.

Kamis, 01 Maret 2018

Ilmu Ekonomi




 
Oleh Tania S Fajrin
@C20-Tania, @Proyek-01


Abstrak
Ilmu ekonomi yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas menggunakan sumber daya yang terbatas dan mempelajari dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran dimana kemakmuran yang dimaksud adalah suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya baik barang barang maupun jasa.

Kata kunci
Ilmu ekonomi, barang dan jasa, mikro dan makro, manfaat

A.Pendahuluan
Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumber sumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas. Barang dan jasa yang dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai individu dan kelompok masyarakat.

B.Rumusan Masalah
1.       Apa penjelasan ilmu ekonomi?
2.       Apa itu yang dimaksud barang dan jasa dalam ilmu ekonomi?
3.       Macam-macam ilmu ekonomi
4.       Bagaimana manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi?

C.Pembahasan
Pengertian ilmu ekonomi
Menurut Mel Vilye J Ulmer
Menurutnya ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang kegiatan pokok perekonomian, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Dalam hal ini ilmu ekonomi mengupas secara rinci tentang apa itu produksi, konsumsi dan distribusi. Mengapa tiga kegiatan ini dinamakan kegiatan inti, karena semua kegiatan perekonomian tidak lepas dari tiga hal ini. Kegiatan ini berlaku bagi semua produk baik barang maupun jasa.

Pengertian barang dan jasa
·         Barang : Barang adalah benda - benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi atau untuk menghasilkan benda - benda yang akan memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.
Barang memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut :
ü  Berwujud, artinya dapat disentuh dan dirasakan dengan alat indera manusia.
ü  Memiliki nilai dan manfaat jika digunakan oleh konsumen sehingga bisa memberikan rasa puas dan memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.
ü  Apabila digunakan, maka nilai dan manfaatnya lama kelamaan akan berkurang, bahkan habis. Contohnya saja sabun mandi yang kita gunakan.
Dalam ilmu ekonomi, barang dibedakan menjadi beberapa macam, sebagai berikut :
ü  Barang menurut cara memperoleh terbagi menjadi barang ekonomi, barang bebas dan barang illith.
ü  Barang menurut cara penggunaan terbagi menjadi barang konsumsi dan barang produksi.
ü  Barang menurut hubungannya dengan barang lain terbagi menjadi barang substitusi dan barang komplementer.
ü  Barang menurut proses pembuatan terbagi menjadi barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.
·         Jasa : tidak dapat digolongkan sebagai suatu barang, karena tidak berwujud, tetapi dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. 
Jasa memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
ü  Jasa bersifat abstrak, tidak berwujud, tidak dapat dicicipi, disentuh, dicium, dan dirasakan dengan panca indera.
ü  Jasa bersifat heterogonitas. Artinya, hasil jasa antara pihak yang satu dengan yang lain berbeda, meskipun jasa yang diberikannya sama.
ü  Jasa tidak dapat dipisahkan, artinya jasa dikonsumsi dan diproduksi pada saat yang bersamaan.
ü  Jasa tidak tahan lama. Produk yang dihasilkan dari jasa mungkin tahan lama. Akan tetapi jasa untuk menghasilkan produk itu tidak tahan lama sehingga tidak bisa dijual kembali kepada orang lain atau dikembalikan kepada produsen jika merasa tidak puas dengan jasa yang diberikan.
Contoh jasa antara lain :
ü  Jasa mengantar barang.
ü  Jasa buruh angkut.
ü  Jasa desain grafis.
ü  Jasa pembuatan website,
ü  Guru yang mengajar muridnya.
ü  Tukang cukur rambut.
ü  Tukang ojek yang mengantar penumpang.
ü  Dan lain-lain.

Macam macam Ilmu Ekonomi
llmu ekonomi dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif adalah bagian ilmu ekonomi yang menggambarkan keterangan-keterangan faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka, grafik, kurva, atau penyajian lainnya. llmu ekonomi dipergunakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk menyajikan keadaan ekonomi, baik makro maupun mikro.
2. Teori Ekonomi
Teori ekonomi adalah bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Teori ekonomi ini dibagi menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.
         a. Mikro (kecil) : Secara khusus mempelajari bagian-bagian seperti perilaku konsumen dan perusahaan dan penentuan harga pasar untuk satu jenis barang tertentu serta kuantitas faktor input barang dan jasa yang diperjualbelikan. 
Tujuan ekonomi mikro adalah efesiensi dalam pengalokasian sumber-sumber daya.
         b. Makro (besar) : Cabang dari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan studi tentang kegiatan perekonomian nasional secara agregat (keseluruhan).
Tujuan ekonomi makro mencakup : kesempatan kerja penuh penuh (full employment), pencegahan inflasi, pertumbuhan ekonomi, keseimbangan neraca pembayaran.
 
3. Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan adalah bagian ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif.

Manfaat mempelajari ilmu ekonomi
1.  Melatih seseorang dalam mengembangkan kreatifitasnya untuk berwirausaha dan hidup secara mandiri.
  1. Melatih manajemen kehidupan manusia, baik manajemen waktu, manajemen uang dan lainnya.
  2. Menjadikan para pihak yang membaca dan menikmatinya memiliki wawasan yang luas serta tambahan ilmu yang baik.
  3. Menciptakan suatu kondisi yang kondusif dan baik bagi kemajuan perekonomian.
  4. Melatih mengatur dan mengelola perekonomiannya dalam lingkup keluarga.
  5. Membantu manusia dalam mengenal potensi alam sekitarnya.
  6. Menjadikan manusia sebagai agen perubahan dalam kehidupan masyarakat.

D.Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan ilmu ekonomi sebagai ilmu pengetahuan yang membahas tentang kegiatan pokok perekonomian, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Ilmu ekonomi produksi terdiri dari barang dan jasa. Macam-macam ekonomi yaitu ekonomi deskriptif, ekonomi teori (mikro dan makro), ekonomi terapan

E.Daftar pustaka
Dary, Wulan. Pengertian ekonomi dan tiga macam ilmu ekonomi. learniseasy.com. dalam http://www.learniseasy.com/pengertian-ekonomi-tiga-macam-macam-ilmu-ekonomi.html

Dian, Ahmad 2016. 17 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli. Dosenekonomi.com. dalam https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/pengertian-ilmu-ekonomi. Diunduh 15 Juli 2016

Dian, Ahmad 2017. 9 tujuan mempelajari ilmu ekonomi secara umum. Dosenekonomi.com. dalam https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/tujuan-mempelajari-ilmu-ekonomi. Diunduh 6 Februari 2017

Ensikloblogia 2016. Pengertian barang dan jasa dalam ilmu ekonomi. ensikloblogia.com. dalam http://www.ensikloblogia.com/2016/12/pengertian-dan-perbedaan-barang-dan.html. Diunduh 24 Desember 2016

Luffy 2017. Pengertian Ilmu Ekonomi beserta Pembagiannya (Teori, deskriptif, terapan). minidjleg.blogspot.co.id. dalam https://minidjleg.blogspot.co.id/2017/06/pengertian-ilmu-ekonomi-dan-pembagian.html. Diunduh 20 Juni 2017


.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.