@A20-Dwi
Abstrak
Mekanisme pasar pada saat ini amat sangat tergantung kepada permintaan konsumen, dimana para konsumen amat sangat bergantung pada mode "Masa Kini". Pada era globalisasi ini, masyarakat banyak yang berlomba-lomba ingin lebih baik satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, kita harus lebih memahami mekanisme pasar yang ada pada saat ini agar kita dapat lebih memahami dan melakukan dengan baik dan benar.Kata Kunci : Globalisasi, Permintaan.
Pendahuluan
Pada era globalisasi, mekanisme pasar amat sangat membantu. Arti kata mekanisme itu sendiri berarti cara menjalankan sesuatu, jadi bila kita menggabungkan mekanisme dan pasar menjadi cara menjalankan pasar. Kita harus dapat memahami bagaimana cara menjalankan pasar yang ada pada saat ini, bila kita tidak ingin tertinggal dengan orang lain. Apabila kita sudah tertinggal dibelakang, itu akan susah mengejarnya. Jika sudah dapat memahami itu semua, akan lebih mudah bagi kita untuk memulai usaha maupun lebih jeli dalam membeli suatu produk baik itu jasa maupun barang.
Permasalahan
- Apa saja alasan yang mengharuskan masyarakat memahami mekanisme pasar?
- Apa yang dimaksud dengan mekanisme pasar?
- Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi mekanisme pasar!
- Jelaskan perbedaan mekanisme pasar pada saat lampau dengan sekarang!
Pembahasan
I. Alasan masyarakat memahami mekanisme pasar
Beberapa Kebaikan atau keuntungan Mekanisme Pasar :
mekanisme pasar dapat mengalokasikan faktor-faktor produksi dengan cukup
efisien dan dapat mendorong perkembangan ekonomi, kebaikan pada mekanisme pasar tersebut adalah (menurut Parta Setiawan GP, di akses maret 2017):
- Pasar dapat memberi informasi yang lebih tepat.
- Mengembangkan kegiatan usaha.
- Memperoleh keahlian modern.
- Produksi Secara efisien serta efisien.
- Pasar memberikan kebebasan yang tinggi.
II. Pengertian mekanisme pasar
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk
terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang(jumlah yang ditawarkan
sama dengan jumlah yang diminta). Dengan kata lain, mekanisme pasar berarti cara yang kita kerjakan agar mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
III. Faktor yang mempengaruhi mekanisme pasar
A. Permintaan
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu
barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu, yang
disertai dengan kesediaan dan kemampuan membeli barang tersebut.
Hukum permintaan berbunyi : “Semakin tinggi harga suatu
barang, maka semakin sedikit jumlah barang yang diminta atau dijual dan
sebaliknya”. (Tri Waluy, EkonomIlmu , Diakses maret 2017)
Agar hukum permintaan berlaku, maka asumsinya adalah sebagai
berikut:
- Harga barang itu sendiri
- harga barang lain yang terkait
- Tingkat pendapatan perkapita
- Selera atau kebiasaan
- Jumlah penduduk
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu. (Menurut Prathama Rahardja, P.Ilmu.E). Faktor yang mempengaruhi penawaran :
- Harga Barang Itu Sendiri
- Harga Barang Yang Terkait
- Harga Faktor Produksi
- Biaya Produksi
- Teknologi Produksi
- Jumlah Pedagang atau Penjual
- Tujuan Perusahaan
- Kebijakan Pemerintah
Keseimbangan pasar adalah suatu keadaan ketika
permintaan dan penawaran berada pada suatu titik yang sama. Kurva yang
melukisannya biasa dikenal dengan kurva keseimbangan pasar (Market
Equilibrium).
D. Surplus Ekonomi
Surplus adalah jumlah yang melebihi hasilnya,
berlebihan, sisa. Istilah surplus dalam ilmu ekonomi adalah sebagai berikut:
- Surplus Produsen
Adalah pendapatan tambahan yang diperoleh oleh seseorang
produsen dari penerimaan harga suatu barang yang lebih tinggi dibandingkan
dengan harga yang sebenarnya telah dipersiapkan untuk ditawarkan.
- Surplus Konsumen
Adalah kepuasan yang diperoleh konsumen dari
pembayaran harga suatu barang yang lebih rendah dari harga yang konsumen
bersedia membayarnya.
E. Kegagalan Pasar
Kegagalan
pasar adalah ketidakmampuan pasar yang bebas (pasar yang bersaing) untunk
mengalokasikan sumber-sumber dayanya secara efisien.
F. Intervensi Pemerintah
Intervensi pemerintah adalah campur tangan
pemerintah dalam mengurus negaranya.
IV. Perbedaan pasar saat ini dan dan dulu
Perbedaan pasar pada saat sekarang dan dulu amat sangat terlihat jelas. Para produsen memiliki cara (strategi) tersendiri untuk menghadapi era globalisasi masa kini. Contoh teknologi pada masa kini adalah berkembang pesatnya media sosial maupun IPTEK. Para produsen dapat mempromosikan suatu barang maupun jasa yang di produksinya melalui sosial media seperti instagram, facebook, lazada dll. Sedangkan pada saat dahulu, para produsen menugaskan distributor untuk mempromosikannya via mulut ke mulut maupun iklan di selembaran kertas. Adapun yang memuat konten iklan di televisi itu amatlah mahal.
Kesimpulan
Pemerintah seharusnya lebih perhatian kepada para usahawan (pedagang) kecil yang ada di Indonesia agar usaha yang mereka miliki tidak gulung tikar. Semestinya para usahawan pun dapat mengikuti perkembangan zaman yang ada pada saat ini, dengan menggunakan teknologi yang ada. Bukan malah menyalahkan teknologi yang ada dikarenakan kalah saing.
Daftar Pustaka :
Manurung, M. & Rahardja, P. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. LP-FEUI. Depok
Tri Waluy. 2013. Pengertian Permintaan, Penawaran, Hukum Permintaan dan Penawaran dan Harga Keseimbangan.
http://ekonomilmu.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-permintaan-penawaran-hukum.html (13-03-2017)
Parta Setiawan. 2015. Pengertian Mekanisme Pasar dalam Ekonomi.
http://ekonomilmu.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-permintaan-penawaran-hukum.html?m=1 (13-03-2017)
Aneta, Yanti. 2016. Strategi Publik dalam Dinamika Permintaan dan Penawaran.
Id.portalgaruda.org (13-03-2017)
Manurung, M. & Rahardja, P. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. LP-FEUI. Depok
Tri Waluy. 2013. Pengertian Permintaan, Penawaran, Hukum Permintaan dan Penawaran dan Harga Keseimbangan.
http://ekonomilmu.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-permintaan-penawaran-hukum.html (13-03-2017)
Parta Setiawan. 2015. Pengertian Mekanisme Pasar dalam Ekonomi.
http://ekonomilmu.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-permintaan-penawaran-hukum.html?m=1 (13-03-2017)
Aneta, Yanti. 2016. Strategi Publik dalam Dinamika Permintaan dan Penawaran.
Id.portalgaruda.org (13-03-2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.