@A06-ARI
Oleh: Ari Mustofa
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu
bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu
harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai
"monopolis".
Sebagai
penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi
harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin
sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu
pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan
dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan
menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi
(pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap
(black market). (MENURUT WIKIPEDIA)
Contoh
pasar monopoli
Seperti
pada pasar persaingan sempurna maka pada pasar monopili jugs sulit ditemukan
sebuah perusahan yang benar-benar seratus persen bersifat monopoli. Yang bisa
kita temui hanyalah perusahaan-perusahaan yang hampir mendekati monopoli.
Beberapa produk (barang atau jasa) yang pasarnya dapat dikatakan mendekati
monopili, antara lain : Telkom, PLN, PT KAI, Pertamina, PDAM.
Ciri-Ciri
Pasar Monopoli
Dalam pasar monopoli hanya terdapat satu
penjual saja.
Barang atau jasa yang dihasilkan hanya
dapat dibeli dipasar monopoli dan tidak terdapat ditempat lain.
Barang yang diproduksi atau dijual tidak
terdapat barang penggantinya.
Terdapat hambatan atau rintangan (barries)
bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.
Pelaku pasar monopoli dapat menentukan
harga barang sesuai harga barang keinginannya.
Karena sifat monopolinya menyebabkan
perusahaan tidak memerlukan promosi atau ikan untuk menawarkan produknya.
Faktor-Faktor
Yang Menimbulkan Pasar Monopoli:
1.
Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak
dimiliki oleh perusahaan lain
2.
Perusahaan monopoli pada umunya dapat menikmati skala ekonomi (economies of
scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3.
Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,yaitu pemerintah memberi
hak monopoli kepada perusaan tersebut.
Macam-Macam
Monopoli
1. Monopoli by law
Monopoli
oleh Negara untuk cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai
hajat hidup orang banyak.
2. Monopoli by nature
Monopoli
yang lahir dan tumbuh secara alami karena didukung iklim dan lingkungan
tertentu.
Kelebihan
dan Kelemahan pasar Monopoli
Kelebihan
Pasar monopoli selalu melakukan sebuah
inovasi untuk tetap dapat bertahan
Pasar monopoli bisa melakukan sebuah
penelitian dan pengembangan produk
Pasar monopoli dapat meningkatkan daya
saing bila diperoleh karena sebuah kemampuan efisiensi
Pasar monopoli bisa dengan mudah mengontrol
orang banyak bila monopoli dilakukan Negara
Kelemahan
Adanya sebuah ketidak adilan karena
keuntungan banyak dinikamti oleh sih produsen
Tidak efisiensinya biaya produksi, karena
sebuah perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos
produksi atau sering disebut dengan timbulnya pemborosan.
Konsumen merasa sangat berat karena harus
membeli barang dengan harga tinggi
Adanya unsur sebuah eksploitasi terhadap
konsumen dan memiliki faktor produksi.
DAFTAR
PUSTAKA
Artikel
ini dikutip dari beberapa sumber
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-ciri-dan-jenis-jenis-pasar-monopoli-beserta-contohnya-lengkap/
bitarPosted on 10/12/2016
http://www.kitapunya.net/2015/08/pengertian-ciri-ciri-dan-contoh-pasar-monopoli.html
hidayat, rahmat 8/14/15
http://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-dan-contohnya.html
THURSDAY, 3 SEPTEMBER 2015 EKONOMI, PELAJARAN IPS
http://www.pelajaransekolahonline.com/2016/23/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-macam-macam-dan-contoh.html
By Mas MinPosted on November 23, 2016
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopoli
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.