.

Senin, 08 Mei 2017

Aspek yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi



@A20-Dwi
 Oleh : Dwi Afriyanti

 

 

Abstrak

Konsumsi ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung (wikipedia)Tingkat konsumsi seorang konsumen berbeda satu sama lainnya, mereka membeli suatu produk dengan kebutuhan tersendiri. Oleh sebab itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang.

Kata kunci : Konsumsi, kebutuhan, faktor

Pendahuluan

Pada masa kini, terdapat banyak sekali kebutuhan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi, ada saja kendala-kendala orang tersebut dalam memenuhi itu semua, terdapat pula konsumen yang membeli barang tersebut tetapi tidak memikirkan kegunaannya. Faktor – faktor ini lah yang mempengaruhi kebutuhan tingkat konsumsi seorang konsumen.

Rumusan masalah

  1. Faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat konsumsi? Jelaskan ! 
  2. Apa pengaruh faktor tersebut terhadap keberlangsungan produksi? 
  3. Bagaimana cara produsen dalam menghadapi faktor tersebut?

Pembahasan

I. Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi
Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang, faktor tersebut dapat diklasifikasikan menjadi 3 besar :

A. Faktor Ekonomi
  • Pendapatan Rumah Tangga (Household Income)
Pendapatan rumah tangga amat besar pengaruhnya terhadap tingkat konsumsi. Biasanya makin baik tingkat pendapatan, tongkat konsumsi makin tinggi. Karena ketika tingkat pendapatan meningkat, kemampuan rumah tangga untuk membeli aneka kebutuhan konsumsi menjadi semakin besar atau mungkin juga pola hidup menjadi semakin konsumtif.
  • Kekayaan Rumah Tangga (Household Wealth)
Tercakup dalam pengertian kekayaaan rumah tangga adalah kekayaan rill (rumah, tanah, dan mobil) dan financial (deposito berjangka, saham, dan surat-surat berharga). Kekayaan tersebut dapat meningkatkan konsumsi, karena menambah pendapatan disposable (Rama, 2014).
  • Tingkat Bunga
Bunga bank yang tinggi akan mengurangi tingkat konsumsi yang tinggi karena orang lebih tertarik menabung di bank dengan bunga tetap tabungan atau deposito yang tinggi dibanding dengan membelanjakan banyak uang (Huda, 2012)
  • Perkiraan Tentang Masa Depan
Faktor-faktor internal yang dipergunakan untuk memperkirakan prospek masa depan rumah tangga antara lain pekerjaan, karier dan gaji yang menjanjikan, banyak anggota keluarga yang telah bekerja. Sedangkan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi antara lain kondisi perekonomian domestik dan internasional, jenis-jenis dan arah kebijakan ekonomi yang dijalankan pemerintah (Rama, 2014)
  • Kebijakan Pemerintah  Mengurangi Ketimpangan Distribusi Pendapatan
Keinginan pemerintah untuk mengurangi ketimpangan dalam distribusi pendapatan ternyata akan menyebabkan bertambhanya pengeluaran konsumsi masyarakat secara keseluruhan.
  • Jumlah Barang Konsumsi Tahan Lama
Pengeluaran konsumsi masyarakat juga dipengaruhi oleh jumlah barang-barang konsumsi tahan lama (consumers durables). Pengaruhnya terhadap tingkat konsumsi bisa bersifat positif (menambah) dan negatif (mengurangi). Barang-barang tahan lama biasnya harganya mahal, yang untuk memperolehnya dibutuhkan waktu untuk menabung. Apabila membelinya secara tunai, maka sebelum membeli harus banyak menabung (Mandala, 2008).

B. Faktor Demografi (Kependudukan)
  • Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk yang banyak akan memperbesar pengeluaran konsumsi secara menyeluruh, walaupun pengeluaran rata-rata per orang atau per keluarga relative rendah. Pengeluaran konsumsi suatu negara akan sangat besar, bila jumlah penduduk sangat banyak dan pendapatan per kapita sangat tinggi.
  • Komposisi Penduduk

Pengaruh komposisi penduduk terhadap tingkat konsumsi, antara lain (Rama, 2014) :
1. Makin banyak penduduk yang berusia kerja atua produktif (15-64 tahun), makin besar tingkat konsumsi. Sebab makinpendudukyang bekerja, penghasilan juga makin besar.
2.  Makin tinggi tingkat pendidikan masyarakat, tingkat konsumsinya juga makin tinggi, sebab pada saat seseorang atau suatu keluarga makin berpendidikan tinggi maka kebutuhan hidupnya makin banyak.
3.  Makin banyak penduduk yang tinggal di wilayah perkotaan (urban), pengeluaran konsumsi juga semakin tinggi. Sebab umumnya pola hidup masyarakat perkotaan lebih konsumtif dibanding masyarakat pedesaan.


C. Faktor Non- Ekonomi
  • Kebiasaan Adat Sosial Budaya
Suatu kebiasaan di suatu wilayah dapat mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang. Di daerah yang memegang teguh adat istiadat untuk hidup sederhana biasanya akan memiliki tingkat konsumsi yang kecil.
  • Gaya Hidup Seseorang
Seseorang yang berpenghasilan rendah dapat memiliki tingkat pengeluaran yang tinggi jika orang itu menyukai gaya hidup yang mewah dan gemar berhutang baik kepada orang lain maupun dengan kartu kredit.

II. Pengaruh Faktor diatas Terhadap Keberlangsungan Produksi

Pengaruh faktor tersebut dengan keberlangsungan produksi amat sangat penting. Apabila kita tidak memikirkan hal tersebut, kita tidak akan mengetahui seberapa besar tingkat konsumsi masyarakat dengan produk yang akan kita produksi. Oleh sebab itu, jika para produsen ingin memiliki/mendapatkan profit yang besar, mereka harus mengetahui hal tersebut terlebih dahulu.

III. Strategi Produsen dalam Menghadapi Hal tersebut

 Strategi atau tips and trick setiap produsen dalam menghadapi masalah berbeda satu dengan yang lainnya. Namun bila sudah mengetahui hal apa yang akan dihadapi nanti kedepannya, akan lebih mudah menghadapi masalah tersebut ketimbang tidak tahu sama sekali.

Kesimpulan

Tingkat kebutuhan setiap orang berbeda satu dengan yang lainnya, akan lebih bijak bila kita membeli suatu barang yang memang kita butuhkan daripada membeli/ mengonsumsi suatu hal yang sama sekali tidak kita butuhkan. Karena hal tersebut amat sangat pemborosan dan tidak bermanfaat. Lebih baik memberikan uang yang kita punya kepada yang memerlukan.

Daftar Pustaka

Huda, Mifta. 2012. faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi.

Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rama, Ade. 2014. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI.
http://youngamq.blogspot.co.id/2014/07/faktor-yang-mampengaruhi-tingkat.html 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.