.

Minggu, 15 April 2018

Permasalahan Perekonomian Distribusi Pendapatan di Indonesia

@C09-Elvi, @Proyek07
Disusun Oleh Elvi Khairina


ABSTRAK
Pembangunan ekonomi bagian penting dari pembangunan nasional secara keseluruhan dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Distribusi pendapatan konsep yang lebih luas dibandingkan kemiskinan, cakupan tidak hanya menganalisa populasi yang berada dibawah garis kemiskinan . Cara distribusi pendapatan nasional akan menentukan bagaimana pendapatan nasional yang tinggi mampu menciptakan perubahan – perubahan dan perbaikan- perbaikan dalam masyarakat.  Kemiskinan sangat erat hubungannya dengan ketimpangan distribusi pendapatan. Beberapa teori menjelaskan tentang ketidakmerataan distribusi pendapatan. Ketidakmerataan distribusi pendapatan terutama diakibatkan oleh kepemilikan faktor capital stock (barang modal) dimana dapat diperbaiki secara otomatis .

KATA KUNCI : PEMBANGUNAN EKONOMI, DISTRIBUSI PENDAPATAN, TEORI – TEORI KETIDAKMERATAAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, FAKTOR KETIDAKMERATAAN DISTRIBUSI PENDAPATAN

A. LATAR BELAKANG
Masalah yang cukup besar yang dihadapi oleh negara berkembang adalah disparitas (ketimpangan) distribusi pendapatan dan kemiskinan. Tidak meratanya distribusi pendapatan memicu terjadinya ketimpangan pendapatan yang merupakan awal dari munculnya masalah kemiskinan. Membiarkan kedua masalah tersebut berlarut – larut akan semakin memperparah keadaan dan tidak jarang dapat menimbulkan konsekuensi negative terhadap kondisi social dan politik.
Namun negara maju sekalipun tidak terlepas dari permasalahan ini, tentu saja perbedaan antara Negara maju dan Negara berkembang sangat jelas terlihat perbedaannya,  dimana pada Negara maju menunjukan tingkat kesenjangan pendapatan dan angka kemiskinan yang relative kecil dibandingkan dengan Negara berkembang sehingga untuk mengatasinya tidak terlalu sulit mengingat GDP dan GNP relative tinggi. Tingkat kesulitan mengatasinya dipengaruhi oleh luas wilayah dan jumlah penduduk suatu negara. Semakin besar angka kemiskinan, semakin tinggi pula tingkat kesulitan mengatasinya.
Masalah pemerataan distribusi pendapatan dan kemiskinan bukan hanya menjadi masalah internal suatu negara namun telah menjadi permasalahan bagi dunia internasional, berbagai upaya telah dan sedang dilakukan oleh dunia internasional baik berupa bantuan maupun pinjaman yang pada dasarnya merupakan upaya sistematis untuk memperkecil kesenjangan pendapatan dan tingkat kemiskinan.
RUMUSAN MASALAH
PEMBAHASAN
Pembangunan Ekonomi
Pembangunan ekonomi merupakan salah satu bagian penting dari pembangunan nasional secara keseluruhan dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Ningtyas,2016).
Pembangunan ekonomi menurut Arsyad (1999) dalam Ningtyas (2016),suatu proses yang menyebabkan kenaikan pendapatan riil perkapita penduduk suatu Negara dalam jangka panjang yang disertai dengan perbaikan system kelembagaan.
Pembangunan ekonomi akan tercermin pada kenaikan pendapatan perkapita, perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat, keberhasilan usaha Negara untuk mendistribusikan pendapatan secara merata dan adil serta dapat mengurangi jumlah kemiskinan (Ningtyas,2016)
Distribusi Pendapatan
Distribusi pendapatan nasional menurut Dumairy (1999) dalam Sari, mencerminkan  merata atau timpangnya pembagian hasil pembangunan suatu Negara di kalangan penduduknya
Distribusi pendapatan perorangan menunjukan distribusi pendapatan yang diterima oleh individu – individu dalam masyarakat.
Distribusi pendapatan fungsional menjelaskan proporsi dari pendapatan yang diterima oelh tiap faktor  produksi
Distribusi regional merupakan aspek keadilan dan pemerataan
Cara distribusi pendapatan nasional akan menentukan bagaimana pendapatan nasional yang tinggi mampu menciptakan perubahan – perubahan dan perbaikan – perbaikan dalam masyarakat (Rizki, 2016).
Sebab Perbedaan Pendapatan/ Ketidakmerataan
Perbedaan pendapat timbul karena  terutama kepemilikan barang modal (capital stock). Pihak kelompok masyarakat yang memiliki faktor produksi yang lebih banyak akan memperoleh pendapatan yang lebih banyak pula

DAFTAR PUSTAKA :
Ningtyas, Natasya Ayu. 2016. Distribusi Pendapatan. Wordpress.com. Dalam
Sari, Linda. Distribusi Pendatan. Academia.education. Dalam
Rizki, Agus. 2016. Masalah perekonomian Distribusi Pendapatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.