.

Senin, 13 Maret 2017

Mekanisme Pasar

@A28-Herdikma

Oleh: Herdikma Muhammad


Abstrak
Pada dunia pasar dari zaman ke zaman kita sangatlah akrab dengan yang namanya permintaan pelanggan dan tawar menawar, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang mekanisme pasar. Mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran. Mekanisme pasar terbagi menjadi dua yaitu permintaan dan penawaran.

Kata kunci:
Mekanisme pasar, permintaan, penawaran

A. PENDAHULUAN
Tujuan pelajaran ini adalah memahami bagaimana cara pasar beroperasi, bagaimana menentukan harga dan bagaimana transaksi dapat terjadi. Penggambaran dan penjelasan dua kekuatan pasar yaitu permintaan dan penawaran. Mempelajari Titik Keseimbangan. Kemudian menawarkan Kesimpulan dan Pelaksanaan.

B. PERMASALAHAN
Pengertian dari mekanisme pasar?
Apa saja faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran?

C. PEMBAHASAN
Mekanisme pasar adalah suatu proses penentuan tingkat harga berdasarkan dari kekuatan permintaan dan penawaran. Definisi mekanisme pasar yang lainnya yaitu kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan dari harga hingga pasar menjadi seimbang (jumlah yang penawaran sama dengan jumlah permintaan). Mekanisme pasar terbagi dua, yaitu permintaan dan penawaran.

Dibawah ini saya akan bahas pengertian dan faktor-faktor dari permintaan dan penawaran.

Permintaan dalam konteks ekonomi didefinisikan sebagai jumlah maksimum suatu barang atau jasa yang dikehendaki seorang pembeli untuk dibelinya pada setiap kemungkinan harga dalam jangka waktu tertentu (Menurut jurnal ekonomi & pendidikan)

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
-Harga dari barang itu sendiri,
-Harga barang yang terkait,
-Selera ataupun kebiasaan,
-Tingkat pendapatan perkapita,
-Jumlah penduduk di daerah tersebut,
-Perkiraan harga dimasa mendatang,
-Distribusi pendapatan,
-Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.

Penawaran adalah keinginan dari produsen untuk menawarkan atau menjual sejumlah barang pada berbagai macam tingkat harga selama satu periode tertentu. (Menurut Buku Ilmu Pengantar Ekonomi)

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penawaran:
-Harga dari barang itu sendiri,
-Harga barang yang terkait,
-Harga faktor produksi,
-Biaya dari produksi barang,
-Teknologi untuk memproduksi barang,
-Jumlah penjual,
-Tujuan dari perusahaan,
-Kebijakan dari pemerintah.

D. KESIMPULAN
Permintaan dan penawaran sebenarnya saling berketerkaitan, seseorang akan melakukan permintaan barang yang ia butuhkan,  setelah ia melakukan permintaan lalu ia akan melakukan penawaran pada barang tersebut untuk mendapatkan harga yang minimum.

Daftar Pustaka:
Manurung, M. & Rahardja, P. 2008.Pengantar Ilmu Ekonomi. LP-FEUI.Depok

Sora. 2015. Kenali Pengertian Mekanisme Pasar Secara Jelas. http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-mekanisme-pasar.html (13-03-2017)

Anonim. 2017. Permintaan dan Penawaran. http://www.peoi.org/Courses/Coursesba/mic/mic1.html (13-03-2017)

Rabbani, Latifah. 2013. Mekanisme Pasar : Permintaan dan Penawaran. https://latipahrabbani3103.wordpress.com/2013/12/14/mekanisme-pasar-permintaan-dan-penawaran/ (12-03-2017)

Sholeh, Maimum. 2007. PERMINTAAN DAN PENAWARAN TENAGA KERJA SERTA UPAH : TEORI SERTA BEBERAPA POTRETNYA DI INDONESIA. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6778&val=444&title=Permintaan%20dan%20Penawaran%20Tenaga%20Kerja%20serta%20Upah:%20Teori%20serta%20Beberapa%20Potretnya%20di%20Indonesia (13-03-2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.