.

Minggu, 11 Maret 2018

Mekanisme Pasar Dalam Permintaan dan Penawaran


@C20-Tania, @Proyek-02





Abstrak
Ada beberapa konsep mekanisme pasar diantaranya permintaan dan penawaran. Permintaan itu pada dasarnya keinginan konsumen pada produsen, sedangkan penawaran pada dasarnya jumlah barang yang ingin ditawarkan.

Kata Kunci
Mekanisme pasar, permintaan, penawaran

Pendahuluan
Apa itu mekanisme pasar? Mekanisme pasar sendiri dapat dijelaskan dengan kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta) (Rabbani, 2013). Mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Dengan begitu permintaan dan penawaran sangat berkaitan erat dengan konsep mekanisme pasar. Permintaan dan penawaran terjadi pada periode tertentu.

Permasalahan

1.       Apa yang dimaksud permintaan?

2.       Apa hukum permintaan?

3.       Apa sajakah macam-macam permintaan?

4.       Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan?

5.       Apa yang dimaksud penawaran?

6.       Apa hukum penawaran?

7.       Apa sajakah macam-macam penawaran?

8.       Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran?


Pembahasan

A.      Permintaan
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama priode waktu tertentu (Rikky, 2014). Fungsi permintaan adalah permintaan yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya
Misalnya : ketika berbicara tentang permintaan pakaian di Bandung, kita berbicara tentang berapa jumlah pakaian yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga dalam satu priode waktu tertentu, per bulan, atau pertahun di Bandung.

1.       Hukum Permintaan
“Apabila harga suatu barang atau jasa naik, maka julah yang diminta konsumen akan berkurang dan sebaliknya, apabila harga suatu barang atau jasa turun, maka jumlah yang diminta konsumen akan bertambah”.
Mengapa hal demikian? Karena apabila harga suatu barang naik, sementara penghasilan konsumen tidak berubah, maka daya beli konsumen akan menurun, sehingga ia akan mengurangi jumlah barang yang dibeli

2.       Macam – Macam Permintaan

a.       Permintaan potensial : permintaan yang tidak didukung dengan daya beli

b.       Permintaan efektif : permintaan yang didukung dengan daya beli

3.       Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Menurut Tamy, 2014 ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan

ü  Harga barang itu sendiri.
Hukum permintaan menyatakan “ Bila harga suatu barang naik, cateris paribus, maka jumlah barang itu yang diminta akan berkurang dan sebaliknya.”

ü  Harga barang lain yang terkait
Harga barang lain juga dapat mempengaruhi permintaan suatu barang, tetapi kedua macam barang tersebut mempunyai keterkaitan.

ü  Tingkat pendapatan per kapita.
Makin tinggi tingkat pendapatan , daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suat barang meningkat. 

ü  Selera atau kebiasaan
Selera atau kebiasaan juga dapat mempengaruhi permintaan suatu barang.

ü  Jumlah penduduk.
Makin banyak jumlah penduduk, permintaan akan semakin banyak.

ü  Perkiraan harga di masa mendatang
Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja dimasa mendatang.

ü  Distribusi pendapatan
Tingkat pendapatan per kapita bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk.

ü  Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.

B.      Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu priode tertentu

1.       Hukum Penawaran
“Apabila harga suatu barang atau jasa naik, maka jumlah yang ditawarkan produsen akan bertambah dan sebaliknya, apabila harga suatu barang atau jasa turun, maka jumlah yang ditawarkan produsen juga akan berkurang”
Mengapa demikian?  karena produsen selalu dianggap ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

2.       Macam-macam Penawaran

Menurut Jerry, 2012 dalam ekonomi mikro ada dua macam penawaran, yaitu

a.       Penawaran Perorangan
Penawaran perorangan terhadap suatu barang atau jasa ialah kesediaan dari seorang penjual untuk menawarkan berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga.

b.       Penawaran Pasar
Penawaran pasar adalah keseluruhan penjumlahan dari penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.

3.       Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Menurut Tamy, 2014 ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran

ü  Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan.

ü  Harga barang lain yang terkait
Secara umum dapat dikatakan bahwa apabila harga barang substitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya. Sedangkan untuk barang komplemen, dapat kita nyatakan bahwa apabila harga barang komplemen naik, maka penawaran suatu barang berkurag, dan sebaliknya.

ü  Harga faktor produksi
Kenaikan harga faktor produksi akan menyebabkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap. Kenaikan harga faktor produksi ini juga akan mengurangi laba perusahaan.

ü  Biaya produksi
Bila biaya produksi meningkat, maka produsen akan mengurangi hasil produksinya, berate penawaran barang itu berkurang.

ü  Teknologi produksi
Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menyebabkan kenaikan dalam penawaran barang.

ü  Jumlah pedagang / penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk  tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.


Kesimpulan
Mekanisme pasar yaitu kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan dari harga hingga pasar menjadi seimbang (jumlah yang penawaran sama dengan jumlah permintaan). Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran yaitu sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi jalannya permintaan dan penawaran.

Daftar Pustaka

Tamy 2014. Mekanisme pasar: permintaan dan penawaran. Utamiwijayanti12.blogspot.co.id. Dalam http://utamiwijayanti12.blogspot.co.id/2014/10/mekanisme-pasar-permintaan-dan-penawaran.html. Diunduh 10 Maret 2018

Hadi, Gamal 2017. Apa yang dimaksud dengan mekanisme pasar?. diction.com. dalam https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-mekanisme-pasar/13584. Diunduh 10 Maret 2018

Sora 2015. Kenali pengertian mekanisme pasar secara jelas. Pengertianku.net . Dalam http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-mekanisme-pasar.html. Diunduh  11 Maret 2018

Eriawan, Rikky 2014. Makalah mekanisme pasar, permintan dan penawaran. Catatanmasrikky.blogspot.co.id. Dalam http://catatanmasrikky.blogspot.co.id/2014/10/makalah-mekanisme-pasar-permintaan-dan.html. Diunduh 11 Maret 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.