Lestari Febrina Tanjung
41617010048
ABSTRAK
Dalam pasar persaingan
yang sempurna masing-masing penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga
sehingga harga pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan serta interaksi
antara penawaran dan permintaan.
Dalam hal ini penawaran dapat dikatakan mencerminkan keinginan konsumen sedangkan permintaan terbentuk dari keinginan konsumen. Struktur dalam pasar persaingan ini dikatakan paling sempurna dan terdapat sebuah jaminan dalam menjalankan proses produksi barang serta jasa menjadi lebih efisien dibandingkan dengan pasar persaingan jenis lainnya.
Dalam hal ini penawaran dapat dikatakan mencerminkan keinginan konsumen sedangkan permintaan terbentuk dari keinginan konsumen. Struktur dalam pasar persaingan ini dikatakan paling sempurna dan terdapat sebuah jaminan dalam menjalankan proses produksi barang serta jasa menjadi lebih efisien dibandingkan dengan pasar persaingan jenis lainnya.
KATA
KUNCI
Pasar persaingan sempurna
1.PENDAHULUAN
Pengertian
pasar secara sempit diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan
pembeli untuk saling bertransaksi baik barang ataupun jasa. Akan tetapi ada
pula pasar yang tidak mempertemukan antara penjual dan pembei, misal saja pasar
saham. Maka dari itu, pasar juga dapat diartikan secara luas, yakni suatu proses dimana penjual dan pembeli saling
berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Pasar persaingan sempurna
adalah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak
dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh
barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara,
kentang, dan lain sebagainya.
2.RUMUSAN
MASALAH
·
Apa itu pasar persaingan sempurna dan ciri-cirinya ?
·
Jelaskan bagaimana struktur pasar persaingan sempurna !
·
Apa kelebihan dan kekurangan dari pasar persaingan sempurna ?
3.PEMBAHASAN
·
DEFENISI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA BESERTA CIRI-CIRINYA
Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dengan kondisi
penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen, sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga jual beli.
Contohnya seperti perusahaan kecil yang jumlahnya sangat banyak dan menjual
atau memproduksi jenis barang yang sama seperti beras, gandum, kentang, dan
sebagainya.
Pada dasarnya ada
begitu banyak pasar pesaingan sempurna yang ada di Indonesia dengan ciri-ciri
yang memang hampir sama. Berikut ciri-ciri dari pasar persaingan yang sempurna
dan perlu anda ketahui :
ü Setiap produsen memiliki
kebebasan untuk masuk atau keluar dari pasar persaingan
tersebut.
ü
Adanya
banyak penjual dan pembeli memang membuat masing-masingnya tidak dapat
mempengaruhi keadaan pasar.
ü
Para
penjual dan pembeli sudah memiliki pengetahuan
yang sempurna terkait kondisi pasar mengenai tingkat harga yang berlaku,
termasuk juga berbagai perubahannya.
ü
Barang
atau jasa yang diperjualbelikan ada dalam bentuk homogen,
sehingga ketika konsumen membeli suatu barang dan perusahaan tertentu maka
jumlah dan harganya juga akan sama di perusahaan lainnya.
ü
Perpindahan sumber ekonomi cukup
sempurna sehingga tidak ada kesulitan
meskipun faktor produksi harus dipindahkan ke tempat lainnya.
·
STRUKTUR
PERSAINGAN SEMPURNA
Struktur pasar persaingan sempurna
adalah struktur pasar yang dikenal paling ideal dibandingkan dengan
struktur yang lain karena dalam kegiatan pasar tersebut terdapat sebuah jaminan
untuk menjalankan kegiatan produksi barang dan jasa dengan lebih efisien bagi
setiap elemen pasar. Pada kenyataannya tidak terdapat praktik yang benar-benar
menerapkan pasar persaingan sempurna secara murni dalam konsepnya, karena jika
dilihat lebih jauh kondisi pasar ini memiliki kekurangan yang dirasa hanya akan
mengurangi kebebasan dalam kegiatan pasar.
·
KELEBIHAN DAN
KEKURANGAN DARI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Kelebihan dari pasar sempurna yaitu :
v Mengoptimalkan Efisiensi
Ada dua konsep efisiensi dari pasar persaingan sempurna, yakni:
- Efisiensi produktif: Syarat mencapai efisiensi ini ialah semua tingkat produksi menggunakan biaya minimum dan industri secara keseluruhan harus memproduksi barang dengan biaya terendah.
- Efisiensi alokatif: Syarat mencapai efisiensi maksimum ialah harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut.
Dari pemahaman efisiensi tersebut bisa dijelaskan bahwa keuntungan normal
bisa didapatkan, asalkan biaya produksi minim dan harga barang sama dengan
biaya marjinal produksi barang.
v Kebebasan Memilih dan Betindak
Tidak ada konsentrasi
kekuasaan pada pasar persaingan sempurna. Penjual tidak memiliki banyak pilihan
dalam menentukan variasi barang, sehingga kualitas dan harga barang setiap
penjual hampir sama. Hal tersebut memberikan kebebasan untuk pembeli dalam
memilih barang yang diinginkan. Tidak ada yang bisa mempengaruhi harga yang
cenderung stabil. Nilai jual di pasaran juga cenderung yang termurah, karena
banyaknya penjual barang, sehingga para penjual tidak dapat meningkatkan harga
jual.
Kekurangan dari pasar persaingan sempurna
v Minim Inovasi
Persamaan yang terjadi
antar produsen membuat penjual tidak terdorong untuk berkembang dan berinovasi.
Hal ini karena teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain.
Tidak ada perbedaan dan keuntungan kekal, karena proses dan hasilnya dibuat
sama atau serupa.
v Konflik Keadilan
Bagi konsumen,
kualitas produk memang lebih terjamin karena semuanya tampak sama dan serupa.
Namun, ini juga membuat terbatasnya pilihan karena tidak ada variasi. Bagi
produsen, ada konflik keadilan yang terjadi di internal industri. Mulai dari
perkara biaya hingga distribusi pendapatan yang tak merata. Distribusi
pendapatan menentukan bentuk dan penggunaan sumber daya yang efisien. Bila tak
merata, maka penggunaan akan lebih banyak digunakan oleh golongan kaya saja.
4.KESIMPULAN
Pasar secara sempit diartikan sebagai tempat bertemunya antara
penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang ataupun jasa. Akan
tetapi ada pula pasar yang tidak mempertemukan antara penjual dan pembei, misal
saja pasar saham. Maka dari itu, pasar juga dapat diartikan secara luas, yakni suatu proses dimana
penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Pasar
persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli
(konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual
sejenis atau serupa. Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dengan
kondisi penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual
bersifat homogen, sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga
jual beli. Contohnya seperti perusahaan kecil yang jumlahnya sangat banyak dan
menjual atau memproduksi jenis barang yang sama seperti beras, gandum, kentang,
dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
Dian. Salama 2018. Pasar persaingan sempurna. Salamadian.com.dalam
Diakses, 24 Februari 2018
Anonim. 2017. Pengertian dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna. jurnal.id
. dalam
Diakses, 14 November 2017
Aas. Andhika 2011. Ciri-ciri persaingan pasar sempurna, pasar monolopi,
pasa monopilistis, pasar oligopoli. Andhikaas.wordpress.com.dalam
Diakses, 06 Juni 2011
Putra. Michael 2016. Pasar persaingan sempurna.sayanda.com . dalam
Diakses, 29 Januari 2016
Hidayat. Rahmad 2015. Pasar persaingan sempurna, pengertian, ciri dan
contoh. kitapunya.net. dalam
Diakses, 14 Agustus 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.