Abstrak:
Pasar adalah sebuah mekanisme pertukaran
barang dan jasa yang alamiah. Harga pasar dibentuk oleh berbagai faktor yang
kemudian membentuk permintaan dan penawaran barang dan jasa. Permintaan konsumen dipengaruhi oleh banyak
faktor, misalnya harga, pendapatan konsumen, selera, ekspektasi.
Kata kunci: pasar,
permintaan, mekanisme pasar,konsep elastisitas
Pendahuluan :
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk
terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang(jumlah yang ditawarkan
sama dengan jumlah yang diminta). Teori ekonomi standar mengatakan bahwa
meskipun pengaruh kelembagaan selain free market bisa saja menghasilkan alokasi
yang efisien dan optimal. Dengan kata lain, jika pasar tidak eksis, alokasi
sumber daya tidak akan terjadi secara efisien dan optimal. Dalam beberapa hal,
mekanisme pasar tidak bisa bekerja secara optimal pada beberapa sumber daya
alam.
Permasalahan:
1.
Apa itu permintaan dan
factor yang mempengaruhi permintaan suatu barang?
2.
Bagaimana kurva permintaan
dan bunyi hokum permintaan?
3.
Apa itu konsep
elastisitas dan factor yang mempengaruhi elastisitas harga permintaan?
Pembahasan:
PERMINTAAN
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi permintaan suatu barang, yaitu
1) Harga barang itu sendiri [Px]
2) Harga barang lain yang terkait (substitusi atau komplemen) [Py]
3) Tingkat pendapatan per kapita [Y/cap]
4) Selera atau kebiasaan [sel]
5) Jumlah penduduk [pen]
6) Perkiraan harga di masa mendatang [Pp]
7) Distribusi pendapatan [Ydist]
8) Usaha-usaha perodusen meningkatkan penjualan (promosi)[prom]
Contoh Kurva Permintaan
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi permintaan suatu barang, yaitu
1) Harga barang itu sendiri [Px]
2) Harga barang lain yang terkait (substitusi atau komplemen) [Py]
3) Tingkat pendapatan per kapita [Y/cap]
4) Selera atau kebiasaan [sel]
5) Jumlah penduduk [pen]
6) Perkiraan harga di masa mendatang [Pp]
7) Distribusi pendapatan [Ydist]
8) Usaha-usaha perodusen meningkatkan penjualan (promosi)[prom]
Contoh Kurva Permintaan
Akibat dari adanya hukum permintaan tersebut kurva permintaan menjadi miring dari kiri atas ke kanan bawah, sehingga kurva permintaan dikatakan mempunyai kemiringan negatif, karena variable-variable yang bekerja dalam pemintaan bekerjanya berlawanan arah.Kurva permintaan tidak mungkin menyentuh sumbu P karena berapapun harganya pasti ada konsumen yang bersedia untuk membeli barang yang dihasilkan.
Menurut Gilarso (2007)
Dalam ilmu ekonomi istilah
permintaan (demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu
hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga
barang tersebut. Permintaan adalah jumlah dari suatu barang yang mau dan mampu
dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka waktu tertentu, dengan
anggapan hal-hal lain tetap sama (=ceteris paribus).
- Sadono Sukirno (2005)
Teori
permintaan adalah teori yang menerangkan tentang ciri-ciri hubungan antara
jumlah permintaan dan harga.Berdasarkan ciri hubungan antara permintaan dan
harga dapat dibuat grafik kurva permintaan.
Hukum Permintaan
berbunyi:
" apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan
mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta
akan mengalami kenaikan ". Dalam hukum permintaan jumlah barang
yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan
harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta. Hal ini
dikarenakan:
naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan. naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.
naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan. naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.
- Faktor yang mempengaruhi permintaan:
1. Perilaku konsumen / selera
konsumen
2. Ketersediaan dan harga barang
sejenis pengganti dan pelengkap.
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
4. Perkiraan harga di masa depan
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
4. Perkiraan harga di masa depan
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Konsep Elastisitas
Elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari
sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya. Definisi lain, elastisitas
mengukur seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.
Konsep
elastisitas ini digunakan untuk meramalkan apa yang akan barang/jasa dinaikkan.
Pengetahuan mengenai seberapa dampak perubahan harga terhadap permintaan sangatlah
penting.
beberapa
faktor yang menentukan elastisitas harga permintaan :
1.
Tersedia atau tidaknya barang
pengganti di pasar
2.
Jumlah pengguna/tingkat kebutuhan
dari barang tersebut
3.
Jenis barang dan pola preferensi
konsumen
4.
Periode waktu yang tersedia untuk
menyesuaikan terhadap perubahan harga/periode waktu penggunaan barang tersebut.
5.
Kemampuan relatif anggaran untuk
mengimpor barang
Kesimpulan:
Mekanisme pasar adalah
kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar
menjadi seimbang(jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Permintaan
adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga
selama periode waktu tertentu
Daftar
pustaka:
1.
Wahyuddin,
Jeri. http://jerryleopard-jerry.blogspot.co.id/2012/04/mekanisme-pasar-permintaan-dan.html
3.
Dwi
prasetyo, Galuh. http://galzrikudo.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-hukum-permintaan-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.