Pengertian pasar secara sempit diartikan sebagai tempat bertemunya
antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang ataupun jasa.
Akan tetapi ada pula pasar yang tidak mempertemukan antara penjual dan pembei,
misal saja pasar saham.
Maka dari itu, pasar juga dapat diartikan secara luas, yakni suatu proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Dengan demikian, kita dapat merangkum kedua arti pasar tersebut menjadi pengertian pasar secara umum, adalah suatu tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sehingga dapat menetapkan harga.
Maka dari itu, pasar juga dapat diartikan secara luas, yakni suatu proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Dengan demikian, kita dapat merangkum kedua arti pasar tersebut menjadi pengertian pasar secara umum, adalah suatu tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sehingga dapat menetapkan harga.
Pasar persaingan
sempurna ialah suatu pasar dimana terdapat kekuatan dari permintaan bisa
penawaran yang bisa secara bebas bergerak. Pasar persaingan sempurna
adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi
harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan
interaksi antara penawaran dan permintaan.
karakteristik pasar persaingan sempurna:
1. HOMOGENITAS
PRODUK
Barang
yang dihasilkan semua perusahaan sama (homogen) atau serupa. Kondisi ini
membuat pembeli sulit membedakan perusahaan penghasil produk dan tidak ada
gunanya bagi para produsen untuk bersaing.
2. PENJUAL
DAN PEMBELI MEMILIKI PENGETAHUAN SEMPURNA
Maksudnya
ialah baik penjual maupun pembeli sama-sama memiliki pengetahuan yang baik
tentang harga dan input produk yang dijual. Hal ini membuat penjual dan pembeli
tidak bisa mempengaruhi harga pasar.
3. PRODUSEN
MUDAH KELUAR-MASUK PASAR
Bila
sebuah perusahaan mengalami kerugian dan ingin meninggalkan industri, pilihan
tersebut mudah dilakukan. Begitu juga bila ada produsen yang ingin masuk dalam
industri yang cenderung sangat mudah. Tidak ada hambatan yang berarti akan hal
ini.
4. HARGA
MURNI HASIL PENAWARAN DAN PERMINTAAN (SUPPLY AND DEMAND)
Perusahaan
tidak dapat semena-mena meningkatkan harga jual, karena harga jual murni hasil
dari banyaknya penawaran dan permintaan yang ada di pasar. Menariknya, selama
masih dalam taraf normal, harga jual pada pasar persaingan sempurna bebas naik
turun tanpa campur tangan pemerintah.
Kelebihan Dan Kekurangan Pasar
Persaingan Sempurna
·
Pada
sistem harga pasar persaingan sempurna, dijelaskan bahwa produsen dan
konsumen tidak bisa mempengaruhi harga pasaran. Dengan kata lain, harga pasaran
relatif stabil dan bila digambarkan dengan kurva bentuknya garis lurus
mendatar.
·
Kurva
untuk pasar persaingan sempurna sendiri memiliki dua jenis, yakni kurva yang
menggambarkan keuntungan maksimum atau kerugian minimum.
System pembentukan
harga dalam pasar persaingan sempurna
Pada
sistem harga pasar persaingan sempurna, dijelaskan bahwa produsen dan
konsumen tidak bisa mempengaruhi harga pasaran. Dengan kata lain, harga pasaran
relatif stabil dan bila digambarkan dengan kurva bentuknya garis lurus
mendatar.
Kurva
untuk pasar persaingan sempurna sendiri memiliki dua jenis, yakni kurva yang
menggambarkan keuntungan maksimum atau kerugian minimum.
Berapapun
jumlah barang atau produk yang dibeli dan dijual tidak akan membuat harga naik
atau turun.
Dalam
jangka waktu pendek, kurva berbentuk garis vertikal, karena harga ditentukan
permintaan pasar. Dalam jangka panjang harga akan naik atau turun tergantung
pada permintaan komoditi dan faktor lain yang mempengaruhi.
Dalam
jangka panjang hukum supply and demand atau
hukum penawaran dan permintaan tetap berlaku. Dimana jika penawaran naik, dan
permintaan turun, maka harga akan ikut turun, dan ketika penawaran turun, dan
permintaan naik, maka harga akan ikut naik.
Dalam
sejumlah makalah pasar persaingan sempurna, struktur ini merupakan pasar yang
paling ideal. Namun, dalam keseharian kesempurnaan tersebut tidak ditemukan.
Dengan
kata lain, ini adalah struktur pasar yang hanya ada secara teori. Meski
demikian, pasar global saat ini tengah coba mengembangkan model pasar
persaingan sempurna dengan bantuan teknologi modern.
Contoh pasar
persaingan sempurna
Dalam kenyataan sehari-hari bentuk pasar yang benar-benar
bersifat persaingan sempurna sangat sulit ditemukan, yang ada hanyalah
kecenderungan mendekati ke bentuk pasar persaingan sempurna. Contoh konkret
bentuk pasar yang paling mendekati pasar persaingan sempurna adalah pasar
barang-barang atau komoditii makanan pokok, seperti pasar berass. Dlam pasar
beras dapat dijelaskan hubungan antara penjual/produsen dengan pembeli atau
konsumen dapat dikatakan mendekati ciri-ciri pasar persaingan sempurna sebagai
berikut :
§
Dalam pasar komoditi beras jumlah penjual dan pembeli
sangat banyak
§
Penjual dan pembeli secara perorangan tidak akan mampu
mempengaruhi harga
§
Komoditi beras dapat dikatakan komoditi yang relatif
homogen, kalaupun ada perbedaan rasa atau mutu akan berakibat adanya perbedaan
harga.
§
Harga yang terbentuk pada pasar beras adalah hasil
kekuatan tarik-menarik antara penawaran beras dan permintaan beras. Walaupun
kenyataannya di Indonesia masih ada campur tangan pemerintah dalam stabilisasi
harga beras, yaitu melalui peran Bulog (badan urusan logistik), namun peran
Bulog inipun sudah semakin kecil.
Adanya campur tangan pemerintah dalam pengendalian harga
komoditas pertanian seperti beras sebenarna menjadikan pasar beras kurang tepat
kalu disebut dengan persaingan sempurna, lebih tepatnya hanya mendekati pasar
persaingan sempurna.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.