.

Rabu, 15 Maret 2017

Penawaran dalam Ekonomi Industri

@B18-Edi

Ini adalah The second time, buat saya menulis artikel. Dalam artikel ini saya masih membahas tentang ekonomi tetapi lebih agak spesifik yaitu penawaran ekonomi. Untuk kalian yang belum paham dan ingin paham masalah penawaran dalam ekonomi industri. 


PENGERTIAN PENAWARAN
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga dalam suatu pasar pada waktu tertentu. Dari pengertian tersebut menunjukkan bahwa penjual akan menjual barangnya sejumlah tertentu untuk masing-masing tingkat harga tertentu. Pada saat harga rendah, maka ia hanya menjual sedikit sebab takut rugi, tetapi pada saat harga naik maka jumlah barang yang dijual pun banyak sebab akan memperoleh keuntungan. Penawaran barang tersebut terjadi pada pasar tertentu dan waktu yang tertentu pula, artinya pada pasar yang berbeda dan waktu yang berbeda, maka jumlah barang yang ditawarkan pun kemungkinan berbeda pula.



FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN
Penawaran dan produksi mempunyai hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat kegiatan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran.

Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

a. Harga Barang itu Sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat.

Sebaliknya jika barang yang ditawarkan turun jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan turun. Misalnya jika harga sabun mandi meningkat dari Rp1.500,00 menjadi Rp2.000,00, maka jumlah sabun mandi yang penjual tawarkan akan meningkat pula.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Harga

b . Harga Barang Pengganti
Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.

Penjual berharap, konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang lain yang ditawarkan, karena harganya lebih rendah.

Contohnya harga kopi meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu teh lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual teh.

c . Biaya Produksi
Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya.

Apabila biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barangbarang diproduksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit.

Hal ini disebabkan karena produsen tidak mau rugi. Sebaliknya jika biaya produksi turun, maka produsen akan meningkatkan produksinya. Dengan demikian penawaran juga akan meningkat.

d . Kemajuan Teknologi
Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa.

Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak.

Misalnya untuk menghasilkan 1 kg gula pasir biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Manis sebesar Rp4.000,00. Harga jualnya sebesar Rp7.500,00/ kg.

Namun dengan menggunakan mesin yang lebih modern, perusahaan Manis mampu menekan biaya produksi menjadi Rp3.000,00.

Harga jual untuk setiap 1 kilogramnya tetap yaitu Rp7.500,00/kg. Dengan demikian perusahaan Manis dapat memproduksi gula pasir lebih banyak.

Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan dua efek, yaitu produksi dapat ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah. Dengan demikian keuntungan menjadi bertambah tinggi.

e. Pajak
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.

f. Perkiraan Harga di Masa Depan
Perkiraan harga di masa datang sangat memengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.

Misalnya pada saat krisis ekonomi, harga-harga barang dan jasa naik, sementara penghasilan relatif tetap. Akibatnya perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa, karena takut tidak laku.

 HUKUM PENAWARAN
1. Jika harga tingkat mengalami kenaikan maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan akan naik.
2. Jika harga tingkat mengalami penurunan maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan akan turun.
  
KURVA PENAWARAN
kurva penawaran menggambarkan hukum penawaran. Contoh kurva penawaran:

Berkenaan dengan hukum penawaran. Semakin tinggi harga barang semakin banyak jumlah barang ditawarkan. Mengapa? hal ini dilakukan untuk mendapat keuntungan(profit) secara maksimum.

APLIKASI TEORI PENAWARAN DALAM INDUSTRI

a. Pengaruh Pajak Penjualan
Pajak Penjualan adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah dan dibayarkan pada waktu jual belie ke atas barang yang dikenakan pajak penjualan itu dilakukan.
Insiden Pajak dan Elastisitas Penawaran 
1. Semakin elastis kurva penawaran, semakin banyak beban pajak penjualan yang akan ditanggung pembeli 
2. Semakin elastis kurva penawaran, semakin banyak pengurangan jumlah barang yang diperjualbelikan 

b. Efek Subsidi Pemerintah
Subsidi dan Elastisitas Penawaran 
1. Semakin Elastis Penawaran, semakin kecil bagian dari subsidi yang akan diperoleh penjual 
2. Semakin elastis penawaran, semakin banyak pertambahan jumlah barang yang diperjual belikan
KESIMPULAN
Ekonomi sangat berpengaruh dalam dunia industri, lebih tepatnya mengatur roda pengeluaran dan juga pemasukan. Selain itu juga, ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat mengubah jumlah pengeluaran dan jumlah pemasukan suatu industri. Sekian bro and sist, semoga bermakna... 

Sumber:


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.