomian seperti perluasan kesempatan kerja, dan pengurangan tingkat kemiskinan merupakan sasaran pokok pembangunan yang hendak dicapai guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya sangat berkaitan antara pembangunan di suatu sektor dengan sektor lain dan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. (Menurut Budiarto dkk, 2013)
Masalah transportasi perkotaan saat ini telah menjadi masalah yang sangat kompleks  ,terutama karena meningkatnya ketergantungan masyarakat kota terhadap kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Akibatnya jumlah kendaraan yang ada tidak tertampung oleh kondisi badan jalan yang tersedia. Hal ini menyebabkan kemacetan menjadi semakin tinggi dan seolah harus diterima sebagai kelaziman bagi masyarakat. Pertumbuhan masyarakat juga berbanding lurus dengan jumlah kendaraan pribadi yang terus naik. Kondisi lalu lintas sering terlihat kemacetan, dan ini harus dihadapi oleh para pengguna jalan raya. Pergerakan masyarakat sekarang di dominasi oleh kendaraan pribadi. Hal ini terjadi karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat dan semakin rendahnya tingkat pelayanan angkutan umum. (Menurut Budiarto dkk, 2013)

RUMUSAN MASALAH
1.  Apakah Bahan Bakar Minyak mempengaruhi produktivitas penjualan Sepeda Motor ?  
2. Bagaimana cara perusahaan menarik konsumen agar dapat membeli dan menggunakan produknya?
3.  Mengapa masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua dari pada transportasi umum?
PEMBAHASAN
Masyarakat pada era modern seperti ini lebih memilih sesuatu hal yang lebih mudah, efektif, dan efesien. Dalam hal ini membahas meningkatnya permintaan kendaraan roda dua, mungkin banyak yang dipertanyakan mengapa pertumbuhan kendaraan roda dua semakin meningkat setiap tahunnya, contoh nyatanya adalah pada ruang lingkup rumah, setiap satu keluarga sudah pasti mempunyai kendaraan roda dua bahkan lebih dari satu bahkan setiap penghuni rumah mempunyai motor per satu orang. Bisa dibayangkan berapa banyak motor jika setiap keluarga menggunakan motornya untuk beraktifitas diluar rumah yang tidak bisa diseimbangi dengan luas jalan maka akan berakibat kemacetan panjang.
Masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi roda dua karena trasportasi umum yang diberikan oleh pemerintah daerah maupun pusat pun belum bisa memberikan kenyamanan dengan pelayanan yang memuaskan.
Sementara dari sisi pabrikan, penjualan tertinggi kuda besi masih dipegang PT Astra Honda Motor sebanyak 3,8 juta unit atau tumbuh 9 persen dalam setahun. Diikuti oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, sebanyak 1,9 juta unit, meningkat tipis satu persen dari pencapaian September 2013 sebanyak 1,87 juta unit.

Pertumbuhan penjualan tertinggi dipegang oleh PT Kawasaki Motor Indonesia sebesar 21 persen, dari 104.893 unit pada September 2013 menjadi 127.013 unit. Sementara itu, PT TVS Motor Company Indonesia, produsen motor TVS mengalami pertumbuhan penjualan 7 persen atau sebanyak 16.945 unit.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen atas suatu barang antara lain harga barang itu sendiri, harga barang lain, pendapatan konsumen, jumlah konsumen, selera konsumen dan perkiraan di masa yang akan datang. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana faktor harga sepeda motor, harga barang lain, jumlah anggota keluarga dan pendapatan konsumen mempengaruhi permintaan sepeda motor, khususnya di Kota Malang. Banyaknya lembaga-lembaga keuangan non-bank (leasing) yang menawarkan kemudahan bagi seseorang untuk membeli sepeda motor, juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan sepeda motor sehingga dalam penelitian ini, peneliti juga memasukkan faktor uang muka sebagai variabel yang diduga berpengaruh dalam permintaan sepeda motor (Menurut Mankiw 2003).

Tabel : Tingkat Penjualan Sepeda Motor di Indonesia tahun 2004-2014
Tahun
Besar Penjualan
2004
3.887.678
2005
5.074.186
2006
4.428.274
2007
4.688.263
2008
6.215.830
2009
5.851.962
2010
7.369.249
2011
8.012.540
2012
7.064.457
2013
7.743.879
2014
7.867.195
Sumber data : AISI, 2006
Pada tabel diatas tingkat penjualan sepeda motor tahun 2004-2014 mengalami kenaikan ratarata sebesar 8,4%. Meskipun pada tahun 2005 dan 2012 mengalami penurunan penjualan, namun ditahun berikutnya penjualan kembali merangkak naik. Pada tahun 2005, Indonesia sedang mengalami guncangan ekonomi. Sedangkan pada tahun 2012, dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 43/PMK/010/2012 tentang uang muka pembiayaan konsumen untuk kendaraan bermotor pada perusahaan pembiayaan. (Jurnal, Aulia Fitri Herdiana 2016).
Kesimpulan

Permintaan Roda Dua di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun di karenakan harga pasar yang murah dan kebutuhan individu masyarakat. Masyarakat terlalu di manjakan oleh sebuah kendaraan. Adapun kendaraan Motor Gede atau yang biasa disingkat Moge yang di jual dengan harga mahal untuk saat ini laku di pasaran masyarakat ekonomi atas.
Meningkatnya permintaan kendaraan roda dua membuat meningkatnya juga kebutuhan bahan bakar minyak, dan apabila harga bahan bakar minyak naik maka semua kebutuhan pun akan naik harganya karena semua membutuhkan biaya perjalanan yang tentunya membutuhkan bahan bakar minyak (BBM)

Daftar Pustaka:
Anggraini, Farida Rahma.2017. Meningkatnya Permintaan Kendaraan Roda Dua di Negeri Ini. http://ilmuekonomi123.blogspot.co.id/2017/03/permintaan-kendaraan-roda-dua-di.html
(Diakses pada 18 Maret 2018)
Hartono. H, Hutomo. K, Mayangsari. M. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Univeristas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. http://journal.binus.ac.id/index.php/BBR/article/viewFile/1271/1139. Binus Business Review Vol. 3 No.2. (Diakses pada 18 Maret 2018)
Hasan, Ibrahim. 2017. Permintaan Kendaraan Bermotor di Indonesia. http://ilmuekonomi123.blogspot.co.id/2017/03/permintaan-kendaraan-bermotor-di.html
(Diakses pada 18 Maret 2018)
Agust.S, CNN Indonesia, 22 oktober 2014, Penjualan Sepeda Motor Tumbuh 2,4 Persen
Budiarto. A, Purwanti. E. 2013. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor Di Kota Semarang. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=121167&val=4726
(Diakses pada 18 Maret 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.