.

Kamis, 12 April 2018

Faktor yang mempengaruhi Tingkat Konsumsi


Oleh                : Lucia Debby Gracella Sihombing
Kode Peserta   : @C13-Lucia, @Proyek-07

Abstrak
Penulisan tulisan ini bertujuan untuk membantu pembaca dan juga penulis dalam memahami faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi.
Adapun latar belakang tulisan ini adalah masih sempitnya pemahaman masyarakat tentang faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi ini. Diharapkan setelah membaca artikel ini dapat menambah referensi ataupun pengetahuan bagi pembaca maupun penulis sendiri agar lebih memahami topik ini dengan baik.
Kata kunci: konsumsi, meningkat.
Pendahuluan
Dewasa ini, banyak diantara kita yang masih belum paham sama sekali tentang kegiatan ekonomi yang terjadi dikehidupan kita sehari-hari seperti meningkatnya konsumsi yang dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu masih buta diantara kita. Dalam permasalahan kali ini akan lebih mendalam menjelaskan faktor sesuai dengan topik. Sepengetahuan penulis, buku-buku, teks, dan artikel-artikel ilmiah yang dibuat dalam jurnal yang ditulis para ahli tentang bidang ekonomi adalah sebagai berikut:
(1) Jurnal yang berjudul “ faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi oleh Iswara dkk.”
(2) Jurnal yang berjudul “ analisis faktor meningkatnya konsumsi oleh Firdayati SE. dkk.”
(3) Buku yang berjudul “ ekonomi Mikro oleh Bayu Pramutoko SE., MM.


Hasil penelitian dan pembahasan tentang faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi, sekurang-kurangnya hasil penelitian ini dapat mengembangkan dan menyempurnakan teori pengantar ekonomi , teori perkembangan ekonomi, teori pengaruh ekonomi masa kini. Jika ditinjau dari sudut pandang praktikal, hasil penelitian tentang pemahaman ekonomi dimasa kini  menghasilkan konsep, strategi, prinsip, skema dan alur proses yang dimanfaatkan dan diaplikasikan secara praktis oleh user penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam konteks penelitian ini pengguna penelitian yang dapat memanfaatkan penelitian ini.
  Identifikasi masalah
Berdasarkan masalah yang telah dituliskan pada pendahuluan, kita dapat mengidentifikasi beberapa masalah yang harapannya dapat diselesaikan yaitu sebagai berikut:
1.      Memahami arti konsumsi
2.      Memahami faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi
Pembahasan
1.      Memahami Arti Konsumsi
Menurut Irving Fisher,
Memberikan pengertian konsumsi sebagai suatu bentuk pertimbangan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhannya. Dimana pertimbangan tersebut berdasarkan kondisi yang terjadi dan juga kondisi yang akan datang.
Menurut Milton Friedman,
Memberikan pengertian bahwa konsumsi adalah jumlah seseorang dalam membeli barang atau jasa yang sesuai dengan pendapatan seseorang yang dihasilkannya.
2.      Memahami Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi
Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi yaitu:


·         Tingkat pendapatan
Dapat dirumuskan:
Pendapatan= konsumsi+tabungan
·         Selera
Setiap orang akan memenuhi kebutuhan sesuai selera masing-masing
·         Latar belakang budaya atau adat
Setiap orang memiliki latar belakang dan adat yang berbeda pula yang membuat kebutuhan masing-masing budaya dapat berbeda
·         Faktor Jenis Kelamin
Beberbeda gender berbeda pula keinginan dan kebutuhannya.
·         Planning masa depan
Memiliki impian yang berbeda setiap orang kedepannya
·         Harga barang
Naik turunnya harga barang juga mempengaruhi tingkat konsumsi
Kesimpulan
Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi dan sering kali kita tidak mengetahui dan memahami dengan baik padahal dapat bermanfaat bagi kita. Pemahaman seperti ini seharusnya lebih kita dalami demi mencapai pemahaman yang maksimal dalam topik ini.

Daftar Pustaka
Anonim. Kbbi. Pengertian konsumsi. dalam https://kbbi.web.id/konsumsi . Di searching 11 April 2018.
Iswara dkk. 2014. Faktor tingkat konsumsi. Jurnal ekonomi. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=177523. Diunduh 14 September 2014.
Firdayetti SE. 2004. Analisi faktor tingkat konsumsi. Jurnal ekonomi. Dalam https://media.neliti.com/media/publications/52778-ID-analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi.pdf. Diunduh 16 April 2004.
Anonim. 2017. Tujuh pengertian konsumsi menurut ahli. Indonesiastudent.com. Dalam https://media.neliti.com/media/publications/52778-ID-analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi.pdf. Diunduh 8 Januari 2017.
Deboo. 2011. Masalah Ekonomi . Blog Deboo. Dalam https://debydeboo.wordpress.com/2011/04/26/masalah-ekonomi/. Diunduh 26  Maret 2011.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.