Gambar : perli_iswanto.staff.gunadarma.ac.id |
Simak topik hari ini dengan baik dan cerdas, supaya mendapat pemahaman. Dalam durasi 7 x 24 jam, buatlah artikel dan mind map berkaitan dengan Pokok Bahasan Pertemuan 1 : Memahami Konsep mekanisme Pasar.
Cermati panduan proyek pekan ini :
1. Baca Buku "Pengantar Ilmu Ekonomi" sesuai dengan Bab yang sedang dibahas secara cermat dan pahami dengan baik (Bab 3 Memahami Perilaku Konsumen): Kerjakan sesuai dengan Kode Peserta Anda (Tugas Individu).
- Definisi Perilaku Konsumen (@C01-Novia, @C02-Nisa)
- Jenis/Macam Perilaku Konsumen (@C03, @C04)
- Proses Pembentukan Perilaku Konsumen (@C05, @C06)
- Proses Mengenali Perilaku Konsumen (@C07, @C08)
- Teori Kardinal dan Perilaku Konsumen (@C09, @C10)
- Teori Ordinal dan Perilaku Konsumen (@C11, @C12)
- Permintaan Rumah Di Indonesia (@C13, @C14)
- Permintaan Kendaraan Roda Dua Di Indonesia (@C15, @C16)
- Permintaan BBM Di Indonesia (@C17, @C18)
- Permintaan Cabai Merah Di Indonesia (@C19, @c20)
- Permintaan Minyak Goreng Di Indonesia (@C21, @C22)
- Permintaan Daging Sapi Di Indonesia (@C23)
- Permintaan Kedelai Di Indonesia (@C24)
2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada buku tersebut (Poin 1), sengan judul singkat, aktual dan menarik.
3. Sistematika Artikel meliputi : Judul; Nama dan Kode Peserta; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Kesimpulan; Daftar Pustaka.
4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai sumber : text book,artikel ilmiah (jurnal), artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).
5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.
6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.
7. Lengkapi dengan mind map yang menarik
8. Posting artikel di web-blog edukasi Ekonomi123.com ini dengan label : Kode Peserta dan Kode Proyek (@Proyek-03).
9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).
Lihat dan Klik:
Ilmu Perilaku Konsumen (E-Book)
Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Online (Jurnal)
Perilaku Konsumen dan Tindakan Pamasaran (Jurnal)
Perilaku Konsumen (Video)
Ilmu Perilaku Konsumen (E-Book)
Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Online (Jurnal)
Perilaku Konsumen dan Tindakan Pamasaran (Jurnal)
Perilaku Konsumen (Video)
@C13-Lucia
BalasHapusBerikut beberapa pengertian nya sesuai dengan perilaku konsumen
1) Barang (Commodities)
Adalah benda dan jasa yang dikonsumsi untuk memperoleh manfaat atau kegunaan.
2) Utilitas (Utility)
Utilitas merupakan ukuran manfaat suatu barang dibanding dengan alternatif penggunaannya dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh konsumen.
3) Hukum Pertambahan Manfaat yang Makin Menurun (The Law of Diminishing Marginal Utility)
Pada awalnya penambahan konsumsi suatu barang akan memberi tambahan utilitas yang besar, tetapi makin lama pertambahan itu bukan saja makin menurun, bahkan menjadi negatif.
4) Konsistensi Preferensi (Transitivity)
Konsep preferensi berkaitan dengan kemampuan konsumen menyusun prioritas pilihan agar dapat mengambil keputusan.