Oleh:
Herdikma Muhammad
Abstrak
Berbicara
mengenai fungsi pasar tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari
pembahasan mengenai fungsi, peranan, asal mula dan lain sebagaianya. Pasar
merupakan salah satu tempat sakral di dunia perekonomian menjadi ikon dari
segala kegiatan dan aktivitas perekonomian. Hal ini dikarenakan di dalam
pasarlah semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat melaksanakan kegiatan
ekonomi yang merupakan salah satu kebutuhan dalam hidupnya. Dengan adanya
sebuah kebutuhan inilah pasar menjelma menjadi sebuah tempat yang mampu menjadi
tempat mencari dan mencapai sebuah tujuan dengan berbagai jenis yang sesuai
dengan kebutuhan masyarakat.
Pendahuluan
Di suatu
negara ada juga yang menerapkan kegitan monopoli di dalam suatu pasar.
Kegiatan tersebut juga sangat berpengaruh pada perekonomiandi suatu negara.
Maka dari itu sebelum menginjak lebih jauh kegiatan monopoli ini kita
lebih baik menganalisa kegitan monopoli di dalam artikel.
Dengan
pembuatan artikrl ini diharapkan kita dapat mengetahui pengertian dan ciri-ciri
pasar monopoli. Kita juga dapat mengetahui factor-faktor timbulnya monopoli dan
macam-macam monopoli. Selain itu, kita dapat mengetahui kelebihan serta
kelemahan pasar monopoli.
Rumusan Masalah
1.Apa yang
dimaksud dengan pasar monopoli?
2.Apa
ciri-ciri pasar monopoli?
3.Apa faktor timbulnya
pasar monopoli?
4.Apa
macam-macam monopoli?
5.Apa
kelebihan dan kelemahan pasar monopoli?
Pembahasan
A. Pasar Monopoli
Pasar
monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein,
menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai
pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut
sebagai "monopolis".
Sebagai
penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi
harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin
sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu
pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan
dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan
menunda (Wikipedia)
B. Ciri-Ciri Pasar Monopoli
-Dalam pasar
monopoli hanya terdapat satu penjual saja.
-Barang atau
jasa yang dihasilkan hanya dapat dibeli dipasar monopoli dan tidak terdapat
ditempat lain.
-Barang yang
diproduksi atau dijual tidak terdapat barang penggantinya.
-Terdapat
hambatan atau rintangan (barries) bagi perusahaan baru yang akan
masuk ke dalam pasar monopoli.
-Pelaku pasar
monopoli dapat menentukan harga barang sesuai harga barang keinginannya.
-Karena sifat
monopolinya menyebabkan perusahaan tidak memerlukan promosi atau ikan untuk
menawarkan produknya.
C. Faktor Timbulnya Pasar Monopoli
-Perusahaan
monopoli hanya memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki
oleh perusahaan lain.
-Perusahaan
monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi
yang sangat tinggi.
-Monopoli
wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak
monopoli kepada perusahaan tersebut.
D. Macam-Macam Monopoli
-Monopoli by
Law. Yaitu monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi
negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
-Monopoli by
Nature. Yaitu monopoli yang lahir dan berkembang secara alamiah karena didukung
iklim dan lingkungan hidup tertentu.
-Monopoli by
Lisence. Yaitu izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
(http://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-dan-contohnya.html)
(http://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-dan-contohnya.html)
E. Kelebihan dan Kelemahan Pasar
Monopoli
Kelebihan
-Pasar
monopoli selalu melakukan inovasi untuk tetap bisa bertahan
-Pasar
monopoli mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
-Pasar
monopoli bisa meningkatkan daya saing jika diperoleh karena kemampuan efisiensi
-Pasar
monopoli dapat dengan mudah mengontrol orang banyak jika monopoli dilakukan
Negara
Kelemahan
-Adanya
ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen
-Tidak
efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan
secara penuh -penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya
pemborosan.
-Konsumen
merasa berat karena harus membeli barang dengan harga tinggi.
-Adanya unsur
eksploitasi terhadap konsumen dan pemiliki faktor produksi.
Daftar
Pustaka:
Wikipedia.
2017. Pasar monopoli. https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopoli
(Diakses Tanggal 9 April 2017)
Anonim. 2015. Pengertian Pasar Monopoli, Ciri-ciri dan
Contohnya. http://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-dan-contohnya.html
(Diakses Tanggal 9 April 2017)
Kurniawan, Yusuf. 2013. CONTOH MONOPOLI, DUOPOLI, OLIGOPOLI, DAN MONOPOLISTIK. http://darealekonomi.blogspot.co.id/2015/03/contoh-monopoli-duopoli-oligopoli-dan.html#comment-form
(Diakses Tanggal 9 April 2017)
Anonim. 2017. Pengertian dan Ciri-Ciri Pasar Monopoli. https://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-monopoli/
(Diakses Tanggal 9 April 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.