.

Sabtu, 06 Mei 2017

PENGELUARAN ANGGARAN DALAM PEREKONOMIAN

@B27-Indah

Oleh: Indah Puspa Murni

Abstrak
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah suatu sistem akuntansi yang menggambarkan seluruh penerimaan yang diharapkan dan pengeluaran yang diperkirakan oleh pemerintah selama satu tahun. Anggaran merupakan hal penunjang bagi sebuah Negara. Dimana kebutuhan Negara dapat terpenuhi jika memiliki anggaran yang besar. Negara yang maju memiliki anggaran pengeluaran lebih rendah dibandingkan dengan anggaran pendapatan. Dalam anggaran pengeluaran terdapat beberapa golongan sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu artikel ini dibuat untuk mengetahui golongan pengeluaran anggaran dalam perekonomian.

Keyword: Pengeluaran Anggaran, APBN, dan Pengeluaran Negara

A.     PENDAHULUAN
Pengeluaran anggaran mencerminkan kebijakan pemerintah. Apabila pemerintah telah menetapkan suatu kebijakan untuk membeli barang dan jasa, penegeluaran pemerintah mencerminkan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah untuk melaksanakan kebijakan tersebut.
Negara indonesia merupakan negara berkembang. Perkembangan tersebut terlihat jelas dari sistem perekonomian indonesia yang kurang stabil. Dimana dalam anggaran pembelanjaan lebih besar dibandingkan dengan anggaran pendapatan. Hal tersebut yang menjadikan salah satu penyebab meningkatnya hutang Negara. Terdapat beberapa golongan pengeluaran Negara. pengeluaran Negara adalah pengeluaran pemerintah menyangkut pengeluaran untuk membiayai program-program dimana pengeluaran itu ditujukan untuk pencapaian kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

B.     PERMASALAHAN
  1. Pengertian pengeluaran negara?
  2. Sifat – sifat pengeluaran negara?
  3. Macam – macam pengeluaran Negara?
  4. Prinsip pokok pengeluaran Negara?
  5. Pengaruh ekonomi terhadap pengeluaran Negara?

C.     PEMBAHASAN

1. Pengeluaran Negara.
Pengeluaran Pemerintah merupakan bagian dari kebijakan fiskal yaitu suatu tindakan pemerintah untuk mengatur jalannya perekonomian dengan cara menentukan besarnya penerimaan dan pengeluaran pemerintah setiap tahunnya, yang tercermin dalam dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk nasional dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk daerah atau regional. Tujuan dari kebijakan fiskal ini adalah dalam rangka menstabilkan harga, tingkat output, maupun kesempatan kerja dan memacu atau mendorong pertumbuhan ekonomi (Menurut Merri. Anitasari dan Ahmad. Soleh)

2. Sifat – sifat pengeluaran Negara

a.      Bersifat ekhsautif 
     Pengeluaran pemerintah yang ada kontra prestasinya yaitu pembelian barang atau jasa dalam perekonomian baik untuk konsumsi maupun untuk menghasilkan barang lagi atau produksi.
b.      Bersifat transfer
           Pengeluaran pemerintah yang tidak ada kontra prestasinya yaitu berupa penyimpangan atau pemindahan.

3. Macam – macam pengeluaran Negara
a.      Pengeluaran yang save liquiditing

       Pengeluaran pemerntah akan mendapatkan timbal balik dari masyarakat untuk menerima jasa-jasa atau barang-barang yang bersangkutan.
b. Pengeluaran yang reproduktif
     Pengeluaran negara yang berakibat masyarakat dapat melakukan usaha dan meningkatkan penghasilannya. Sehingga dengan begitu pemerintah akan menerima pendapatan masyarakat dari pajak.
c. Pengeluaran yang tidak reproduktif
          Pengeluaran untuk membuat monumen yang tidak menghasilkan pemasukan kembali
d. Pengeluaran yang akan menghemat dimasa datang

      Misalnya penyantunan anak yatim, kalau dimulai sejak dini biayanya lebih ringan daripada kalau terlambat.

4. Prinsip Pokok Pengeluaran Negara
a. Prinsip atau azas moralita
Kumpulan nilai-nilai yang dipikul oleh masyarakat atau bangsa misalnya nilai agama, etika, social, adat-istiadat, dan kebudayaan.

b. Prinsip Nasionalita
Suatu azas yang menjadi dasar tugas dan pelaksanaan tugas pemerintah serta merupakan identitas bangsa.

c. Prinsip Kerakyatan
Rakyat merupakan pihak yang harus dilayani tetapi rakyat juga sebagai pemilik modal(pemegang kedaulatan) sehingga keungan negara tidak boleh merugikan rakyat.

d.  Azas Rasionalitas
Azas ini mengharuskan bahwa segala tindakan pemerintah hendaknya didasarkan pada penggunaan akal sehat.

e.   Azas fungsionalita
Pembagian tugas dan pembagian kekuasaan.

f.  Azas perkembangan
Pengeluaran untuk pembangunan.

g.  Azas keseimbangan dan keadilan
Berkaitan dengan keselarasan dan keserasian, keseimbangan dalam arti hubungan beberapa variable dalam proporsi yang tepat dan adil. hukum dan keadilan social.


5. Pengaruh ekonomi terhadap pengeluaran Negara
a. Pengaruh Pengeluaran Negara Terhadap Sektor Produksi

Contoh: Pengeluaran negara secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap sektor produksi barang dan jasa.

b. Pengaruh Pengeluaran Negara Terhadap Sektor Distribusi
Contoh: Subsidi yang diberikan oleh masyarakat sehingga masyarakat yang kurang mampu dapat menikmati barang/jasa yang dibutuhkan, misalnya subsidi listrik, pupuk, BBM, dll.

c. Pengaruh Pengeluaran Negara Terhadap Sektor Masyarakat

Contoh: Pengeluaran negara yang berupa kebijakan pengurangan BBM yang menyebabkan harga BBM naik dan kenaikan harga tersebut menyebabkan konsumsi BBM menurun. kebijkan pengurangan ini dilakukan karena banyak masyarakat yang mampu memanfaatkan subsidi BBM ini dengan tidak bijaksana sehingga mengambil hak milik masyarakat kurang mampu.

D.   KESIMPULAN

     Pengeluaran Negara adalah pengeluaran pemerintah menyangkut pengeluaran untuk membiayai program-program dimana pengeluaran itu ditujukan untuk pencapaian kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. pengeluaran negara memiliki beberapa golongan yaitu: Pengeluaran yang save liquiditing, Pengeluaran yang reproduktif,  Pengeluaran yang tidak reproduktif, Pengeluaran yang akan menghemat dimasa datang. Dimana dari penggolongan tersebut memiliki tujuan yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan yang ada.

E.    DAFTAR PUSTAKA


Lina. 2013. Pengeluaran Negara dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian. Tersedia: http://www.tugassekolah.info/pengeluaran-negara-dan-pengaruhnya-terhadap-perekonomian/. Diakses: 17 April 2013.

Akmika. 2010. Pengeluaran Negara. Tersedia: http://akmika.blog.uns.ac.id/2010/05/06/3/. Diakses: 6 May 2010

Furqon, Baid. 2012. Pengeluaran Negara. Tersedia: http://redballeralfurqon.blogspot.co.id/2012/02/pengeluaran-negara.html. Diakeses: 18 Februari 2012

Pratiwi, Annisa. 2012. Makalah Pengeluaran Negara. Tersedia: http://ichatiwistar.blogspot.co.id/2012/01/makalah-pengeluaran-negara.html. Diakses: 7 Januari 2012


Nurmubarok, Ilman. 2012. Pengeluaran Negara. Tersedia: http://ilmanmilanist.blogspot.co.id/2012/06/pengeluaran-negara.html. Diakses: 6 Juni 2012







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.