.

Selasa, 14 Maret 2017

Jenis-jenis Pasar

@B40-Shofa

1.   Pengertian pasar monopoli
Definisi dari pasar monopoli adalah suatu pasar yang didalamnya terdapat satu produsen atau penjual tetapi banyak pembelinya. Contohnya seperti pertamina, perusahaan listik negara (pln), perusahaan kereta api dan lain sebagainya.


Ciri-ciri pasar monopoli
      Pasar monopoli merupakan suatu pasar yang hanya memiliki satu penjual saja sehingga pembeli tidak punya pilihan dan penjual memiliki pengaruh besar dalam perubahan harga.
  Dari banyaknya perusahaan, dalam pasar monopoli hanya terdapat satu perusahaan atau penjual.
  Dilihat dari jenis produksinya, barang yang didagangkan pada pasar monopoli adalah barang yang unik atau langka
  Dari kebebasan menentukan harga, dalam pasar monopoli penjual memiliki pengaruh besar dalam merubah harga sedangkan pembeli tidak bisa merubah harga.
  Kemungkinan produsen masuk dan keluar pasar, pasar monopoli tidak memungkinkan produsen baru memasuki pasar.
  Persaingan diuar harga, pasar monopoli tidak memerlukan promosi iklan

Pasar monopoli cukup sulit ditemukan, sebuah perusahan yang benar-benar seratus persen bersifat monopoli. Yang bisa kita temui hanyalah perusahaan-perusahaan yang hampir mendekati monopoli. Beberapa produk (barang atau jasa) yang pasarnya dapat dikatakan mendekati monopili, antara lain : Telkom, PLN, PT KAI, Pertamina, PDAM.

2.   Pengertian pasar oligopoli

Pasar oligopoli adalah salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna, dimana hanya terdapat beberapa produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar. Beberapa contoh industri yang termasuk dalam kategoti ini adalah industri rokok, industri mobil, industri semen, jasa penerbangan dan lainnya.
Dalam menjalankan usahanya iklan dan promosi berperan sangat penting bagi oligopolis. Iklan dan promosi akan membentuk persepsi konsumen mengenai perbedaan satu produk dengan produk lainnya (diferensiasi produk). Hal ini dikarenakan pada dasarnya oligopolis menjual barang yang relatif homogen sehingga dapat saling menggantikan (bersifat substitusi walau tidak sempurna). Oleh karenanya, loyalitas konsumen pada satu produk harus dijaga agar tidak berpindah ke produk lainnya.

Ciri-ciri pasar oligopoli
   Pasar oligopoli yaitu pasar yang hanya terdapat beberapa produsen di dalamnya yang saling mempengaruhi dan bersaing dalam kualitas barang.
  Dari banyaknya perusahaan, pasar oligopoli memiliki sedikit perusahaan atau produsen.
  Dilihat dari jenis produksinya, pasar oligopoli menghasilkan barang standar atau berbeda corak.
  Dari kebebasan menentukan harga, dalam pasar oligopoli adakalanya produsen tangguh dan adakalanya lemah dalam memengaruhi harga.
  Dilihat dari kemungkinan produsen masuk dan keluar pasar, dalam pasar oligopoli cukup sulit bagi produsen untuk keluar masuk pasar.
  Dari persaingan harga, pasar oligopoli memiliki persaingan yang cukup besar dalam promosi dan kualitas.

Jenis pasar oligopoli, secara umum terdapat dua jenis, yaitu
  Oligopoli murni (pure oligopoly) adalah pasar dimana barang yang diperjualbelikan bersifat identik. Misalnya: semen, air mineral, seng
  Oligopoli terdiferensiasi (differentiated oligopoli) adalah pasar dengan barang yang homogen namun dapat dfibedakan. Misalnya sabun, sepeda motor, laptop

3.   Pengertian pasar persaingan sempurna
Definisi dari pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
  Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
  Barang atau produk yang diperjual belikan bersifat homogen, atau sejenis, serupa dan mirip antara satu sama lain.
  Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
  Harga barang/produk yang dijual ditentukan oleh mekanisme pasar berupa permintaan dan penawaran (demand and supply).
  Posisi tawar dari pembeli kuat
  Susah untuk mendapatkan keuntungan yang besar (di atas rata-rata)
  Sensitif terhadap perubahan harga barang/produk yang dijual
  Mudah untuk keluar masuk dari pasar

4.   Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli. Dalam pasar ini jumlah penjual banyak, sedang pembelinya hanya beberapa. Contohnya pasar wortel di suatu desa. Di sini para petani wortel bisa menjual wortelnya ke beberapa pedagang di desanya untuk dijual lagi ke kota.
Pasar Persainga Oligopsonis, merupakan contoh dari pasar persaingan tidak sempurna,  maka ada bebrapa hal yang harus kamu pelajari yaitu pengertian pasar Oligopsonis, contoh pasar Oligopsonis, ciri-ciri pasar Oligopsonis, kebaikan pasar Oligopsonis dan keburukan pasar Oligopsonis.

Ciri-ciri pasar persaingan oligopsoni.
  Terdapat beberapa pembeli.
  Pembeli umumnya bukan konsumen yang langsung menggunakan produk untuk memenuhi kebutuhan hidup, melainkan pedagang yang akan menjual kembali atau produsen yang akan mengolah dulu produk tersebut.
  Barang yang diperjualbelikan umumnya bahan mentah bukan barangjadi buatan pabrik.
  Harga cenderung stabil. Karena bila salah seorang pembeli menurunkan harga maka para penjual segera berpindah ke pembeli lain.
  Tetapi bila salah seorang pembeli bersedia menaikkan harga belinya maka para penjual akan berbondong-bondong menjual produk kepadanya. Untuk menghindari hal tersebut maka umumnya harga pada pasar ini cenderung tidak berubah (stabil).

Daftar Pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pasar-oligopoli-dan-ciri-cirinya.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopoli



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.