Oleh : Anifia Adriati
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau
organisasi dalam mencari, membeli, memakai, mengevaluasi, dan membuang produk
ataupun jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. (Menurut Sora N)
Ciri-ciri
perilaku konsumen terbagi atas 2, yaitu :
1.
Ciri-ciri perilaku
konsumen yang bersifat Rasional:
·
Kosumen memilih barang yang
berdasarkan dengan kebutuhannya.
·
Barang yang dipilih oleh konsumen
memberikan manfaat atau kegunaan yang optimal bagi konsumen.
·
Konsumen memilih barang yang
kualitasnya terjamin.
·
Konsumen memilih barang yang
harganya sesuai kemampuan atau daya belinya.
2.
Ciri-ciri perilaku
konsumen yang bersifat Irrasional:
·
Konsumen cepat tertarik dengan iklan
ataupun promosi di media cetak maupun media elektronik.
·
Konsumen memiliki barang-barang
bermerek yang sudah terkenal atau dikenal luas.
·
Konsumen memilih barang bukan
berdasarkan kebutuhannya, melainkan karena gengsi atau prestise.
Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Perilaku Konsumen
·
Faktor-faktor Budaya
- Budaya : Serangkaian nilai, persepsi,
keinginan, dan perilaku dasar yang dipelajari oleh anggota masyarakat dari
keluarga dan instansi penting lain.
- Sub-budaya : kelompok orang yang memiliki
sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang
serupa.
- Kelas Sosial : Pembagian kelompok masyarakat
yang relatif permanen dan relatif teratur dimana anggota memiliki nilai,
minat dan perilaku yang serupa.
·
Faktor-faktor Sosial.
- Kelompok : Dua atau lebih sekelompok orang
yang berinteraksi untuk memenuhi tujuan individu atau tujuan bersama.
- Keluarga.
- Peran dan Status. ( Peran terdiri dari sejumlah
aktivitas yang diharapkan untuk dilakukan menurut orang-orang di
sekitarnya, Tiap peran membawa status yang mengambarkan penghargaan umum
terhadap peran tersebut oleh masyarakat.
·
Faktor-faktor Pribadi
- Umur dan Tata Siklus Hidup,
- Pekerjaan.
- Situasi Ekonomi.
- Gaya Hidup : Pola hidup seseorang
yang tergambarkan pada aktivitas, interest, dan opinion ( AIO ) orang
tersebut.
- Kepribadian dan Konsep Diri. (
Kepribadian, sikologis yang membedakan seseorang yang menghasilkan
tanggapan secara konsisten dan terus-menerus terhadap lingkungan. Konsep
Diri, adalah kepemilikan seseorang dapat menyumbang dan mencerminkan ke
identitas diri mereka )
·
Faktor-faktor Psikologis
- Motivasi, kebutuhan yang mendorong
seseorang secara kuat mencari kepuasan atas kebutuhan tersebut.
- Persepsi, Proses menyeleksi,
mengatur, dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran yang
berarti tentang dunia.
- Pembelajaran, perubahan perilaku
seseorang karena pengalaman.
- Keyakinan dan Sikap, ( keyakinan =
pemikiran deskriptif yang dipertahankan seseorang mengenai sesuatu. Sikap
merupakan evaluasi, perasaan dan kecenderungan yang konsisten atas suka
atau tidak seseorang terhadap suatu obyek atau ide (Menurut Abdurrahman)
Tipe Perilaku
Pembelian Konsumen
a. Perilaku Pembelian Kompleks
Perilaku pembelian
konsumen dalam situasi yang bercirikan adanya keterlibatan konsumen yang sangat
tinggi dalam membeli dan adanya persepsi yang signifikan mengenai perbedaan
diantara merek.
b. Perilaku Pembelian Pengurangan Disonansi.
Perilaku pembelian
dalam situasi dimana pembeli mempunyai keterlibatan yang tinggi tetapi melihat
hanya sedikit perbedaan antar merek.
c. Perilaku Pembelian Kebiasaan
Suatu situasi
dimana konsumen mempunyai keterlibatan rendah dan perbedaan yang tidak jauh
antar merek.
d. Perilaku Pembelian Pencarian Variasi.
Perilaku pembelian
konsumen dalam situasi dimana konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang
rendah tetapi mempersepsikan adanya perbedaan merek yang signifikan.
Pendekatan Perilaku Konsumen,
diantaranya ada 2 (dua) macam, yaitu:
Perilaku kardinal yaitu merupakan kepuasan individu atau seorang konsumen diukur
dengan satuan kepuasan.
Perilaku ordinal yaitu, dalam pendekatan ini daya guna suatu produk atau jasa
tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui saja dan konsumen mampu membuat
urutan tinggi – rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok
produk atau jasa.
Proses Pembentukan Perilaku Konsumen :
1.
Pengenalan Masalah.
Biasanya
seorang konsumen melakukan pembelian atas dasar kebutuhan atau untuk
menyelesaikan keperluan, masalah dan kepentingan yang dihadapi. Jika tidak ada
pengenalan masalah terlebih dahulu, maka konsumen juga tidak akan tahu produk
mana yang harus dibeli.
2.
Pencarian Informasi.
Setelah
mengetahui permasalahan yang dialami, maka pada saat itu seorang konsumen akan
aktif mencari tahu tentang bagaimana cara penyelesaian masalahnya tersebut.
Dalam mencari sumber atau informasi, seseorang dapat melakukannya dari diri
sendiri (internal) maupun dari orang lain (eksternal) seperti masukan, sharing pengalaman, dan lain
sebagainya.
3.
Mengevaluasi Alternatif.
Setelah
konsumen mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan
keputusan, maka hal selanjutnya yang dilakukan oleh konsumen tersebut adalah
mengevaluasi segala alternatif keputusan maupun informasi yang diperoleh.
Hal itu lah yang menjadi landasan dalam mengatasi permasalahan yang
dihadapi.
4.
Keputusan Pembelian.
Proses
selanjutnya setelah melakukan evaluasi pada alternatif-alternatif keputusan
yang ada adalah konsumen tersebut akan melalui proses yang disebut dengan
keputusan pembelian. Waktu yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan
ini tidak sama, yaitu tergantung dari hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam
proses pembelian atau pengambilan keputusan tersebut.
5.
Evaluasi Pasca-Pembelian.
Proses
lanjutan yang biasanya dilakukan seorang konsumen setelah melakukan proses dan
keputusan pembelian adalah mengevaluasi pembeliannya tersebut. Evaluasi yang
dilakukan mencakup pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti apakah barang
tersebut sudah sesuai dengan harapan, sudah tepat guna, tidak mengecewakan, dan
lain sebagainya. (Menurut Ir. Ciputra)
Daftar Pustaka :
Ciputra.2017.perilakukonsumen.http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen
Sora.2015.pengertianperilakukonsumendanmenurutparaahlilengkap.http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-perilaku-konsumen-dan-menurut-para-ahli-lengkap.html
adi,Abdurrahman.2011.pasarkonsumendanperilakupembeliankonsumen.https://abdurrahmanadi.wordpress.com/2011/01/19/pasar-konsumen-dan-perilaku-pembelian-konsumen/
Manurung,Mandala.2008.PengantarIlmuEkonomi.Jakarta:LembagaPenerbitFakultasEkonomiUniversitasIndonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.