.

Senin, 13 Maret 2017

Mengenal Mekanisme Pasar



Mekanisme Pasar

Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi adalah pertemuan anatara permintaan dan penawaran, dan pasar bersifat interaktif bukan fisik.
Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Namun, mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Mekanisme pasar terbagi menjadi dua yaitu permintaan dan penawaran .[tifah.r]

Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Adapun unsure-unsur yang terdapat pada permintaan yakni barang atau jasa, harga dan kondisi yang mempengaruhi. Jadi permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang dibeli dalam berbagai situasi dan tingkat harga. [tri handayani aff]

  1. Kurva Permintaan
Permintaan di tempatkan sebagai fungsi yang dipengaruhi oleh beberapa factor. Factor yang di maksid adalah harga, barang, atau jasa, selera dan pendapatan 
  1. Hukum Permintaan
Hukum permintaan berbunyi: apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan

3.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
  1. konsumen / selera konsumen.
  1. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
  1. Pendapatan/penghasilan konsumen
  1. Perkiraan harga di masa depan
  1. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
 


Pengertian penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:
  • Harga barang itu sendiri.
  • Harga sumber produksi.
  • Tingkat produksi.
  • Ekspektasi/perkiraan. 
 HARGA KESEIMBANGAN
Harga keseimbangan adalah harga dimana  baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan dijua.

Kegagalan Pasar
kegagalan pasar menurut Suherman Rosyidi (2009) lebih tepatnya adalah ketidakmampuan sebuah perekonomian pasar untuk berfungsi secara efisien dan menimbulkan keteguhan dalam kegiatan dan pertumbuhan ekonomi

Salah paham akan harga membawa kehancuran dimana-mana, termasuk kontrol harga itu sendiri, harga terkadang salah, harga kadang-kadang gagal berfungsi sebagai indicator yang baik dalam perekonomian. Mengapa harga menjadi sering salah? Penyebabnya pasar sering “terdistorsi” ini yang disebut dengan kegagalan pasar. Bagaimana agar harga dapat berfungsi sebagai indikator yang akurat? Perbaiki pasarnya. Perbaiki bukan berarti mempereteli tetapi mengembalikan pasar pada fungsi ideal. Artiya pemerintah harus hati-hati dalam memperbaiki pasar, jangan gegabah yang hanya kian merusak pasar itu sendiri. Istilah kegagalan pasar bisa berubah menjadi “kegagalan penataan” Kucuran aliran dana 6,7 triliun pada Bank “sakit” Century adalah bukti kegagalan penataan oleh pemerintah Indonesia.Pemerintah terkadang menyalahgunakan authority yang mereka miliki

Kebijakan dan Intervensi Pemerintah
Jika rakyat yang sangat merasakan dampak dari kegagalan pasar sebagai wujud kegagalan penataan oeh pemerintah dalam pasar nasional Indonesia maka komitmen pemerintah sangat diperlukan untuk mengurangi gap penguasaan aset ekonomi antara sebagian besar pelaku ekonomi kecil, menengah dan besar (konglomerat), gebrakan yang dilakukan pemerintah perlu mendapat dukungan besar dari berbagai pihak. Hasil yang diharapkan adalah terciptanya struktur ekonomi yang berimbang antar pelaku ekonomi dalam negeri, demi mengamankan pencapaian target pertumbuhan (Growth) ekonomi Indonesia. Gillis et.al, (1987) menyatakan kegagalan kebijakan ekonomi di era Orde Baru telah berimbas pada kegagalan pasar nasional sampai ke era Reformasi.[ Gillis et.al]  Keberpihakan terhadap kelompok usaha besar harus diubah, saatnya berlaku adil terhadap usaha kecil dan menengah.
kebijakan pemerintah dibedakan menjadi tiga bentuk. Membuat peraturan, menjalankan kebijakan fiskal dan moneter dan secara langsung melakukan kegiatan ekonomi.    [Sadono Sukirno]
1. Membuat peraturan Undang-undang

2. Menjalankan Kebijakan Fiskal dan Moneter

3. Melakukan Kegiatan Ekonomi Langsung


  SUMBER:

R,TIFFAH December 14, 2013,Mekanisme Pasar : Permintaan dan Penawaran


Handayani aff,tri,5 september 2016,Pengertian Permintaan dan Penawaran, serta Faktor-faktor Yang Mempengaruhi


anonim,tanpa tahun,Penawaran dan permintaan

 
Rahardja P dan M Manurung. Juni 18. 2001. Pengantar Ilmu Ekonomi. LPFEUI. Depok  

  lilianti,emma,23 april 2010,KEGAGALAN PASAR DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH
(MARKET FAILURE and GOVERNMENT INTERVENSI )
http://emmalilianti.blogspot.co.id/2010/04/jurnalmarket.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.