.

Jumat, 09 Juni 2017

Pengaruh Pajak Terhadap Keseimbangan Ekonomi

@B30-PUTRI
Putri Ayu

ABSTRAK
salah satu masalah besar yang sering menjerat Indonesia. Pajak yang merupakan pungutan yang biasanya harus dibayarkan kepada pemerintah demi memajukan negaranya. Dengan kata lain membayar pajak adalah salah satu kewajiban anda sebagai warga Negara yang baik. Sampai ada orang yang mengatakan bahwa seorang Negara bisa maju ketika rakyatnya sudah mau membayar pajak dengan kesadaran mereka sendiri. Saat mereka mau membayar pakak tempat waktu dan sesuai dengan jumlah menurut perundang-undangan yang berlaku, keadaan suatu Negara akan bisa menjadi baik dan maju.

 PENDAHULUAN
Indonesia memang dikatakan sebagai Negara yang kaya dan memiliki sumber daya yang banyak. Tetapi ketika anda membicarakan soal masalah perpajakan di Indonesia, yang ada anda akan dibuat pusing tujuh keliling karena Indonesia adalah salah satu Negara yang masih banyak kaitan masalah dengan penyalahgunaan pajak. Dari situ mungkin anda sudah bisa menyimpulkan mengapa Indonesia bukan termasuk Negara yang maju, tetapi Negara yang berkembang karena memang rakyatnya masih kurang sadar akan kewajibannya untuk membayar pajak. Begitupula dengan penguasa, terkadang mereka menyalahgunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadinya.
PERMASALAHAN
A.    Pajak
·         Apa tujuan dari perpajakan?
·         Apa prinsip-prinsip dalam perpajakan?
·         Apa itu konsep Equal sacrifice?
·         Bagaimana efek perpajakan dalam perekonomian?
·         Apa itu pajak perseorangan?
·         Apa dampak ekonomi dari pajak-pajak pendapatan dan konsumsi; pajak atas pengeluaaran?
B.     Penerimaan pemerintah
·         Apa saja sumber-sumber penerimaan negara?
·         Apa saja beban distribusi pemerintah?
PEMBAHASAN
A.    Pajak
·         Apa tujuan dari perpajakan?
Perpajakan diperlukan untuk membiayai berbagai pengeluaran negara. Tujuan dari perpajakan adalah untuk menekan konsumsi dan investasi dari sistem kegiatan sosial sehingga sistem administrasi dapat menyediakan barang dan jasa publik, sosial atau kolektif dan dapat memberikan subsidi kepada golongan miskin tanpa menimbulkan inflasi dan kesukaran dalam neraca pembayaran.
·         Apa prinsip-prinsip dalam perpajakan?
-Prinsip Pengenaan Pajak
-Prinsip Pemanfaatan Dalam Perpajakan
-Prinsip Kemampuan Membayar

·         Apa itu konsep Equal sacrifice?
Prinsip kesamaan pengorbanan batas (equal marginal sacrifice) menghendaki agar pajak itu didistribusikan sedemikian rupa di antara wajib pajak sehingga masing-masing akan memiliki sejumlah pendapatan setelah dikenai pajak, yang dapat memberikan guna batas (marginal utility) yang sama.
·         Bagaimana efek perpajakan dalam perekonomian?
1.      Pengaruh pajak terhadap produksi
Pengaruh pajak terhadap produksi dapat dibagi dalam pengaruhnya terhadap produksi sebagai keseluruhan dan komposisi produksi. Pengaruhnya terhadap produksi sebagai keseluruhan berlangsung melalui pengaruh-pengaruhnya terhadap kerja, tabungan dan investasi
2.      Pengaruh Pajak Terhadap Produksi Sebagai Keseluruhan
Pengaruh pajak terhadap produksi sebagai keseluruhan berlangsung melalui pengaruh-pengaruhnya terhadap kerja, tabungan, dan investasi. Apabila investasi dapat diarahkan dengan baik, maka akan dapat membuat pekerjaan lebih produktif. Investasi ini dapat berupa investasi materiil maupun investasi sumber daya manusia.
3.      Pengaruh Pajak Terhadap Komposisi Produksi
Pajak dapat mengakibatkan adanya penyimpangan dalam penggunaan faktor produksi, yaitu penggunaan yang seharusnya dapat menghasilkan produksi yang maksimum menuju kearah penggunaan yang menghasilkan produksi yang lebih sedikit, oleh karenanya pajak yang dikenakan jangan sampai mengakibatkan adanya penyimpangan penggunaan faktor-faktor produksi atau jika memang tidak dapat dihindarkan. Pajak yang dikenakan dalam perekonomian jangan sampai menimbulkan terlalu banyak penyimpangan-penyimpangan.
4.      Pengaruh Pajak Terhadap Distribusi Pendapatan
Pada umumnya, tujuan pembangunan suatu negara adalah berupa peningkatan pendapatan nasional per kapita, penciptaan lapangan pekerjaan, distribusi pendapatan yang lebih merata dan keseimbangan neraca pembayaran internasional. Keempat tujuan umum pembangunan ini tidak selalusejalan dan selaras dalam pencapaiannya, melainkan seringkali untuk mencapai tujuan yang satu terpaksa harus mengurangi keberhasilan dari tujuan yang lain. Untuk mencapai laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi seringkali terjadi adanya distribusi pendapatan yang kurang/tidak merata.
·         Apa itu pajak perseorangan?
a.       Pengaruh Pajak Perseorangan Terhadap Pengeluaran Konsumsi Dan Tabungan
Dalam analisis ini kita asumsikan bahwa seseorang menabung dengan tujuan untuk melakukan konsumsi pada suatu waktu yang akan datang. Peghasilan seseorang dapat digunakan untuk dua tujuan, yaitu untuk konsumsi dan untuk tabungan (Y = C + S), jadi pertimbangan seseorang untuk melakukan pengeluaran untuk konsumsi atau menabung.
b.      Pengaruh Pajak Perseorangan Terhadap Konsumsi Suatu Barang
Kita misalkan pajak perseorangan merupakan pajak yang harus di bayar oleh setiap orang dalam jumlah yang sama, kemudian kita analisis mengenai pengaruh pajak perseorangan tersebut terhadap pola pengeluaran seseorang.
c.       Pengaruh Pajak Perseorangan Terhadap Penawaran Tenaga Kerja
Pajak perseorangan yang berupa pungutan yang jumlahnya telah ditentukan menyebabkan pendapatan yang diterima harus digunakan sebagian untuk membayar pajak dalam jumlah yang sama dan besarnya tidak tergantung lamanya ia bekerja. Bahkan orang tersebut harus tetap membayar pajak perseorangan walaupun ia tidak bekerja sama sekali. Orang yang harus membayar pajak perseorangan menyebabkan ia bekerja lebih lama dari sebelum ada pajak.
d.      Pengaruh Pajak Perseorangan Terhadap Pemilihan Bentuk Tabungan
Seseorang dapat menyimpan uangnya dalam bentuk uang tunai dimana simpanan dalam bentuk ini mempunyai tingkat resiko yang sangat rendah, bahkan dikatakan simpanan dalam bentuk tunai tidak mempunyai resiko ama sekali. Yang dimaksud resiko dalam hal ini adalah resiko penurunan nilai tabungan. Sebaliknya, ada bentuk tabungan yang mempunyai tingkat resiko yang sangat tinggi, misalnya tabungan dalam bentuk saham.
e.       Pengaruh Pajak Penghasilan Terhadap Penawaran Tenaga Kerja
Pajak penghasilan selain mempunyai efek pendapatan (income effect), juga mempunyai efek substitusi (substitution effect). Adanya pajak penghasilan menyebabkan pendapatan yang diterima oleh seseorang harus dikurangi untuk membayar pajak. Karena sesorang yang bekerja lebih memperhatikan pendapatan netto daripada pendapatan bruto, maka efek substitusi menunjukkan sikap seseorang yang mengurangi jam kerjanya.
·         Apa dampak ekonomi dari pajak-pajak pendapatan dan konsumsi; pajak atas pengeluaaran?
-Perangsang kerja dan penawaran akan tenaga kerja
-Persediaan relatif tenaga kerja
-Pajak Atas Pengeluaran

B.     Penerimaan pemerintah

·         Apa saja sumber-sumber penerimaan negara?
Penerimaan pemerintah kita artikan sebagai penerimaan pemerintah dalam arti yang seluas-luasnya yaitu meliputi penerimaan pajak, penerimaan yang diperoleh dari hasil penjualan barang dan jasa yang dimiliki dan dihasilkanoleh pemerintah, pinjaman pemerintah, mencetak uang, dan sebagainya. Cara-cara yang dapat ditempuh pemerintah untuk mendapatkan uang pada intinya dapat digolongkan sebagai berikut:
1.      .Keuntungan dari Perusahaan-perusahaan Negara
2.      Masyarakat
3.      .Uang Kertas
4.      dari Undian Negara
·         Apa saja beban distribusi pemerintah?
Hal penting dari inventarisasi sumber-sumber keuangan pemerintah di atas adalah pemecahan masalahmengenai prinsip-prinsip yang harus ditempuh untuk mendistribusikan beban pemerintah kepada anggota-anggota masyarakat. Pajak di samping sebagai sumber penerimaan negara yang utama (fungsi budget) juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai alat untuk mengatur dan mengawasi kegiatan-kegiatan swasta dalam perekonomian (fungsi pengatur).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.