@C17-Guntur, @Proyek-02
Disusun Oleh Guntur Wahyu Prasetiyo
ABSTRAK
Artikel
ini di buat bertujuan untuk mengetahui tentang elastisitas penawaran di suatu
pasar dan bertujuan untuk perkembangan pasar-pasar di Indonesia. Jenis factor factor
yg di gunakan dalam elastisitas penawaran pasar Keawetan barang, Persediaan
barang, Kecepatan produksi. Dan variasi kurva suatu elastisitas barang berubah
mengikuti pergeseran harga, dan dapat di lihat melalui kurvanya. Adapun factor factor
yang mempengaruhi elastisitas suatu permintaan suatu elastis penawaran.
KATA KUNCI
Elastisitas Penawaran, factor
elastisitas penawaran, kurva elastisitas penawaran
PENDAHULUAN
Dalam kehidupan sehari-hari setiap individu,
perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhannya akan selalu menghadapi berbagai persoalan yang bersifat ekonomi, yaitu
persoalan yang menghendaki seseorang atau suatu perusahaan atau suatu
masyarakat harus membuat keputusan tentang cara yang terbaik dan menentukan
prioritas untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi. Sehingga munculah prinsip
ekonomi dimana setiap individu, suatu perusahaan, atau masyarakat dituntut agar
mengelola resources untuk pemenuhan
kebutuhan sebagai solusi masalah kelangkaan.
RUMUSAN MASALAH
1. Elastisitas
adalah?
2. Apa
kegunaan dari kurva elastisitas penawaran?
3. Ada
berapa faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran?
4. Apa
yang di maksud dari keawetan barang ?
5. Apa
yang di maksud dari persediaan barang?
6. Apa
yang di maksud dari kecepatan berproduksi?
PEMBAHASAN
Elastisitas penawaran
(Es) dapat didefinisikan dengan analogi logika yang sama dengan elastisitas
permintaan. Elastisitas penawaran adalah angka yang menunjukkan beberapa persen
jumlah barang yang ditawarkan berubah, bila harga barang berubah 1 persen(Rahardja,2008),
dan dapat dikaitkan dengan faktor – faktor lain yang dianggap
mempengaruhinya,ex: tangkai bunga, tingkat upah, harga bahan baku dan harga
bahan.Hampir semua barang memiliki penawaran yang lebih elastis dalam jangka
panjang, dibanding dalam jangka pendek. Sebab dalam jangka panjang perushaan
mampu mengatasi kendala – kendala yang muncul dlam jangka pendek (Nugraha,Ferdi
dkk, 2013).
Variasi
kurva penawaran
Karena elastisitas harga dari penawaran mengukur seberapa banyak kuantitas
yang ditawarkan berubah mengikuti pergeseran harga,maka elastisitas itu dapat
diketahui dengan melihat bentuk kurvanya. Dalam kasus ekstrem elastisitas
nol,artinya penawaran elastisitas sempurna (perfectly inelastic) bentuk kurvanya
vertical atau berupa garis lurus tegak.Pada kasusu eksterm kebalikannya ,yakni
penawaran bersifat elastic sempurna (perfectly elastic),kurva penawarannya
berbentuk horizontal atau garis lurus mendatar,dan elastisitasnya sendiri tidak
terbatas (Wardani,2012).
Faktor
yang menentukan elastisitas penawaran
Tingkat
kemampuan produksi sesuatu barang untuk mengikuti perubahan-perubahan harga.
Barang-barang yang mampu jumlah produksinya mengikuti atau menyesuaikan diri
terhadap perubahan harga adalah lebih elastis disbanding barang-barang yang
sukar disesuaikan produksinya atau yang tidak mampu mengikuti perubahan harga.
Oleh karena usaha pertanian sangat bergantung kepada alam maka sudah barang
tentu penyesuaian diri setiap saat dari produksinya akan sangat sukar
terlaksana. Dengan demikian dapat dipastikan penawaran lebih kecil disbanding
barang-barang industri yang usaha produksinya tidak bergantung pada alam.
- Keawetan Barang. Semakin awet barang, maka penawaran barang itu akan elastis. Tetapi, jika barang itu cepat membusuk/tidak tahan lama, seperti buah-buahan, maka meskipun pada tingkat harga yang turun, mangga itu tetap akan dijual, karena menghindari rugi besar. jadi barang yang tidak tahan lama itu inelastis penawarannya.
- Persediaan Barang. Cukup tidaknya persediaan barang juga merupakan faktor yang mempengaruhi. Pada saat harga naik, tetapi penjual tersebut tidak mempunyai stock barang yang cukup, maka dia tidak bisa meningkatkan penawarannya. Padahal pada tingkat harga yang naik itu seharusnya penjual bergairah untuk menawarkan barang.
- Kecepatan Berproduksi. Untuk barang yang diproduksinya memerlukan waktu lama, maka barang ini sifat penawarannya inelastis, tetapi untuk barang-barang yang diproduksinya menggunakan teknologi tinggi, maka barang-barang ini penawarannya inelastic (Amelia, 2016)
Kesimpulan
Elastisitas
penawaran (Es) dapat didefinisikan dengan analogi logika yang sama dengan
elastisitas permintaan. Karena
elastisitas harga dari penawaran mengukur seberapa banyak kuantitas yang
ditawarkan berubah mengikuti pergeseran harga,maka elastisitas itu dapat
diketahui dengan melihat bentuk kurvanya.
DAFTAR
PUSTAKA
Nugraha, Ferdi. 2013.
Konsep Elastisitas dan Aplikasinya. Tantiqistina. Dalam https://tantiqistinaa.wordpress.com/2013/10/14/konsep-elastisitas-dan-aplikasinya-kelas-1eb30-kelompok-5/ (Diakses pada hari Minggu, 11 Maret 2018).
Rahardja Prathama & Mandala Manurung. 2008.
Pengantar Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Uco. 2011. Faktor –
Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran. Sayang Petani. Dalam https://sayangpetani.wordpress.com/2011/04/21/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-elastisitas-penawaran/
(Diakses pada hari Minggu, 11 Maret 2018)
Wardani, Ni Kadek Muda.
2012. Elastisitas dan aplikasinya. MUDA’S ILMU EKONOMI. Dalam http://mudaokta.blogspot.co.id/2012/11/elastisitas-dan-aplikasinya.html
(Diakses pada hari Minggu, 11 Maret 2018).
Amelia,Nur. 2016.
Faktor yang mempengaruhi elastisitas barang. Guru Pintar.com. Dalam http://gurupintar.com/threads/jelaskan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-elastisitas-penawaran.3874/
(Diakses pada hari Minggu, 11 Maret 2018).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.