Oleh
Novia Nila Sutarman
Abstrak
Dalam
system ekonomi liberal, pasar memainkan peran yang sangat penting. Pasar yang
mempertemukan pelaku usaha yang ingin menjual barang dan jasa.
Akibat kepentingan satu sama lain, maka dengansendirinya terjadilah harga kesepakatan. Untuk mendapatkan harga yang adil dan untuk mendorong kegiatan ekonomi digunakanlah system mekanisme pasar.
Akibat kepentingan satu sama lain, maka dengansendirinya terjadilah harga kesepakatan. Untuk mendapatkan harga yang adil dan untuk mendorong kegiatan ekonomi digunakanlah system mekanisme pasar.
Kata Kunci
Mekanisme
Pasar, Permintaan, Penawaran, Kurva
A. PENDAHULUAN
Pasar
merupakan lembaga ekonomi dimana para pembeli atau penjual, baik secara
langsung maupun tidak langsung dapat melakukan transaksi perdagangan barang
atau jasa. Jadi, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk
melakukan transaksi. Mekanisme pasar merupakan system yang cukup efisien dalam
memberlakukan harga yang adil dan bahkan untuk mengalokasikan factor-faktor
produksi dan mendorong kegiatan ekonomi.
B. PERMASALAHAN
1.
Apa
itu mekanisme pasar?
2.
Apa
saja factor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran?
3.
Bagaimana
bentuk kurva permintaan dan penawaran?
C. PEMBAHASAN
1. Pengertian Mekanisme Pasar
Mekanisme pasar adalah suatu proses
penentuan tingkat harga berdasarkan dari kekuatan permintaan dan
penawaran. Definisi mekanisme pasar yang lainnya yaitu kecenderungan dalam
pasar bebas untuk terjadinya perubahan dari harga hingga pasar menjadi seimbang
(jumlah yang penawaran sama dengan jumlah permintaan).
2. Permintaan
Permintaan adalah keinginan dari
konsumen untuk membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode
waktu tertentu. Seperti misalnya mengenai permintaan pakaian di kota Bandung,
kita membicarakan mengenai berapa jumlah pakaian yang akan dibeli pada berbagai
tingkat harga dalam satu periode waktu tertentu, per bulan, atau pertahun di
kota Bandung.
Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
- Harga Barang Itu Sendiri (Px)
- Harga Barang Lain (Py)
- Tingkat Pendapatan Perkapita (Y/cap)
- Selera atau Kebiasaan (sel)
- Jumlah Penduduk (pen)
- Perkiraan Harga di Masa Mendatang (Pp)
- Distribusi Pendapatan (Ydist)
- Usaha-usaha Produsen Meningkatkan Penjualan (prom)
Fungsi permintaan :
– -/+
+ +
+ +
+ +
Dx = f(Px, Py, Y/cap, sel, Pen, Pp, Ydist, prom)
Dx = f(Px, Py, Y/cap, sel, Pen, Pp, Ydist, prom)
Kurva permintaan
OP = tingkat harga (price)
OQ = jimlah barang (quantity)
D = kurva permintaan (demand)
3.
Penawaran
Penawaran adalah keinginan dari
produsen untuk menawarkan atau menjual sejumlah barang pada berbagai macam
tingkat harga selama satu periode tertentu.
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
- Harga Barang Itu Sendiri (Px)
- Harga Barang Yang Terkait (Py)
- Harga Faktor Produksi (Pi)
- Biaya Produksi (C)
- Teknologi Produksi (tek)
- Jumlah Pedagang atau Penjual (ped)
- Tujuan Perusahaan (tuj)
- Kebijakan Pemerintah (kebij)
Fungsi penawaran
+ +/- – – + + +/- +
Sx = f(Px, Py, Pi, C, tek, ped, tuj, kebij)
+ +/- – – + + +/- +
Sx = f(Px, Py, Pi, C, tek, ped, tuj, kebij)
Tanda positif (+) dan negatif (-)
menunjukkan pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap penawaran barang x.
Kurva Penawaran
Kurva penawaran
adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah
barang yang ditawarkan.
Keterangan :
OP : Harga per unit
OQ : Jumlah yang ditawarkan
S
: Kurva penawaran
D. KESIMPULAN
Dalam
mekanisme pasar, kegunaan (utility)
suatu barang akan menimbulkan keinginan,
dan pada gilirannya akan membutuhkan
permintaan. Sebaliknya kelangkaan
suatu barang mendorong beberapa orang untuk memanfaatkan kelangkaan itu dengan cara menjualnya, sehingga
kelangkaan menimbulkan penawaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.