@C09-Elvi, @Proyek-02
Disusun Oleh Elvi Khairina
ABSTRAK
Pasar, negara, individu dan
masyarakat selalu menjadi topik pembahasan yang hangat dalam ilmu ekonomi. Pada
faktanya, ekonomi negara yang baik itu digerakkan oleh mekanisme pasar yang
menjunjung kebebasan dan keadilan, karenanya pasar itu bebas dan tidak
berpihak.
Berjalannya sebuah pasar akan ditentukan oleh beberapa faktor, pertama tentang harga, permintaan & penawaran, distribusi dan spesialisasi pekerja, yang mana ketika faktor di atas berjalan sesuai aturan yang ada dalam negara tersebut, maka bisa dipastikan perekonomian dalam negara tersebut akan stabil.
Berjalannya sebuah pasar akan ditentukan oleh beberapa faktor, pertama tentang harga, permintaan & penawaran, distribusi dan spesialisasi pekerja, yang mana ketika faktor di atas berjalan sesuai aturan yang ada dalam negara tersebut, maka bisa dipastikan perekonomian dalam negara tersebut akan stabil.
Sedangkan faktor permintaan pada
pasar meliputi harga barang itu sendiri, harga barang lain yang terkait,
pendapatan, selera/kebiasaan, jumlah penduduk dan usaha – usaha produsen. Jika
faktor permintaan tersebut terkendali maka fungsi pada permintaan akan berjalan
dengan baik dan semakin banyak kuantitas sebuah barang yang diminta oleh
konsumen karena pada hakikatnya dalam kehidupan sehari-hari, manusia sebagai
konsumen selalu melakukan berbagai permintaan untuk berbagai barang dan jasa
yang dibutuhkan. Permintaan yang dilakukan oleh konsumen adalah cara mereka
untuk memperoleh kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya. Dimana
pada permintaan dalam ilmu ekonomi terdapat istilah hukum permintaan yang
mengatakan bahwa ada hubungan timbal balik antara harga dengan permintaan.
KATA KUNCI
Mekanisme Pasar, Pasar, Permintaan,
Faktor Permintaan, Fungsi Permintaan, Hukum Permintaan
RUMUSAN MASALAH
1. Apa
yang dimaksud dengan pasar?
2. Apa
yang dimaksud dengan mekanisme pasar?
3. Apa
yang dimaksud dengan permintaan?
4. Apa
yang dimaksud dengan hukum permintaan?
5. Apa
saja faktor yang mempengaruhi permintaan?
6. Apa
yang dimaksud dengan fungsi permintaan?
A.
PENDAHULUAN
Masalah ekonomi sama tuanya dengan usia
peradaban manusia. Tetapi ilmu ekonomi baru muncul di abad 18, melalui buku
Adam Smith yang berjudul An Inquiri into the Nature and Causes of The Wealth of
Nations yang kemudia dikenal sebagai The Wealth of Nations (1776). Itulah yang
menyebabkan Adam Smith dihormati sebagai bapak ilmu ekonomi modern. Smith
memandang perekonomian sebagai sebuah sistem seperti halnya alam semesta.
Sebagai sistem, perekonomian memiliki kemampuan penstabil otomatis untuk
menjaga keseimbangan sistem. Analisis – analisis semenjak masa Smith telah
mewujudkan suatu analisis ekonomi yang memberikan gambaran tentang berbagai
aspek kegiatan ekonomi suatu Negara.
Cara pandang Smith tentang perekonomian
merupakan hasil pergaulan intensifnya dengan Quesnay, seorang dokter kekaisaran
Perancis. Quesnay merupakan tokoh utama Psyokrat, yaitu kelompok yang merintis
analisis ekonomi dengan pendekatan Ilmu Pengetahuan Alam (Sciences). Pemikiran
Adam Smith dikembangkan oleh Jean Baptiste Say, Thomas Malthus dan David
Richardo terbentuklah pemikiran tentang Pasar.
Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi
adalah pertemuan permintaan dan penawaran. Dalam pengertian ekonomi, pasar
bersifat interaktif bukan fisik. Sedangkan yang dimaksud dengan mekanisme pasar
itu sendiri adalah proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan
permintaan dan penawaran. Permintaan adalah salah satu kata yang sering
digunakan oleh para ekonom yang merupakan salah satu kekuatan yang membuat
perekonomian pasar bekerja dan dapat menentukan kuantitas setiap barang yang
diproduksi dan harga ketika barang tersebut terjual.
B.
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Permintaan
Ø
Permintaan
(demand) adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat
harga selama periode waktu tertentu (Rahardja & Manurung,2008) dimana
istilah permintaan merujuk pada perilaku orang ketika mereka berinteraksi satu
sama lain di sebuah pasar dengan digambarkan jumlah barang yang diinginkan dan
mampu dibeli oleh pembeli.
Ø
Permintaan dibedakan ke dalam permintaan
efektif dan permintaan tidak efektif (Setiawan,2011).
a) Permintaan
efektif adalah permintaan yang didukung oleh daya Beli.
b) Permintaan
tidak efektif adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli.
2.
Hukum Permintaan (The Law of Downword
Sloping Demand)
Ø
Hukum
permintaan merupakan pernyataan bahwa dengan menganggap hal lainnya tetap,
kuantitas yang diminta menurun ketika harga sebuah barang meningkat
(Mankiw,2003)
Ø
Dimana
Bila
harga (P) naik = permintaan (Qd) turun, bila P turun= Qd naik, asumsi ceteris
paribus (the other things on held constant) (Subagyo).
1.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Permintaan
Beberapa factor yang mempengaruhi
permintaan menurut Rahardja yaitu :
Ø
Harga barang itu sendiri
Jika harga
suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu
bertambah.Begitu juga sebaliknya
Ø
Harga barang lain yang terkait
Harga
barang lain dapat memengaruhi permintan suatu barang tetapi kedua macam barang
tersebut mempunyai keterkaitan. Keterkaitan dua macam barang dapat bersifat substitusi (pengganti)
dan bersifat komplemen (penggenap).
Ø
Tingkat pendapatan per kapita
Tingkat
penapat per kapita dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat
pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang
meningkat.
Ø
Selera atau kebiasaan
Selera
atau kebiasaan juga dapat memengaruhi permintaan suatu barang, Karena selera
atau kebiasaan setiap individu/sekelompok masyarakat itu sendiri berbeda –
beda, dapat tergantung dari budaya yang digunakan oleh suatu daerah tersebut.
Ø
Jumlah penduduk
Permintaan
berhubungan positif dengan jumlah penduduk. Semakin banyak jumlah penduduk,
permintaan pun menjadi semakin banyak.
Ø
Perkiraan harga di masa mendatang
Bila kita
memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik adalah lebih baik membeli
barang itu sekarang sehingga mendorong seseorang untuk membeli lebih banyak
saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang.
Ø
Distribusi Pendapatan
Jika
distribusi pendapatan buruk berarti daya beli secara umum melemah sehingga
permintaan terhadap suatu barang menurun.
Ø
Usaha-usaha produsen meningkatkan
penjualan
Usaha-usaha
yang dilakukan berkaitan dengan promosi, memiliki tujuan agar masyarakat dapat
mengenal suatu barang baru yang dapat menimbulkan permintaan terhadap barang
tersebut dan untuk barang- barang yang sudah lama dapat mengingatkan orang
tentang adanya barang tersebut untuk menarik minat membeli. Contohnya dengan
pengiklanan, pemberian potongan harga, pemberian hadiah kepada pembeli
2.
Fungsi Permintaan
Ø Fungsi permintaan adalah permintaan yang
dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang memengaruhinya. (Rahardja,2008)
Ø
Fungsi
permintaan menurut Ahman (2009) dalam Febianti merupakan turunan dari perilaku
konsumen yang berusaha untuk mencapai kepuasan maksimum, dengan jalan melakukan
kegiatan mengkonsumsi barang dan jasayang mampu dibeli dengan kendala
pendapatannya terbatas (Ahman,2009:88)
Ø
Dengan
fungsi permintaan, maka dapat mengetahui hubungan antara variable tidak bebas
dan variabel – variabel yang bebas.
3.
Kasus Pengecualian
a) Barang
yang memiliki unsur spekulasi
Contohnya
: Emas, saham, tanah
b) Barang
Prestise
c) Barang
Giffen
Kesimpulan
:
Pemikiran tentang Pasar tercetus dari pemikiran
Adam Smith yang dikembangkan oleh Jean Baptiste Say, Thomas Malthus dan David
Richardo. Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi adalah pertemuan permintaan dan
penawaran. Dalam pengertian ekonomi, pasar bersifat interaktif bukan fisik.
Sedangkan yang dimaksud dengan mekanisme pasar itu sendiri adalah proses
penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran.
Permintaan adalah salah satu kata yang sering digunakan oleh para ekonom yang
merupakan salah satu kekuatan yang membuat perekonomian pasar bekerja dan dapat
menentukan kuantitas setiap barang yang diproduksi dan harga ketika barang
tersebut terjual.
Febianti,
Yopi Nisa. Permintaan dalam Ekonomi Mikro. Portal Garuda. Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=312577&val=7488&title=PERMINTAAN%20DALAM%20EKONOMI%20MIKRO . Diakses pada hari Rabu, 09 Maret 2018)
Mankiw,N. Gregory. 2003. Pengantar
Ekonomi (terjemah edisi 2nd), Erlangga, Jakarta.
Natapriatna,Mumu.
2012. Pengantar Ilmu Ekonomi. Wordpress.com (Modul/Bahan Ajar Pengantar Ilmu
Ekonomi dalam PDF). Dalam https://sisfo02.files.wordpress.com/2012/02/buku-ajar-pie2012.pdf . Diakses pada hari Rabu, 07 Maret 2018.
Rahardja,Prathama dan Mandala
Manurung, 2006,Teori Ekonomi Mikro–Suatu Pengantar (edisiketiga),Lembaga
Penerbit Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.
Setiawan.
2011. Konsep Ekonomi Pasar dalam Ekonomi Modern dalam
http://digilib.uinsby.ac.id/9574/9/bab2.pdf Diakses pada hari Rabu,
07 Maret 2018)
Subagyo,Ahmad.
2011. Permintaan dan Penawaran. Ahmadsubagyo.com. Dalam http://ahmadsubagyo.com/download/ekonomi_mikro/02-PERMINTAAN-PENAWARAN.pdf. Diakses pada hari Rabu, 07 Maret 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.