Abstrak
Ada beberapa konsep mekanisme pasar diantaranya permintaan dan
penawaran. Permintaan itu pada dasarnya keinginan konsumen pada produsen,
sedangkan penawaran pada dasarnya jumlah barang yang ingin ditawarkan.
Kata Kunci
Mekanisme pasar, permintaan, penawaran
Pendahuluan
Apa itu mekanisme pasar? Mekanisme pasar sendiri dapat dijelaskan
dengan kecenderungan dalam pasar
bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah
yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta) (Rabbani, 2013). Mekanisme
pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan
permintaan dan penawaran. Dengan begitu permintaan dan penawaran sangat
berkaitan erat dengan konsep mekanisme pasar. Permintaan dan penawaran terjadi
pada periode tertentu.
Permasalahan
1.
Apa yang dimaksud permintaan?
2.
Apa hukum permintaan?
3.
Apa sajakah macam-macam permintaan?
4.
Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi
permintaan?
5.
Apa yang dimaksud penawaran?
6.
Apa hukum penawaran?
7.
Apa sajakah macam-macam penawaran?
8.
Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi
penawaran?
Pembahasan
A.
Permintaan
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada
berbagai tingkat harga selama priode waktu tertentu (Rikky, 2014). Fungsi permintaan adalah permintaan yang dinyatakan dalam
hubungan matematis dengan faktor-faktor yang mempengaruhinyaMisalnya : ketika berbicara tentang permintaan pakaian di Bandung, kita berbicara tentang berapa jumlah pakaian yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga dalam satu priode waktu tertentu, per bulan, atau pertahun di Bandung.
1. Hukum Permintaan
“Apabila harga suatu barang atau
jasa naik, maka julah yang diminta konsumen akan berkurang dan sebaliknya,
apabila harga suatu barang atau jasa turun, maka jumlah yang diminta konsumen
akan bertambah”.
Mengapa hal demikian? Karena
apabila harga suatu barang naik, sementara penghasilan konsumen tidak berubah,
maka daya beli konsumen akan menurun, sehingga ia akan mengurangi jumlah barang
yang dibeli
2. Macam – Macam Permintaan
a.
Permintaan potensial : permintaan yang tidak
didukung dengan daya beli
b.
Permintaan efektif : permintaan yang didukung
dengan daya beli
3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Permintaan
Menurut Tamy, 2014 ada beberapa faktor
yang mempengaruhi permintaan
ü
Harga barang itu sendiri.
Hukum permintaan menyatakan “ Bila harga suatu barang naik,
cateris paribus, maka jumlah barang itu yang diminta akan berkurang dan
sebaliknya.”
ü
Harga barang lain yang terkait
Harga barang lain juga dapat mempengaruhi permintaan suatu
barang, tetapi kedua macam barang tersebut mempunyai keterkaitan.
ü
Tingkat pendapatan per kapita.
Makin tinggi tingkat pendapatan , daya beli makin kuat,
sehingga permintaan terhadap suat barang meningkat.
ü
Selera atau kebiasaan
Selera atau kebiasaan juga dapat mempengaruhi permintaan
suatu barang.
ü
Jumlah penduduk.
Makin banyak jumlah penduduk, permintaan akan semakin
banyak.
ü
Perkiraan harga di masa mendatang
Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik,
adalah lebih baik membeli sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli
lebih banyak saat ini guna menghemat belanja dimasa mendatang.
ü
Distribusi pendapatan
Tingkat pendapatan per kapita bisa memberikan kesimpulan
yang salah bila distribusi pendapatan buruk.
ü
Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.
B. Penawaran
Penawaran adalah
jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga
selama satu priode tertentu
1. Hukum Penawaran
“Apabila harga suatu barang atau jasa naik, maka jumlah
yang ditawarkan produsen akan bertambah dan sebaliknya, apabila harga suatu
barang atau jasa turun, maka jumlah yang ditawarkan produsen juga akan
berkurang”
Mengapa demikian? karena produsen selalu dianggap ingin
mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
2. Macam-macam Penawaran
Menurut Jerry, 2012 dalam ekonomi mikro ada dua macam
penawaran, yaitu
a.
Penawaran Perorangan
Penawaran perorangan terhadap suatu barang atau jasa ialah
kesediaan dari seorang penjual untuk menawarkan berbagai jumlah barang pada
berbagai tingkat harga.
b.
Penawaran Pasar
Penawaran pasar adalah keseluruhan penjumlahan dari penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.
Penawaran pasar adalah keseluruhan penjumlahan dari penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.
3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Penawaran
Menurut Tamy, 2014 ada beberapa faktor yang mempengaruhi
penawaran
ü
Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang naik, maka produsen cenderung akan
menambah jumlah barang yang dihasilkan.
ü
Harga barang lain yang terkait
Secara umum dapat dikatakan bahwa apabila harga barang
substitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya.
Sedangkan untuk barang komplemen, dapat kita nyatakan bahwa apabila harga
barang komplemen naik, maka penawaran suatu barang berkurag, dan sebaliknya.
ü
Harga faktor produksi
Kenaikan harga faktor produksi akan menyebabkan perusahaan
memproduksi output-nya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap.
Kenaikan harga faktor produksi ini juga akan mengurangi laba perusahaan.
ü
Biaya produksi
Bila biaya produksi meningkat, maka produsen akan
mengurangi hasil produksinya, berate penawaran barang itu berkurang.
ü
Teknologi produksi
Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan
teknologi menyebabkan kenaikan dalam penawaran barang.
ü
Jumlah pedagang / penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran
barang tersebut akan bertambah.
Kesimpulan
Mekanisme pasar yaitu kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya
perubahan dari harga hingga pasar menjadi seimbang (jumlah yang penawaran sama
dengan jumlah permintaan). Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau
diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran yaitu sejumlah
barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Banyak faktor-faktor
yang mempengaruhi jalannya permintaan dan penawaran.
Daftar Pustaka
Tamy 2014. Mekanisme pasar: permintaan dan penawaran. Utamiwijayanti12.blogspot.co.id.
Dalam http://utamiwijayanti12.blogspot.co.id/2014/10/mekanisme-pasar-permintaan-dan-penawaran.html.
Diunduh 10 Maret 2018
Hadi, Gamal 2017. Apa yang dimaksud dengan mekanisme pasar?. diction.com.
dalam https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-mekanisme-pasar/13584.
Diunduh 10 Maret 2018
Sora 2015. Kenali pengertian mekanisme pasar secara jelas. Pengertianku.net
. Dalam http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-mekanisme-pasar.html.
Diunduh 11 Maret 2018
Eriawan, Rikky 2014. Makalah mekanisme pasar, permintan dan penawaran.
Catatanmasrikky.blogspot.co.id. Dalam http://catatanmasrikky.blogspot.co.id/2014/10/makalah-mekanisme-pasar-permintaan-dan.html.
Diunduh 11 Maret 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.