Oleh : Tania Iswara
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Supaya lebih akurat kita masukan dimensi geografis. Misalnya ketika berbicara tentang permintaan pakaian di Jakarta, kita berbicara tentang berapa jumlah pakaian yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga dalam satu periode waktu tertentu, per bulan atau per tahun, di Jakarta.
Penawaran adalah
jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga
selama satu periode tertentu. Faktor-faktor yang menentukan tingkat penawaran
adalah harga jual barang yang bersangkutan, serta faktor-faktor lainnya yang
dapat disederhanakan sebagai faktor nonharga.
Beberapa faktor yang mempengaruhi
permintaan yaitu :
- Harga. Apabila
jumlah barang yang diminta menurun ketika harga meningkat, dan jumlahnya
meningkat ketika harga menurun, maka dapat kita katakan bahwa jumlah
barang yang diminta berhubungan negatif dengan harga. Tinggi rendahnya
perubahan permintaan juga tergantung dari jenis barang kebutuhan. Barang
kebutuhan pokok tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan harga, sementara
barang kebutuhan sekunder atau barang mewah sangat peka terhadap adanya
perubahan harga.
- Pendapatan. Tidak
dapat dipungkiri bahwa pendapatan merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi permintaan. Pendapatan seseorang memang sangat berpengaruh
terhadap permintaan barang dipasar. Seseorang yang berpendapatan tinggi
tidak begitu berpikir soal tinggi rendahnya harga karena bagi mereka uang
bukanlah masalah besar. Sebaliknya, mereka yang berpendapatan renda harus
berpikir berulang kali untuk membeli barang meskipun kadang – kadang
secara umum harga barang dikatakan murah.
- Harga
barang lain yang berkaitan. Harga barang lain yang berkaitan
mempengaruhi permintaan karena apabila naiknya harga barang yang satu akan
berakibat pada naiknya permintaan barang yang lain. Begitupula sebaliknya.
- Selera
konsumen. Selera adalah salah satu faktor yang sangat kuat dalam
mempengaruhi permintaan. Berapapun harga barang diturunkan, jika konsumen
tidak memiliki selera untuk menggunakan barang tertentu, maka tidak
terjadi permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya walaupun harga
barang tinggi, namun selera konsumen juga tinggi, maka tetap terjadi
permintaan.
- Perkiraan. Perkiraan
terhadap situasi masa yang akan datang juga berpengaruh terhadap
permintaan. Misalkan jika kita memperkirakan bahwa kita akan mendapatkan
banyak uang minggu depan, maka kita tidak akan ragu-ragu untuk
membelanjakan uang kita hari ini.
Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu :
- 1. Biaya produksi dan tekhnologi yang digunakan
Jika biaya produksi/pembuatan suatu produk sangat tinggi maka
produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena
takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku
terjual.dengan adanya tekhnologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi
sehingga memicu penurunan harga.
- 2. Tujuan perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya
(profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar
sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan
menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat
keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat
konsumen.
- 3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi
sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen
yang turun.
- 4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang
murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga
terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
- 5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan
mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa
menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
Hukum permintaan dan
penawaran
Hukum Permintaan
”Semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin
banyak barang tersebut yang diminta, dan sebaliknya. Semakin tinggi tingkat
harga suatu barang, akan semakin sedikit permintaan barang tersebut (cateris
paribus)”.
Hukum Penawaran
”Menyatakan semakin tinggi tingkat
harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan , dengan
anggapan cateris paribus”
Fungsi Permintaan dan
Penawaran
Fungsi permintaan
adalah permintaan yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor
yang mempengaruhinya. Dengan fungsi permintaan, maka kita dapat mengetahui
hubungan antara variable tidak bebas dan
variable-variabel bebas.
Fungsi Penawaran
adalah penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor
yang mempengaruhinya. Penjelasan di muka dapat ditulis dalam bentuk persamaan
matematis yang menjelaskan hubungan antara tingkat penawaran dengan
faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
Kesimpulan
Hukum permintaan dalam ekonomi menyebutkan makin
tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan
sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang
diminta. Sepertinya dalil hukum permintaan itu tidak berlaku pada saat bulan
Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul fitri. Meskipun harga-harga melangit,
masyarakat tetap bersemangat untuk mencukupi kebutuhannya, terutama kebutuhan
pangan
Daftar Pustaka
1. Manurung, Mandala dan Prathama Raharja. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
(diakses 13 Maret 2017)
3. Rachman, Arif. 2011. Permintaan dan Penawaran.
(diakses 13 Maret 2017)
4. Rusdian, Leily. 2014. Makalah Permintaan dan Penawaran
(diakses 13 Maret 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.