Lestari Febrina Tanjung
41617010048
Abstrak
Kecenderungan dari pembeli
adalah menginginkan kualitas barang yang bagus dengan harga yang murah,
sedangkan penjual mempunyai kecenderungan untuk mendapatkan keuntungan/laba
yang besar.
Harga keseimbangan berawal dari adanya interaksi antara pembeli dan penjual. Kesepakatan harga pasar terbentuk melalui proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Hasil tawar menawar antara penjual dan pembeli sering disebut dengan harga pasar, atau dalam ekonomi sering disebut dengan harga keseimbangan (EquilimbriumPrice). Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahan di sisi kebutuhan konsumen.
Harga keseimbangan berawal dari adanya interaksi antara pembeli dan penjual. Kesepakatan harga pasar terbentuk melalui proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Hasil tawar menawar antara penjual dan pembeli sering disebut dengan harga pasar, atau dalam ekonomi sering disebut dengan harga keseimbangan (EquilimbriumPrice). Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahan di sisi kebutuhan konsumen.
Kata kunci
Harga keseimbangan, Perubahan hargakesimbangan
A.Pendahuluan
Setiap
orang pasti memerlukan barang atau jasa untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, dan
tersier. Akibatnya adanya keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka
terbentuklah suatu tempat yang disebut pasar. Karena pasarlah yang menjadi
pusat kebutuhan hidup manusia akan
barang maupun jasa. Kegiatan ini yang terjadi terus-menerus, antara penjual dan
pembeli yang saling memberikan interaksi serta dengan menawarkan dan meminta
suatu barang, suatu saat akan mencapai titik kesepakatan antara jumlah barang
atau jasa yang ditawarkan dengan jumlah barang atau jasa yang diminta yang
biasanya disebut keseimbangan pasar.
B.Rumusan Masalah
1.
Apa itu yang dimaksud dengan harga keseimbangan
?
2.
Bagaimana Grafik harga keseimbangan ?
3.
Bagaimana cara menghitung harga keseimbangan ?
4.
Faktor apa saja yang mempengaruhi harga
keseimbangan ?
5.
Apa itu perubahan keseimbangan pasar ?
C.Pembahasan
1. Pengertian Harga
Keseimbangan
Harga
keseimbangan adalah harga dimana baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak
ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan dijual. (Prathama
Rahardja dan Mandala Manurung, 2008).
Proses terbentuknya harga keseimbangan berawal dari adanya
interaksi antara pembeli dengan penjual yang dilakukan secara wajar. Interaksi
antara penjual dan pembeli ini yang sangat mempengaruhi hukum permintaan dan
hukum penawaran dengan hal-hal sebagai berikut :
ü
Hukum permintaan menyatakan bahwa permintaan
cenderung akan bertambah apabila harga turun
ü
Hukum penawaran menyatakan bahwa penawaran
cenderung akan bertambah jika harga naik.
Keseimbangan atau equilibrium adalah situasi semua kekuatan
yang ada di pasar, yaitu penawaran dan permintaan berada dalam keadaan
seimbang. Dalam keadaan seperti ini harga dan jumlah barang yang diminta akan
sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Konsumen maupun produsen sama-sama
tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dengan jumlah yang
dijual. Maka permintaan sama dengan penawaran.
Bila di
tunjukkan dalam bentuk kurva, maka harga keseimbangan merupakan perpotongan
antara kurva permintaan dan penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas
keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara penjual dan pembeli
dimana kuantitas yang ditawarkan dan diminta sama besarnya. Jika keseimbangan
ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan
menjadi salah satu patokan pembeli dan penjual dalam menentukkan harga suatu
barang.
2. Grafik Harga
Keseimbangan
3. Cara menghitung
harga keseimbangan
Pendekatan
matematis yang digunakan dalam mencari harga dan jumlah keseimbangan apabila
data yang sudah dimiliki berbentuk fungsi permintaan dan fungsi penawaran.
Untuk mencari harga dan jumlah keseimbangan dari kedua fungsi tersebut, maka
kita menggunakan rumus keseimbangan berikut :
Qd = Qs atau Pd
= Ps
Dimana : Qd : jumlah yang diminta
Pd :
harga yang diminta
Qs :
jumlah tang ditawarkan
Ps :
harga yang ditawarkan
4. Faktor yang
mempengaruhi Harga keseimbangan
Permintaan
terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau jasa
terbatas. Contohnya adalah minyak bumi. Permintaan terhadap minyak bumi terus
meningkat akan tetapi jumlahnya stabil dan tidak bertambah, maka hal ini dapat
mempengaruhi keseimbangan pasar
Tinggi rendahnya biaya produksi juga merupakan faktor yang
mempengaruhi harga keseimbangan. Jika biaya pembuatan atau produksi suatu
produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dan harga
jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan
produk tidak laku terjual. Hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan pasar.
Tingginya harga barang membuat daya pembeli masyarakat selaku konsumen turun
tetapi jika rendahnya harga suatu barang membuat konsumen berbondong-bondong
untuk membelinya.
5.Perubahan Harga
keseimbangan
Perubahan
keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahan disisi permintaan dan penawaran.
Jika faktor yang menyebabkan perubahan harga, keseimbangan akan kembali ke
titik awal. Tetapi jika yang berubah adalah faktor-faktor caterisparibus
seperti teknologi untuk sisi penawaran atau pendapatan untuk sisi permintaan
keseimbangan tidak kembali ke titik awal.
D. Daftar Pustaka
Rahmawati,Anisa 2016. Perubahan keseimbangan pasar.
Anisadwirahmawati8.blogspot.co.id. dalam
Diakses 23 Maret 2016
Niamas, Maila 2015. Harga keseimbangan.
Akuntansilengkap.com.dalam
Diakses 26 Juni 2015
Respati,Dian 2015. Cara menghitung harga keseimbangan.
Ekonomisku.blogspot.co.id. dalam
Diakses 7 Maret 2015
Putri,Nimas 2013. Perubahan keseimbangan pasar.
Nimasputry975.blogspot.co.id.dalam
Diakses 5 Januari 2013
Masturoh,Heni 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi
keseimbangan harga. Henimasturohpsc.blogspot.co.id. dalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.