.

Senin, 06 Maret 2017

Wujud Produk : Barang dan Jasa

@B07-Rahmat

Oleh : Rahmat Nur Mahendra

Kegiatan ekonomi tidak terlepas dari 3 proses utama, yaitu proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga proses tersebut selalu berhubungan dan terkait erat dengan yang namanya produk.

Produksi adalah proses membuat, distribusi adalah proses menyalurkan, sementara konsumsi adalah proses menghabiskan produk yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Berdasarkan wujudnya, produk dibedakan menjadi barang dan jasa.

Pada artikel kali ini, secara khusus saya akan membahas tentang perbedaan kedua wujud produk tersebut. Kita akan membahas perbedaan barang dan jasa ditinjau dari beberapa aspek.

1. Pengertian Barang
            Dalam ekonomi, barang merupakan sesuatu yang berwujud yang mempunyai harga atau nilai, dan interaksinya melakukan perpindahan kepemilikan. Contoh barang : Baju(Pakaian), perabotan/alat rumah tangga, makanan ringan, dan lain-lain.

2. Pengertian Jasa atau Layanan
            Jasa atau layanan merupakan suatu aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi/kegiatan langsung dengan konsumen, tetapi tidak ada transfer/perpindahan kepemilikan. Contohnya jasa potong/pangkas rambut, jasa foto pernikahan, jasa pengobatan alternatif, dan lain lain.

3. Perbedaan Barang dan Jasa

·         Barang sifatnya berwujud, sedangkan jasa tidak berwujud
·         Barang dapat disimpan, sedangkan jasa tidak
·         Barang harus diproduksi lebih dahulu agar dapat dikonsumsi, sedangkan jasa diproduksi bersamaan dengan konsumsinya
·         Barang dapat dijual kembali, sedangkan jasa tidak dapat dijual kembali
·         Barang mudah distandardisasikan, sedangkan jasa sulit
·         Dalam aktivitas ekonomi barang komunikasi dengan konsumen relatif rendah, sedangkan jasa komunikasi tinggi
·         Kualitas barang bersifat Pengertian dan Perbedaan Barang dan Jasaobyektif, sedangkan jasa bersifat subyektif
·      Produksi barang banyak menggunakan proses mesin, sedangkan jasa banyak menggunakan proses manusia

Jadi, perbedaan barang dan jasa sangat banyak mulai dari segi wujud dan sifat, likuidasi, maupun dalam hal penilaian mutunya. Anda bisa mengambil contoh-contoh barang dan jasa tersebut, untuk kemudian mengidentifikasi sifat dan perbedaan antara keduanya. Semoga bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA :
·         Aang Imam. 2015. Pengertian dan Perbedaan Barang dan Jasa. http://www.kuliah.info/2015/11/Pengertian-Perbedaan-Barang-dan-Jasa.html
(Diakses 6 Maret 2017)
·         Anonim.2016. 6 Perbedaan Barang dan Jasa beserta Tabel, Contoh, dan Penjelasannya. http://danperbedaan.blogspot.co.id/2016/05/perbedaan-barang-dan-jasa.html

(Diakses 6 Maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.