.

Minggu, 01 April 2018

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Lestari Febrina Tanjung 
41617010048

ABSTRAK
Dalam pasar persaingan yang sempurna masing-masing penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga sehingga harga pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan serta interaksi antara penawaran dan permintaan.
Dalam hal ini penawaran dapat dikatakan mencerminkan keinginan konsumen sedangkan permintaan terbentuk dari keinginan  konsumen. Struktur dalam pasar persaingan ini dikatakan paling sempurna dan terdapat sebuah jaminan dalam menjalankan proses produksi barang serta jasa menjadi lebih efisien dibandingkan dengan pasar persaingan jenis lainnya.
KATA KUNCI
Pasar persaingan sempurna
1.PENDAHULUAN
            Pengertian pasar secara sempit diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang ataupun jasa. Akan tetapi ada pula pasar yang tidak mempertemukan antara penjual dan pembei, misal saja pasar saham. Maka dari itu, pasar juga dapat diartikan secara luas, yakni suatu proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.
2.RUMUSAN MASALAH
·         Apa itu pasar persaingan sempurna dan ciri-cirinya ?
·         Jelaskan bagaimana struktur pasar persaingan sempurna !
·         Apa kelebihan dan kekurangan dari pasar persaingan sempurna ?
3.PEMBAHASAN
·         DEFENISI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA BESERTA CIRI-CIRINYA
Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dengan kondisi penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen, sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga jual beli. Contohnya seperti perusahaan kecil yang jumlahnya sangat banyak dan menjual atau memproduksi jenis barang yang sama seperti beras, gandum, kentang, dan sebagainya.
Pada dasarnya ada begitu banyak pasar pesaingan sempurna yang ada di Indonesia dengan ciri-ciri yang memang hampir sama. Berikut ciri-ciri dari pasar persaingan yang sempurna dan perlu anda ketahui :
ü  Setiap produsen memiliki kebebasan untuk masuk atau keluar dari pasar persaingan tersebut.
ü  Adanya banyak penjual dan pembeli memang membuat masing-masingnya tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.
ü  Para penjual dan pembeli sudah memiliki pengetahuan yang sempurna terkait kondisi pasar mengenai tingkat harga yang berlaku, termasuk juga berbagai perubahannya.
ü  Barang atau jasa yang diperjualbelikan ada dalam bentuk homogen, sehingga ketika konsumen membeli suatu barang dan perusahaan tertentu maka jumlah dan harganya juga akan sama di perusahaan lainnya.
ü   Perpindahan sumber ekonomi cukup sempurna sehingga tidak ada kesulitan meskipun faktor produksi harus dipindahkan ke tempat lainnya.
·         STRUKTUR PERSAINGAN SEMPURNA
Struktur pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar  yang dikenal paling ideal dibandingkan dengan struktur yang lain karena dalam kegiatan pasar tersebut terdapat sebuah jaminan untuk menjalankan kegiatan produksi barang dan jasa dengan lebih efisien bagi setiap elemen pasar. Pada kenyataannya tidak terdapat praktik yang benar-benar menerapkan pasar persaingan sempurna secara murni dalam konsepnya, karena jika dilihat lebih jauh kondisi pasar ini memiliki kekurangan yang dirasa hanya akan mengurangi kebebasan dalam kegiatan pasar.
·         KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Kelebihan dari pasar sempurna yaitu :
v  Mengoptimalkan Efisiensi
Ada dua konsep efisiensi dari pasar persaingan sempurna, yakni:
  1. Efisiensi produktif: Syarat mencapai efisiensi ini ialah semua tingkat produksi menggunakan biaya minimum dan industri secara keseluruhan harus memproduksi barang dengan biaya terendah.
  2. Efisiensi alokatif: Syarat mencapai efisiensi maksimum ialah harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut.
Dari pemahaman efisiensi tersebut bisa dijelaskan bahwa keuntungan normal bisa didapatkan, asalkan biaya produksi minim dan harga barang sama dengan biaya marjinal produksi barang.
v  Kebebasan Memilih dan Betindak
Tidak ada konsentrasi kekuasaan pada pasar persaingan sempurna. Penjual tidak memiliki banyak pilihan dalam menentukan variasi barang, sehingga kualitas dan harga barang setiap penjual hampir sama. Hal tersebut memberikan kebebasan untuk pembeli dalam memilih barang yang diinginkan. Tidak ada yang bisa mempengaruhi harga yang cenderung stabil. Nilai jual di pasaran juga cenderung yang termurah, karena banyaknya penjual barang, sehingga para penjual tidak dapat meningkatkan harga jual.
Kekurangan dari pasar persaingan sempurna
v  Minim Inovasi
Persamaan yang terjadi antar produsen membuat penjual tidak terdorong untuk berkembang dan berinovasi. Hal ini karena teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain. Tidak ada perbedaan dan keuntungan kekal, karena proses dan hasilnya dibuat sama atau serupa.
v  Konflik Keadilan
Bagi konsumen, kualitas produk memang lebih terjamin karena semuanya tampak sama dan serupa. Namun, ini juga membuat terbatasnya pilihan karena tidak ada variasi. Bagi produsen, ada konflik keadilan yang terjadi di internal industri. Mulai dari perkara biaya hingga distribusi pendapatan yang tak merata. Distribusi pendapatan menentukan bentuk dan penggunaan sumber daya yang efisien. Bila tak merata, maka penggunaan akan lebih banyak digunakan oleh golongan kaya saja.
4.KESIMPULAN
      Pasar secara sempit diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang ataupun jasa. Akan tetapi ada pula pasar yang tidak mempertemukan antara penjual dan pembei, misal saja pasar saham. Maka dari itu, pasar juga dapat diartikan secara luas, yakni suatu proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dengan kondisi penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen, sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga jual beli. Contohnya seperti perusahaan kecil yang jumlahnya sangat banyak dan menjual atau memproduksi jenis barang yang sama seperti beras, gandum, kentang, dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
Dian. Salama 2018. Pasar persaingan sempurna. Salamadian.com.dalam
Diakses, 24 Februari 2018
Anonim. 2017. Pengertian dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna. jurnal.id . dalam
Diakses, 14 November 2017
Aas. Andhika 2011. Ciri-ciri persaingan pasar sempurna, pasar monolopi, pasa monopilistis, pasar oligopoli. Andhikaas.wordpress.com.dalam
Diakses, 06 Juni 2011
Putra. Michael 2016. Pasar persaingan sempurna.sayanda.com . dalam  
Diakses, 29 Januari 2016
Hidayat. Rahmad 2015. Pasar persaingan sempurna, pengertian, ciri dan contoh. kitapunya.net. dalam
Diakses, 14 Agustus 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.