.

Senin, 13 Maret 2017

Permintaan dan Penawaran

@A30-Tania

Oleh : Tania Iswara

Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Supaya lebih akurat kita masukan dimensi geografis. Misalnya ketika berbicara tentang permintaan pakaian di Jakarta, kita berbicara tentang berapa jumlah pakaian yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga dalam satu periode waktu tertentu, per bulan atau per tahun, di Jakarta.
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu. Faktor-faktor yang menentukan tingkat penawaran adalah harga jual barang yang bersangkutan, serta faktor-faktor lainnya yang dapat disederhanakan sebagai faktor nonharga. 
Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu :
  1. Harga. Apabila jumlah barang yang diminta menurun ketika harga meningkat, dan jumlahnya meningkat ketika harga menurun, maka dapat kita katakan bahwa jumlah barang yang diminta berhubungan negatif dengan harga. Tinggi rendahnya perubahan permintaan juga tergantung dari jenis barang kebutuhan. Barang kebutuhan pokok tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan harga, sementara barang kebutuhan sekunder atau barang mewah sangat peka terhadap adanya perubahan harga.
  2. Pendapatan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pendapatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan. Pendapatan seseorang memang sangat berpengaruh terhadap permintaan barang dipasar. Seseorang yang berpendapatan tinggi tidak begitu berpikir soal tinggi rendahnya harga karena bagi mereka uang bukanlah masalah besar. Sebaliknya, mereka yang berpendapatan renda harus berpikir berulang kali untuk membeli barang meskipun kadang – kadang secara umum harga barang dikatakan murah.
  3. Harga barang lain yang berkaitan. Harga barang lain yang berkaitan mempengaruhi permintaan karena apabila naiknya harga barang yang satu akan berakibat pada naiknya permintaan barang yang lain. Begitupula sebaliknya.
  4. Selera konsumen. Selera adalah salah satu faktor yang sangat kuat dalam mempengaruhi permintaan. Berapapun harga barang diturunkan, jika konsumen tidak memiliki selera untuk menggunakan barang tertentu, maka tidak terjadi permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya walaupun harga barang tinggi, namun selera konsumen juga tinggi, maka tetap terjadi permintaan.
  5. Perkiraan. Perkiraan terhadap situasi masa yang akan datang juga berpengaruh terhadap permintaan. Misalkan jika kita memperkirakan bahwa kita akan mendapatkan banyak uang minggu depan, maka kita tidak akan ragu-ragu untuk membelanjakan uang kita hari ini.
Beberapa  faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu :
  1. 1.     Biaya produksi dan tekhnologi yang digunakan
Jika biaya produksi/pembuatan suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual.dengan adanya tekhnologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
  1. 2.       Tujuan perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
  1. 3.       Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
  1. 4.       Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
  1. 5.       Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

Hukum permintaan dan penawaran
Hukum Permintaan
”Semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin banyak barang tersebut yang diminta, dan sebaliknya. Semakin tinggi tingkat harga suatu barang, akan semakin sedikit permintaan barang tersebut (cateris paribus)”.
Hukum Penawaran
”Menyatakan semakin tinggi tingkat harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan , dengan anggapan cateris paribus”

Fungsi Permintaan dan Penawaran
Fungsi permintaan adalah permintaan yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan fungsi permintaan, maka kita dapat mengetahui hubungan  antara variable tidak bebas dan variable-variabel bebas.
Fungsi Penawaran adalah penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penjelasan di muka dapat ditulis dalam bentuk persamaan matematis yang menjelaskan hubungan antara tingkat penawaran dengan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

Kesimpulan

Hukum permintaan dalam ekonomi menyebutkan makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Sepertinya dalil hukum permintaan itu tidak berlaku pada saat bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul fitri. Meskipun harga-harga melangit, masyarakat tetap bersemangat untuk mencukupi kebutuhannya, terutama kebutuhan pangan

Daftar Pustaka
1. Manurung, Mandala dan Prathama Raharja. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
2. Tyas. 2017. Permintaan dan Penawaran. 
(diakses 13 Maret 2017)
3. Rachman, Arif. 2011. Permintaan dan Penawaran.
(diakses 13 Maret 2017)
4. Rusdian, Leily. 2014. Makalah Permintaan dan Penawaran
(diakses 13 Maret 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.