Oleh : Alvian Fuadi
Kode Peserta : @C05-Alvian
ABSTRAK
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya
perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama
dengan jumlah yang diminta). Mekanisme
pasar yang bisa berjalan secara sehat akan dapat membentuk kondisi yang
seimbang antara permintaan dan penawaran, yaitu kondisi di mana tidak ada
kelebihan ataupun kekurangan stok.
Sehingga jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.
Sehingga jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.
KATA KUNCI
Mekanisme pasar, harga keseimbangan,
permintaan, penawaran.
PENDAHULUAN
Pada prinsipnya, aktivitas perekonomian yang
terjadi di pasar didasarkan dengan adanya kebebasan dalam bersaing, baik itu
untuk pembeli maupun penjual. Penjual mempunyai kebebasan untuk memutuskan
barang atau jasa apa yang seharusnya untuk diproduksi serta yang akan di
distribusikan. Sedangkan bagi pembeli atau konsumen mempunyai kebebasan untuk
membeli dan memilih barang atau jasa yang sesuai dengan tingkat daya belinya.
Mekanisme pasar yang bisa berjalan secara sehat
akan dapat membentuk kondisi yang seimbang antara permintaan dan penawaran,
yaitu kondisi di mana tidak ada kelebihan ataupun kekurangan stok. Sehingga
jumlah barang yang ditawarkan dalam satu periode tertentu sama dengan barang
yang diminta. Pada kondisi inilah harga keseimbangan akan terbentuk.
PERMASALAHAN
1.
Apa pengertian keseimbangan
pasar ?
2.
Apa saja faktor yang
mempengaruhi keseimbangan pasar ?
3.
Bagaimana contoh kurva
keseimbangan pasar ?
PEMBAHASAN
1.
Pengertian keseimbangan
pasar
Keseimbangan pasar adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva
permintaan dan kurva penawaran, atau dengan kata lain adalah harga kesepakatan
antara penjual dengan pembeli. Pada harga keseimbangan penawaran bersedia
melepas barang/jasa, sedangkan konsumen bersedia membayar harganya. Dalam kurva
harga keseimbangan terjadi titik temu antara kurva permintaan dan kurva
penawaran, yang disebut Equilibrium Price. Terbentuknya harga dan
kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli
(konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang
ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik
keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak
penjual dalam menentukan harga.
Harga keseimbangan dapat
dicari berdasarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran yang telah diketahui.
Harga keseimbangan pasar di dapat pada saat jumlah barang yang diminta sama
dengan jumlah barang yang ditawarkan menunjukkan satu tingkat harga yang sama. Dengan
demikian, untuk mencari harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan pasar,
fungsi permintaan sama dengan fungsi penawaran. Secara matematis hal ini dapat
ditunjukkan oleh persamaan Qd=Qs.
2.
Faktor yang
mempengaruhi keseimbangan pasar :
a)
Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang
atau jasa terbatas.
b)
Tinggi rendahnya biaya produksi. Jika biaya pembuatan atau produksi suatu
produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dan harga
jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan
produk tidak laku terjual. Hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan pasar. Tingginya
harga barang membuat daya pembeli masyarakat selaku konsumen turun tetapi jika
rendahnya harga suatu barang membuat konsumen berbondong-bondong untuk
membelinya.
c)
Pandangan masa depan dari produsen atau konsumen.
d)
Produsen mengetahui selera konsumen. Selera konsumen terhadap barang dan
jasa dapat mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika selera konsumen
terhadap barang tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut
akan meningkat pula. Dalam hal ini jika produsen pandai melihat peluang, dengan
ia menawarkan suatu produk barang atau jasa yang lebih banyak maka akan terjadi
sebuah keseimbangan.
e)
Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan daya beli konsumen
tetap atau berkurang.
3.
Contoh kurva keseimbangan pasar
Silahkan lihat grafik tersebut :
Pada grafik tersebut titik keseimbangan terletak pada huruf E, dimana terjadi kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli sebesar 0-P dengan jumlah barang 0-Q. Cara menghitung harga keseimbangan sangat mudah jika disediakan tabel tinggal lihat saja Q yang sama antara Qd dengan Qs, nah P nya pasti harga keseimbangan.
KESIMPULAN
Jika dilihat dari penjelasan yang ada diatas adalah harga bisa dikatakan
seimbang apabila permintaan dan penawaran yang ada dipasar juga seimbang. Itu
karena ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain. Para produsen dan
konsumen juga mengharapkan harga di pasar terus seimbang agar kebutuhannya
dalam sehari-hari bisa terpenuhi. Disini juga diperlukan peran pemerintah untuk
terus menstabilkan harga yang ada dipasar. Semoga harga dipasar bisa terus
seimbang.
DAFTAR PUSTAKA:
-
Arlina Design.2017.Harga Keseimbangan. Dalam http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2015/12/harga-keseimbangan-equilibrium-price.html
-
Mas Agung.2016.Pengertian Pasar. Dalam http://woocara.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-pasar-jenis-jenis-pasar-fungsi-pasar.html
-
Candy Gloria.2011.Keseimbangan pasar. Dalam https://candygloria.wordpress.com/2011/11/05/keseimbangan-pasar/
-
Sevtiana Seva.2017.Keseimbangan pasar dan struktur pasar. Dalam http://beseva88.blogspot.co.id/2017/05/keseimbangan-pasar-dan-struktur-pasar.html
-
Drs. Zaenuddin Kabai, M.Pd..2015.Keseimbangan Pasar. Dalam http://ekonomiakuntansiid.blogspot.co.id/2015/09/harga-keseimbangan-pasar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.