ABSTARAK
Dalam
pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang Teori Perilaku Konsumen Konsumen yang sangat mempengaruhi terhadap
permintaan barang atau jasa.
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.
. LATAR BELAKANG
Setiap individu ataupun rumah tangga
pasti mempunyai perkiraan tentang berapa pendapatanya dalam suatu periode
tertentu, misalkan satu tahun. Dan mereka juga pasti mempunyai suatu gambaran
tentang barang - barang atau jasa - jasa apa saja yang akan mereka beli. Tugas
setiap rumah tangga adalah bagaimana mereka bisa memaksimalkan pendapatan
mereka yang terbatas untuk mendapatkan dan memenuhi semua kebutuhan sehingga
bisa mencapai kesejahteraan. Tapi ternyata hampir tidak satupun individu atau
rumah tangga yang berhasil dalam tugasnya tersebut. Sampai pada tingkat
tertentu, kegagalan tersebut disebabkan oleh adanya keterangan - keterangan
yang tidak tepat dan ada juga alasan - alasan lain seperti pembelian -
pembelian secara impulsif. Segala usaha yang dilakukan untuk mencapai kepuasan
maksimum dengan pendapatan yang terbatas inilah yang mempengaruhi permintaan
konsumen terhadap barang dan jasa di pasar. Untuk menganalisa pembentukan
permintaan konsumen secara lebih akurat, maka akan digunakan beberapa asumsi
yang akan menyederhanakan realitas ekonomi. Disini kita akan
mempelajari tentang teori nilai guna ( utility ). Secara historis, teori nilai
guna (utility) merupakan teori yang terlebih dahulu dikembangkan untuk menerangkan
kelakuan individu dalam memilih barang-barang yang akan dibeli dan
dikonsumsinya. Dapat dilihat bahwa analisis tersebut telah memberi gambaran
yang cukup jelas tentang prinsip-prinsip pemaksimuman kepuasan yang dilakukan
oleh orang-orang yang berfikir secara rasional dalam memilih berbagai barang
keperluannya.
. PENJELASAN
1. Teori Prilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah perilaku
yang konsumen tunjukkan dalam mencari,menukar, menggunakan, menilai, mengatur
barang atau jasa yang mereka anggap untuk memuaskan kebutuhan mereka. Definisi
lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang
terbatas, seperti : uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang
diinginkan demi kepuasan mereka.
Perilaku permintaan konsumen terhadap
barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: pendapatan,
selera konsumen, dan harga barang disaat kondisi yang lain tidak berubah
(ceteris paribus). Perilaku konsumen ini didasarkan pada Teori Perilaku
Konsumen yang menjelaskan bagaimana seseorang dengan pendapatan yang
diperolehnya, dapat membeli berbagai barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan
tertentu sesuai dengan apa yang diharapkannya.
Macam - macam
perilaku konsumen
1. Perilaku rasional
Perilaku rasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat.
1. Perilaku rasional
Perilaku rasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat.
·
mengonsumsi produk
sesuai yang dimiliki
·
mongonsumsi produk
sesuai kualitasnya
·
mengonsusi produk yang
benar - benar yang dibutuhkan oleh konsumsi
·
mengonsumsi produk
yang mampu meberikan kegunaan optimal, maksudny dapat digunakan dalam jangka
waktu yang lama
2. Perilaku
irasional
Perilaku irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik. perilaku irasional antara lain.
Perilaku irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik. perilaku irasional antara lain.
·
membeli karena
tertarik pada merek
·
membeli karena ikut -
ikutan / demostretion effect
·
membeli karena adanya
potongan produk
·
membeli karena
tertarik iklan produk
·
membeli karena ingin
mempertahankan prestise
·
membeli karena adanya
bonus pembelian (rajinikutan, 2015)
jenis perilaku konsumen menjadi empat kelompok besar, yaitu:
a. Perilaku tanggapan rutin
Ketika membeli
barang-barang yang sering dibeli dan berharga murah serta sangat mudah
ditemukan dan hanya memerlukan sedikit usaha pengambilan keputusan.
b. Pengambilan keputusan terbatas
Hal ini terjadi ketika mereka jarang membeli produk yang
bersangkutan dan ketika mereka memerlukan informasi tentang sebuah merek yang
tidak mereka kenal di dalam sebuah kelompok produk yang dikenal.
(tulisanterkini, 2017)
DAFTAR
PUSTAKA :
ciputrauceo. 2015. Perilaku Konsumen: Definisi dan Proses Mengenali Perilaku Konsumen
. http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen ( Di akses 20 maret 2017)
. http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen ( Di akses 20 maret 2017)
jurnal 2011 .target pasar .http://www.enciety.co/cerdas-membidik-target-pasar-bagi-pelaku-usaha/ (
diakses pada 19/3/2017 )
http://lakha702.blogspot.co.id/2014/09/makalah-pendekatan-kosumen-secara.html (
diakses pada 20/3/2017 )
http://twiinly.blogspot.co.id/2013/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html (
diakses pada 20/3/2017 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.