.

Sabtu, 10 Maret 2018

Mekanisme Pasar

@C08-Selvy 
Oleh : Selvy Darmayudi
Abstrak
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Namun, mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Mekanisme pasar terbagi menjadi dua yaitu permintaan dan penawaran.


Mekanisme pasar yang bisa berjalan secara sehat akan dapat membentuk kondisi yang seimbang antara permintaan dan penawaran, yaitu kondisi di mana tidak ada kelebihan ataupun kekurangan stock. Sehingga jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.




KATA KUNCI

Mekanisme pasar, keimbangan, permintaan (Demand), Penawaran (Supply).


PENDAHULUAN 

Mekanisme pasar yang bisa berjalan secara sehat akan dapat membentuk kondisi yang seimbang antara permintaan dan penawaran, yaitu kondisi di mana tidak ada kelebihan ataupun kekurangan stock. Sehingga jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.

Ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi kedelai nasional menjadi pemicu ketergantungan Indonesia terhadap kedelai impor. Kedelai di pasar dunia terkonsentrasi dibeberapa negara maju yang memberi bantuan kepada petaninya. Struktur pasar internasional kedelai yang oligopolistik menyebabkan negara importir seperti Indonesia

berisiko tinggi terhadap instabilitas pasokan dan harga kedelai impor. Indonesia perlu melindungi petani kedelai, salah satu cara adalah kebijakan tarif. Tarif merupakan mekanisme perlindungan pasar dari ancaman serbuan impor kedelai murah.
Data struktur ongkos dan peubah makro ekonomi kedelai digunakan dalam analisa keseimbangan pasar domestik secara parsial. Tujuannya untuk mengetahui tingkat keuntungan usahatani kedelai pada tingkat tarif saat ini, tingkat tarif optimal dengan tingkat keuntungan usahatani 25 persen, dan dampak keseimbangan pasar dome stik atas

kenaikan tarif impor kedelai optimal.

RUMUSAN MASALAH 

1. Apa itu mekanisme pasar?
2. Apa itu Demand (permintaan) ?
3. Apa itu Supply (penawaran) ?
4. Faktor- faktor yang memlengaruhi Demand (permintaan) dan Supply (penawaran) ?

PEMBAHASAN 

Mekanisme pasar (market mechanism) adalah kecenderungan di pasar bebas sehingga terjadi perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (equilibrium) yakni sampai jumlah permintaan dan penawaran sama.

Boediono mendefinisikan mekanisme pasar sebagai proses yang berjalan atas dasar gaya (kekuatan) tarik menarik antara konsumen-konsumen (demand) dan produsen-produsen (supply) yang bertemu di pasar. Dari proses tersebut kemudian terbentuklah suatu harga atas barang di pasar barang dan faktor produksi di pasar faktor produksi. 

Pada prinsipnya harga yang dibentuk oleh mekanisme pasar bergerak secara bebas sesuai hukum permintaan dan penawaran. Jika supply lebih besar dari demand, maka harga akan cenderung rendah. Begitupun jika demand lebih tinggi sementara supply terbatas, maka harga akan cenderung mengalami peningkatan. 

Mekanisme pasar yang bisa berjalan secara sehat akan dapat membentuk kondisi yang seimbang antara permintaan dan penawaran, yaitu kondisi di mana tidak ada kelebihan ataupun kekurangan stock. Sehingga jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.


2. Supply (Penawaran) dan Demand (Permintaan) 



  1. Demand (permintaan) 



  • Pengertian

Demand (permintaan) adalah kemampuan dan 
keinginankonsumen untuk membeli suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat (pilihan) harga selama periode tertentu.
Permintaan dibedakan ke dalam permintaan efektif dan permintaan tidak efektif. Yang dimaksud dengan permintaan efektif adalah permintaan yang didukung oleh daya beli, 
sedangkan yang dimaksud dengan permintaan tidak efektif adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli. Karena permintaan ada kaitannya dengan daya beli dan daya beli nantinya akan dikaitkan dengan harga maka akan ada hubungan antara harga dengan produk. Harga suatu produk akan sangat mempengaruhi permintaan akan produk itu sendiri. 


  • Hukum Permintaan 

Hukum permintaan menjelaskan hubungan antara banyaknya barang/jasa yang diminta dengan harganya. Hukum permintaan menyatakan, “Semakin rendah harga dari suatu barang/jasa, semakin banyak permintaan akan barang/jasa tersebut. Sebaliknya,semakin tinggi harga dari suatu barang/jasa, semakin sedikit permintaan atas barang/jasa tersebut.


  • Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

1. Harga barang/jasa tersebut
2. Harga barang/jasa lainnya
3. Tingkat Pendapatan
4. Selera
5. Kebutuhan

2. Penawaran (Supply) 



  • Pengertian

Penawaran (Supply) adalah total kuantitas barang/jasa yang ingin dan dapat ditawarkan oleh produsen padaberbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.


  • Hukum Penawaran 

Hukum penawaran menjelaskan hubungan antara banyaknya barang/jasa yang ditawarkan denganharganya.Hukum penawaran menyatakan, “semakin rendah harga suatu barang/jasa, semakin sedikit penawaran atas barang/jasa tersebut, ceteris paribus. Sebaliknya, semakin tinggi harga suatu barang/jasa, semakin banyak penawaran atas barang/jasa tersebut, ceteris 
paribus.”

Sikap produsen (penjual) berlawanan arah dengan sikap konsumen (pembeli). Pembeli akan sangat senang dengan kualitas yang tidak berubah sedangkan harganya semakin rendah (turun), sementara produsen (penjual) akan senang jika produk dengan kualitas tertentu akan tetapi harga yang terjadi di pasar semakin tinggi (naik).


Hubungan antara harga dan kuantitas penawaran adalah hubungan positif atau hubungan searah yang berarti jika harga 

semakin tinggi (naik) maka kuantitas penawaran akan semakin besar juga, dan jika harga turun maka kuantitas penawaran dari 
produsen (penjual) akan semakin kecil (sedikit).

Daftar Pustaka :

1. Boby, Uchiha. Mekanisme pasar : permintaan dan penawaran dalam http://www.academia.edu/9757569/MEKANISME_PASAR_PERMINTAAN_DAN_PENAWARAN

2. Boediono, EkonomiMikro (Yogyakarta: BPFE UGM, 1982)

3. Hadi, Gamal. Oktober 2017 . apa yang dimaksud mekanisme pasar dalam https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-mekanisme-pasar/13584/2

4.Kusnadi, KusdiRahardjodan Rudi Zaedan, EkonomiMikroDilengkapiPendekatanAkuntansi, 25.

5. Richard A.Billas merumuskan hukum permintaan sebagaiberikut: “Kuantitas (jumlah) yang akan dibeli per unit waktu menjadi semakin besar apabila harga, ceteris paribus, semakin rendah.” Lihat Richard A. Bilas, Ekonomi Mikro, 9. Alan C. Stockman juga merumuskan hukum permintaan tanpa menyebutkan periode/unit waktu : 
“Ketikahargabarangnaik, sementarakondisi lain dalamkeadaantetap, 
makakuantitaspermintaanterhadapbarangtersebutmenjaditurun. Lihat Alan C. Stockman, 
Introduction to Microeconomics, 73

6.nur, hayati dan Kustiari Reni. Meningkatkan kesejahteraan petani kedelai dengan kebijakan tarif optimalDalam Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.