.

Sabtu, 10 Maret 2018

Mekanisme Pasar : Permintaan

@C09-Elvi, @Proyek-02
Disusun Oleh Elvi Khairina


ABSTRAK
Pasar, negara, individu dan masyarakat selalu menjadi topik pembahasan yang hangat dalam ilmu ekonomi. Pada faktanya, ekonomi negara yang baik itu digerakkan oleh mekanisme pasar yang menjunjung kebebasan dan keadilan, karenanya pasar itu bebas dan tidak berpihak.
Berjalannya sebuah pasar akan ditentukan oleh beberapa faktor, pertama tentang harga, permintaan & penawaran, distribusi dan spesialisasi pekerja, yang mana ketika faktor di atas berjalan sesuai aturan yang ada dalam negara tersebut, maka bisa dipastikan perekonomian dalam negara tersebut akan stabil.

Sedangkan faktor permintaan pada pasar meliputi harga barang itu sendiri, harga barang lain yang terkait, pendapatan, selera/kebiasaan, jumlah penduduk dan usaha – usaha produsen. Jika faktor permintaan tersebut terkendali maka fungsi pada permintaan akan berjalan dengan baik dan semakin banyak kuantitas sebuah barang yang diminta oleh konsumen karena pada hakikatnya dalam kehidupan sehari-hari, manusia sebagai konsumen selalu melakukan berbagai permintaan untuk berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan. Permintaan yang dilakukan oleh konsumen adalah cara mereka untuk memperoleh kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya. Dimana pada permintaan dalam ilmu ekonomi terdapat istilah hukum permintaan yang mengatakan bahwa ada hubungan timbal balik antara harga dengan permintaan.

KATA KUNCI
Mekanisme Pasar, Pasar, Permintaan, Faktor Permintaan, Fungsi Permintaan, Hukum Permintaan

RUMUSAN MASALAH
1.  Apa yang dimaksud dengan pasar?
2.  Apa yang dimaksud dengan mekanisme pasar?
3.  Apa yang dimaksud dengan permintaan?
4.  Apa yang dimaksud dengan hukum permintaan?
5.  Apa saja faktor yang mempengaruhi permintaan?
6.  Apa yang dimaksud dengan fungsi permintaan?    
A.   PENDAHULUAN
Masalah ekonomi sama tuanya dengan usia peradaban manusia. Tetapi ilmu ekonomi baru muncul di abad 18, melalui buku Adam Smith yang berjudul An Inquiri into the Nature and Causes of The Wealth of Nations yang kemudia dikenal sebagai The Wealth of Nations (1776). Itulah yang menyebabkan Adam Smith dihormati sebagai bapak ilmu ekonomi modern. Smith memandang perekonomian sebagai sebuah sistem seperti halnya alam semesta. Sebagai sistem, perekonomian memiliki kemampuan penstabil otomatis untuk menjaga keseimbangan sistem. Analisis – analisis semenjak masa Smith telah mewujudkan suatu analisis ekonomi yang memberikan gambaran tentang berbagai aspek kegiatan ekonomi suatu Negara.
Cara pandang Smith tentang perekonomian merupakan hasil pergaulan intensifnya dengan Quesnay, seorang dokter kekaisaran Perancis. Quesnay merupakan tokoh utama Psyokrat, yaitu kelompok yang merintis analisis ekonomi dengan pendekatan Ilmu Pengetahuan Alam (Sciences). Pemikiran Adam Smith dikembangkan oleh Jean Baptiste Say, Thomas Malthus dan David Richardo terbentuklah pemikiran tentang Pasar.
Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi adalah pertemuan permintaan dan penawaran. Dalam pengertian ekonomi, pasar bersifat interaktif bukan fisik. Sedangkan yang dimaksud dengan mekanisme pasar itu sendiri adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan adalah salah satu kata yang sering digunakan oleh para ekonom yang merupakan salah satu kekuatan yang membuat perekonomian pasar bekerja dan dapat menentukan kuantitas setiap barang yang diproduksi dan harga ketika barang tersebut terjual.

B.   PEMBAHASAN
 
1.    Pengertian Permintaan
Ø  Permintaan (demand) adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu (Rahardja & Manurung,2008) dimana istilah permintaan merujuk pada perilaku orang ketika mereka berinteraksi satu sama lain di sebuah pasar dengan digambarkan jumlah barang yang diinginkan dan mampu dibeli oleh pembeli.
Ø  Permintaan dibedakan ke dalam permintaan efektif dan permintaan tidak efektif (Setiawan,2011).
a)  Permintaan efektif adalah permintaan yang didukung oleh daya Beli.
b)  Permintaan tidak efektif adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli.

2.    Hukum Permintaan (The Law of Downword Sloping Demand)
Ø  Hukum permintaan merupakan pernyataan bahwa dengan menganggap hal lainnya tetap, kuantitas yang diminta menurun ketika harga sebuah barang meningkat (Mankiw,2003)
Ø  Dimana Bila harga (P) naik = permintaan (Qd) turun, bila P turun= Qd naik, asumsi ceteris paribus (the other things on held constant) (Subagyo).

1.    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Beberapa factor yang mempengaruhi permintaan menurut Rahardja yaitu :
Ø  Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah.Begitu juga sebaliknya
Ø  Harga barang lain yang terkait
Harga barang lain dapat memengaruhi permintan suatu barang tetapi kedua macam barang tersebut mempunyai keterkaitan. Keterkaitan dua macam  barang dapat bersifat substitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).
Ø  Tingkat pendapatan per kapita
Tingkat penapat per kapita dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.
Ø  Selera atau kebiasaan
Selera atau kebiasaan juga dapat memengaruhi permintaan suatu barang, Karena selera atau kebiasaan setiap individu/sekelompok masyarakat itu sendiri berbeda – beda, dapat tergantung dari budaya yang digunakan oleh suatu daerah tersebut.
Ø  Jumlah penduduk
Permintaan berhubungan positif dengan jumlah penduduk. Semakin banyak jumlah penduduk, permintaan pun menjadi semakin banyak.
Ø  Perkiraan harga di masa mendatang
Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik adalah lebih baik membeli barang itu sekarang sehingga mendorong seseorang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang.
Ø  Distribusi Pendapatan
Jika distribusi pendapatan buruk berarti daya beli secara umum melemah sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.
Ø  Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan
Usaha-usaha yang dilakukan berkaitan dengan promosi, memiliki tujuan agar masyarakat dapat mengenal suatu barang baru yang dapat menimbulkan permintaan terhadap barang tersebut dan untuk barang- barang yang sudah lama dapat mengingatkan orang tentang adanya barang tersebut untuk menarik minat membeli. Contohnya dengan pengiklanan, pemberian potongan harga, pemberian hadiah kepada pembeli

2.    Fungsi Permintaan
Ø  Fungsi permintaan adalah permintaan yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang memengaruhinya. (Rahardja,2008)
Ø  Fungsi permintaan menurut Ahman (2009) dalam Febianti merupakan turunan dari perilaku konsumen yang berusaha untuk mencapai kepuasan maksimum, dengan jalan melakukan kegiatan mengkonsumsi barang dan jasayang mampu dibeli dengan kendala pendapatannya terbatas (Ahman,2009:88)
Ø  Dengan fungsi permintaan, maka dapat mengetahui hubungan antara variable tidak bebas dan variabel – variabel yang bebas.  

3.    Kasus Pengecualian
a)    Barang yang memiliki unsur spekulasi
        Contohnya : Emas, saham, tanah
b)    Barang Prestise
c)    Barang Giffen



Kesimpulan :
Pemikiran tentang Pasar tercetus dari pemikiran Adam Smith yang dikembangkan oleh Jean Baptiste Say, Thomas Malthus dan David Richardo. Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi adalah pertemuan permintaan dan penawaran. Dalam pengertian ekonomi, pasar bersifat interaktif bukan fisik. Sedangkan yang dimaksud dengan mekanisme pasar itu sendiri adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan adalah salah satu kata yang sering digunakan oleh para ekonom yang merupakan salah satu kekuatan yang membuat perekonomian pasar bekerja dan dapat menentukan kuantitas setiap barang yang diproduksi dan harga ketika barang tersebut terjual.
 



DAFTAR PUSTAKA : 
Febianti, Yopi Nisa. Permintaan dalam Ekonomi Mikro. Portal Garuda. Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=312577&val=7488&title=PERMINTAAN%20DALAM%20EKONOMI%20MIKRO . Diakses pada hari Rabu, 09 Maret 2018)
Mankiw,N. Gregory. 2003. Pengantar Ekonomi (terjemah edisi 2nd), Erlangga, Jakarta.
Natapriatna,Mumu. 2012. Pengantar Ilmu Ekonomi. Wordpress.com (Modul/Bahan Ajar Pengantar Ilmu Ekonomi dalam PDF). Dalam https://sisfo02.files.wordpress.com/2012/02/buku-ajar-pie2012.pdf . Diakses pada hari Rabu, 07 Maret 2018.
Rahardja,Prathama dan Mandala Manurung, 2006,Teori Ekonomi Mikro–Suatu Pengantar (edisiketiga),Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.

Setiawan. 2011. Konsep Ekonomi Pasar dalam Ekonomi Modern dalam http://digilib.uinsby.ac.id/9574/9/bab2.pdf  Diakses pada hari Rabu, 07 Maret 2018)
Subagyo,Ahmad. 2011. Permintaan dan Penawaran. Ahmadsubagyo.com. Dalam http://ahmadsubagyo.com/download/ekonomi_mikro/02-PERMINTAAN-PENAWARAN.pdf. Diakses pada hari Rabu, 07 Maret 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.