ABSTRAK
Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang berkaitan erat dengan proses
pembelian, pada saat itu konsumen melakukan aktifitas-aktifitas seperti melakukan
pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal
yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
PENDAHULUAN
Perilaku konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari,
menukar,menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan
memuaskankebutuhan mereka. Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau
mengeluarkan sumberdananya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan
barang atau jasa yangdiinginkan.Analisis tentang berbagai faktor yang berdampak pada
perilaku konsumen menjadi dasar dalampengembangan strategi pemasaran. Pemasaran wajib
memahami konsumen, seperti apa yangdibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen
mmengambil keputusan.
RUMUSAN MASALAH
Bagaimana definisi tentang Perilaku Konsumen menurut para ahli ?
PEMBAHASAN
DEFINISI PERILAKU KONSUMEN MENURUT PARA AHLI
Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:6), Perilaku konsumen menggambarkan cara
individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang
tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan
konsumsi.
Menurut Mowen dan Minor (2002:6), Perilaku konsumen didefinisikan pula sebagai
studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan
perolehan, konsumsi dan pembuangan barang, jasa, pengalaman, serta ide-ide.
Menurut Kotler (2005:202), Pengertian perilaku konsumen yakni bidang ilmu yang
mempelajari cara individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, memakai
serta memanfaatkan barang, jasa, gagasan, atau pengalaman dalam rangka
memuaskan kebutuhan dan hasrat mereka.
Sedangkan menurut Kotler dan Amstrong (2008:158), perilaku konsumen adalah
perilaku pembelian konsumen akhir, perorangan dan rumah tangga yang membeli
barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Semua konsumen akhir ini bergabung
membentuk pasar konsumen.
Menurut Loudon serta Della Bitta (1993), perilaku konsumen adalah sistem
pengambilan keputusan serta aktivitas fisik individu-individu yang semua ini
melibatkan individu dalam menilai, memperoleh, memakai, atau mengabaikan
beberapa barang serta bebrapa layanan.
Menurut Ebert serta Griffin (1995) , mengemukakan consumer behavior diterangkan
sebagai usaha konsumen untuk membuat keputusan mengenai suatu product yang
dibeli serta dikonsumsi.
Mneurut James F et al (1994), mengemukakan perilaku konsumen adalah tindakan
yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, serta menggunakan
product serta layanan, termasuk juga proses keputusan yang mendahului serta
menyusuli tindakan ini.
Menurut Engel et al dalam Sopiah dan Sangadji (2013:7), perilaku konsumen adalah
tindakan yang langsung terlibat dalam pemerolehan, pengonsumsian, dan penghabisan
produk atau jasa, termasuk proses yang mendahului dan menyusul tindakan tersebut.
Menurut Griffin dalam Sopiah dan Sangadji (2013:8), perilaku konsumen adalah
semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologi yang mendorong tindakan tersebut
pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk
dan jasa setelah melakukan hal-hal diatas atau kegiatan mengevaluasi.
Dari pengertian mengenai perilaku konsumen diatas dapat disimpulkan bahwa,
Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang berkaitan erat dengan proses
pembelian, pada saat itu konsumen melakukan aktifitas-aktifitas seperti melakukan
pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk. Perilaku konsumen merupakan hal-
hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Yang termasuk ke dalam perilaku konsumen selain mengenai kualitas produk,
juga meliputi harga produk atau jasa tersebut. Jika harga suatu produk tidak terlalu
tinggi, maka konsumen tidak akan terlalu lama membutuhkan waktu untuk
memikirkan dan melakukan aktifitas perilaku konsumen. Namun jika harga suatu
barang atau jasa tersebut bisa dibilang tinggi, atau mahal, maka konsumen tersebut
akan memberikaneffort lebih terhadap barang tersebut. Pembeli tersebut akan semakin
lama melakukan perilaku konsumen, seperti melihat, menanyakan, mengevaluasi, dan
mempertimbangkan.
DAFTAR PUSTAKA
Sora. 2015. Pengertian Perilaku Konsumen Dan Menurut Para Ahli Lengkap.
http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-perilaku- konsumen-dan- menurut-para- ahli-
lengkap.html (Diakses 02 Maret 2015)
Suhari, Yohanes. 2012. E-commerce : model perilaku konsumen. Jurnal Dinamika
Informatika Vol 2, No 2 (2010).
http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=7568 (Diakses 11
November 2012)
Riadi, Muchlisin. 2016. Pengertian Dan Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen.
http://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-dan- faktor-yang- mempengaruhi-perilaku-
konsumen.html
Anonim. 2015. Definisi Perilaku Konsumen. http://www.definisi-
pengertian.com/2015/07/pengertian-perilaku- konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.