.

Sabtu, 07 April 2018

Persoalan Ekonomi di Provinsi Jambi



Oleh : Alvian Fuadi
Kode Peserta : @C05-Alvian

ABSTRAK
Dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana persoalan ekonomi di provinsi Jambi. Di berbagai wilayah Indonesia juga memiliki masalah ekonomi nya masing-masing. Di provinsi Jambi menghadapi banyak masalah serius dalam pembangunan saat ini karena belum seluruh sektor pembangunan dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu. Masalah serius pembangunan yang hingga kini belum bisa dibenahi dengan tuntas di daerah tersebut, yakni keterbatasan sarana dan prasarana infrastuktur.
KATA KUNCI : Permasalahan ekonomi, infrastruktur

PENDAHULUAN
Permasalahan ekonomi yang dialami di provinsi Jambi yaitu pembangunan infrastruktur. Masalah ini sepertinya belum bisa ditangani oleh pemerintah setempat. Permasalahan ini juga muncul di daerah lainnya, di karenakan sulitnya lahan untuk membuat infrastruktur di daerah nya, belum lagi masalah jalan rusak yang terus menerus terjadi di daerah-daerah. Selain infrastruktur, permasalahan juga muncul dari  pengangguran. Pengangguran di daerah Jambi disebabkan oleh rendahnya pendidikan angkatan kerja. Hal ini disebabkan oleh infrastruktur yang kurang di daerah Jambi, sehingga orang juga minim untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi di daerah Jambi.

PERMASALAHAN
1.      Apa itu permasalahan ekonomi ? dan apa saja permasalahan ekonomi di provinsi Jambi ?
2.      Bagaimana cara mengatasi permasalahan ekonomi tersebut ?

PEMBAHASAN
1.      Permasalahan ekonomi
Masalah Ekonomi adalah masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari hari baik masalah dalam jual beli, tawar menawar ataupun ekspor impor. Dalam kehidupan sekarang terutama di Indonesia terdapat beberapa masalah ekonomi yang terjadi diantaranya pengangguran, kemiskinan, harga, profit, inflasi, hutang, sistem ekonomi, ekonomi politik, kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.
Lalu permasalahan ekonomi di provinsi Jambi yaitu  masalah pembangunan yang hingga kini belum bisa dibenahi dengan tuntas di daerah tersebut, yakni keterbatasan sarana dan prasarana infrasturktur, khususnya jalan dan pelabuhan. Kemudian masalah kelambanan pembangunan agroindustri, minimnya kontribusi sector pertambangan terhadap ekonomi masyarakat dan daerah, masih rendahnya pendidikan tenaga kerja serta masih banyaknya penduduk miskin. “Keterbatasan sarana dan prasarana infrastruktur, baik jalan maupun pelabuhan merupakan persoalan serius pembangunan Jambi saat ini. Kerusakan jalan yang masih banyak dan minimnya sarana pelabuhan menghambat peningkatan ekonomi rakuat dan daerah di Jambi. Kemudian agroindustri di Jambi juga belum berkembang optimal, padahal komoditi perkebunan karet dan sawit menjadi andalan Jambi hingga kini. Kondisi tersebut membuat masalah pengangguran dan kemiskinan di Jambi dulit dituntaskan,”kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Irman pada pertemuan dengan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke-53 Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) di ruang pola kantor Gubernur Jambi, Senin (10/8).
Menurut Irman, masalah pengangguran di Jambi juga banyakdipengaruhi rendahnya pendidikan angkatan kerja. Tenaga kerja yang berpendidikan setingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Jambi mencapai 67 % dari total angkatan kerja di daerah itu. Sedangkan tenaga kerja yang berpendidikan setingkat sekolah menengah atas (SMA) mencapai 33 %. Rendahnya pendidikan tenaga kerja membuat mereka sulit memperoleh pekerjaan di sektor industri.
Nah dari sini menurut saya antara masalah infrastruktur, pengangguran, dan pendidikan yang rendah ini satu sama lain saling berkaitan.

2.      Cara mengatasi permasalahan ekonomi tersebut
Dari permasalahan ekonomi yang ada di provinsi Jambi, menurut saya cara untuk mengatasinya adalah yang pertama membangun sarana dan infrastruktur disana. Pemerintah setempat harus  bisa membangun berbagai sarana dan juga infrastruktur yang dibutuhkan dan bisa diperbanyak lagi. Tapi sepertinya bila tanpa adanya dukungan dari masyarakat setempat hal itu sangat sulit untuk terwujud, maka dari itu pemerintah harus bisa meyakinkan masyarakat setempat untuk bisa berpartisipasi dan juga mendukungnya.
Selanjutnya masalah pengangguran, cara untuk bisa mengatasi persoalan ini adalah memperbanyak jumlah lapangan pekerjaan di Jambi. Pemerintah harus membuka sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan agar persoalan pengangguran ini. Masalah pengangguran ini juga bisa berkaitan dengan masalah sarana dan infrastruktur, yaitu apabila sarana dan infrastruktur diperbanyak maka  lapangan pekerjaan juga akan tercipta banyak dan masalah pengangguran juga akan turun.
Lalu berikutnya permasalahan tentang rendahnya pendidikan, ini juga berkaitan dengan masalah sarana dan infrastruktur. Apabila sarana dan infrastruktur banyak berdiri disana, maka masyarakat disana pun juga bisa mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi jenjangnya. Lalu permasalahan pengangguran juga bisa teratasi dengan cara mendapatkan pendidikan yang tinggi, maka dengan cara begitu masyarakat disana bisa memperoleh pekerjaan disana.

KESIMPULAN
Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa ternyata masih banyak permasalahan ekonomi yang dialami di berbagai wilayah Indonesia ini, salah satunya di Provinsi Jambi. Permasalahan yang ada di Jambi diantaranya yaitu kurang meratanya pembangunan sarana dan infrastruktur, banyaknya penganggura, dan rendahnya pendidikan. Semoga masalah tersebut bisa diatasi oleh pemerintah setempat. Sekian dan terima kasih.

Daftar Pustaka
-          Republika.2016.Jambi masuk nominasi daerah berkomitmen terhadap lingkungan. Dalam http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/06/05/o8b2pj336-jambi-masuk-nominasi-daerah-berkomitmen-terhadap-lingkungan
-          Citra Indonesia.2016.Masalah inflasi dan pertubuhan ekonomi Jambi. Dalam http://citraindonesia.com/masalah-inflasi-dan-pertumbuhan-ekonomi-jambi/
-          Jambi Ekspres.2014.Ekonomi tumbuh, tapi belum merata. Dalam http://www.jambiekspres.co.id/read/2017/02/12/11617/ekonomi-tumbuh-tapi-belum-merata
-          Kabar Jambi.2016.Ini kendala pembangunan infrastruktur di Jambi. Dalam http://kabarjambi.net/ini-kendala-pembangunan-infrastruktur-di-jambi/
-          Ir. Afrizal., M.E..Ekonomi pembangunan terhadap pengangguran di provinsi Jambi. Dalam 220.247.170.132/jurnal/index.php/JD/article/download/19/19/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.