.

Minggu, 11 Maret 2018

Mekanisme Pasar


Abstrak
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta).
Namun, mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Mekanisme pasar terbagi menjadi dua yaitu permintaan dan penawaran.
Kata kunci
Mekanisme pasar, permintaan, fungsi, faktor

1.      Pendahuluan
Mekanisme pasar adalah perubahan atau penentuan harga dengan berdasarkan permintaan dan penawaran. Permintaan salah satu faktor penentu harga barang atau jasa, permintaan(deman) sendiri adalah keinginan komsumen untuk membeli suatu barang atau jasa, ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen yang akan dibahas selanjutnya. Dan ada penawaran juga yang berperan sebagai penentu harga di pasaran, penawaran adalah penawaran suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu.
2.      Permasalahan
1.       Apa itu mekanisme pasar?
2.       Apa yang dimaksud dengan permintaan?
3.       Apa fungsi permintaan ?
4.       Faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan ?
3.      Penjelasan
Mekanisme pasar (market mechanism) adalah kecenderungan di pasar bebas sehingga terjadi perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (equilibrium) yakni sampai jumlah permintaan dan penawaran sama.

Menurut Boediono, mekanisme pasar sebagai proses yang berjalan atas dasar gaya tarik menarik antara konsumen-konsumen dan produsen-produsen yang bertemu di pasar. Dari proses tersebut kemudian terbentuklah suatu harga atas barang di pasar barang dan faktor produksi di pasar faktor produksi. 
Pengertian Permintaan
Menurut Rahardja & Manurung, Permintaan (demand) adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu dimana istilah permintaan merujuk pada perilaku orang ketika mereka berinteraksi satu sama lain di sebuah pasar dengan digambarkan jumlah barang yang diinginkan dan mampu dibeli oleh pembeli.

Menurut  Gilarso, Dalam ilmu ekonomi istilah permintaan (demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut. Permintaan adalah jumlah dari suatu barang yang mau dan mampu dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka waktu tertentu, dengan anggapan hal-hal lain tetap sama 

Fungsi Permintaan
menurut Ahman, merupakan turunan dari perilaku konsumen yang berusaha untuk mencapai kepuasan maksimum, dengan jalan melakukan kegiatan mengkonsumsi barang dan jasayang mampu dibeli dengan kendala pendapatannya terbatas.

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
1 .Selera atau kebiasaan
2. Perkiraan harga di masa mendatang
3.
Harga barang lain yang terkait
4. Harga barang itu sendiri
5. Distribusi Pendapatan

Kesimpulan
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta).

Daftar pustaka
Rahayu Susanti.2013.Permintaan dan Penawaran.Dalamhttp://rahayusanchi.blogspot.co.id/2016/01/permintaan-dan-penawaran.html
-Fikri Jaiz.2013.Bunyi Permintaan dan Penawaran. Dalamhttp://apikgoregrind.blogspot.co.id/2013/05/hukum-permintaan-dan-penawaran.html
Setiawan2011. KonsepEkonomiPasardalamEkonomiModern dalamhttp://digilib.uinsby.ac.id/9574/9/bab2.pdf  
Subagyo,Ahmad.2011.PermintaandanPenawaran.Ahmadsubagyo.com.Dalamhttp://ahmadsubagyo.com/download/ekonomi_mikro/02-PERMINTAAN-PENAWARAN.pdf.
Dian Respati.2015.Faktor yang Mempengaruhi Permintaan.Dalamhttp://ekonomisku.blogspot.co.id/2015/03/faktor-yang-mempengaruhi-permintaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.