.

Kamis, 01 Maret 2018

Telusuri Ilmu Ekonomi Yuk




@C07-Niko, @proyek 01
oleh Niko Prayoga



Assalammualaikum wr wb, teman-teman yang semoga dirahmati oleh Allah pada kesempatan saat ini saya akan membahas materi yang sangat berpengaruh besar pada kehidupan manusia di dunia saat ini yaitu Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi,
1
a  abstrak 
Ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas liputannya. Oleh sebab itu sangatlah sukar untuk membuat definisi yang akan memberikan gambaran yang tepat mengenai analisis-analisis yang diliputi oleh ilmu ekonomi. Namun demikian ini tidaklah berarti bahwa suatu definisi yang secara ringkas menerangkan bidang studi ilmu ekonomi sama sekali tidak dapat dilakukan. Dalam usaha untuk memberi gambaran ringkas mengenai bidang studi ilmu ekonomi, definisi ilmu tersebut selalu dihubungkan kepada keadaan ketidakseimbangan di antara kemampuan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa, dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan barang dan jasa.
kata kunci :
   Pengertian ilmu ekonomi
2.    Masalah-masalah ekonomi
3.    Tujuan belajar ilmu ekonomi
4.    Ruang lingkup Ilmu ekonomi

pembahasan
1.    Pengertian ilmu ekonomi
Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia Ilmu diartikan sebagai pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu; atau pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb.
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Setelah kita mengetahui definsi dari masing-masing kata, kita dapat simpulkan bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang mempelajari aktivitas manusia yang berhuhungan dengan apa yang di butuhkan. Atau ada pengertian lain bahwa Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari pilihan-pilihan.
 
1. Masalah-masalah ekonomi yang akan kita bahas saat ini adalah masalah yang di hadapi bangsa Indonesia
a.    Rendahnya Pertumbuhan Ekonomi
pertumbuhan ekonomi suatu negara merupakan salah satu indikasi yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan negara tersebut. Pertumbuhan ekonomi negara berkembang seperti Indonesia sering terkendala masalah modal dan investasi. Indonesia masih bergantung pada modal dari investasi pihak asing untuk menunjang kegiatan ekonominya.
b.    Kemiskinan
Kemiskinan merupakan keadaan masyarakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup meliputi makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan sebagai akibat berkurangnya pendapatan masyarakat secara riil. Masyarakat mengalami penurunan daya beli barang-barang kebutuhan pokok secara umum. Akibatnya, masyarakat tidak dapat hidup secara layak sehingga taraf hidupnya menurun.
c.    Pengangguran
Secara umum pengangguran diartikan sebagai angkatan kerja yang tidak bekerja. Pengangguran merupakan rantai masalah yang dapat menimbulkan beberapa permasalahan pada suatu negara. Pengangguran disebabkan jumlah angkatan kerja yang tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja/kesempatan kerja. Akibatnya, banyak angkatan kerja yang tidak dapat terserap dalam lapangan pekerjaan sehingga menimbulkan pengangguran.
d.    Kesenjangan Penghasilan
Penghasilan digunakan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Dalam masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Dalam masyarakat terdapat kelompok masyarkat dengan penghasilan tinggi dan kelompok masyarakat dengan penghasilan rendah. Masyarakat yang memiliki penghasilan tinggi mampu memenuhi kebutuhan hidupnya mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Sementara itu, kelompok masyarakat yang memiliki penghasilan rendah tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya meskipun kebutuhan yang paling dasar.
3.    Tujuan belajar ilmu ekonomi
Ilmu ekonomi muncul karena ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Kenyataan ini mendorong manusia untuk melakukan pilhan-pilihan penggunaan sumber daya yang dimilikinya.
Berikut tujuan mempelajari ilmu ekonomi
  1. Mencari tahu pengertian mengenai hubungan yang terjadi diantara peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam perekonomian. (hubungan kausal/hubungan fungsional).
  2. Memenfaatkan segala peristiwa yang terjadi seputar ekonomi untuk dijadikan sebuah landasan dalam mengambil sebuah kebijakan atau keputusan dalam menghadapi segala permasalahan yang ditemui.
  3. Menciptakan suatu kondisi yang kondusif dan baik bagi kemajuan perekonomian.
  4. Menjadikan para pihak yang membaca dan menikmatinya memiliki wawasan yang luas serta tambahan ilmu yang baik.
  5. Melatih seseorang dalam mengembangkan kreatifitasnya untuk berwirausaha dan hidup secara mandiri.
  6. Melatih manajemen kehidupan manusia, baik manajemen waktu, manajemen uang dan lainnya.
  7. Melatih mengatur dan mengelola perekonomiannya dalam lingkup keluarga.
  8. Menjadikan manusia sebagai agen perubahan dalam kehidupan masyarakat.
  9. Membantu manusia dalam mengenal potensi alam sekitarnya.
4.    Ruang lingkup ilmu ekonomi
Ruang lingkup ekonomi terbagi menjadi 2 yaitu
1.    Ekonomi mikro
Ekonomi Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro lebih dititikberatkan kepada bagaimana membuat pilihan untuk;
1) mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber, dan
2) mencapai kepuasan yang maksimum
.
2.    Ekonomi Makro
Ekonomi Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan. Apabila yang dibicarakan masalah produsen, maka yang dianalisis produsen secara keseluruhan, demikian halnya jika konsumen maka yang diananlisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian. Demikian juga dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga dan sebaginya. Intinya ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan, sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan (income theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas masalah
1) sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi, dan
2) pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.
Itulah teman-teman pembahasan yang dapat saya berikan semoga bermanfaat buat kalian yang membaca dan melihatnya.

kesimupulan 
ilmu ekonomi adalah suatu cabang yang mempelajari segala bentuk kegiatan manusia yang berhubungan dengan jasa atau barang yang sangat mempengaruhi perkembangan kehidupan di suatu daerah atau negara karena semakin berkembangnya ekonomi di suatu daerah atau negara itu mengakibatkan kehidupan manusia menjadi maju dan masa depan anak penerus bangsa kedepannya, masalah-masalah mengenai ekonomi akan mudah di selesaikan jika ilmu yang dipelajari dimanfaatkan dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang diinginkan 

referensi 
1. Sadono Sukirno, Mikro Ekonomi: Teori Pengantar, Ed. 3, cet. 26, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), hlm 8
2. Sadono Sukirno, 2004, Makro Ekonomi Teori Pengantar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
3. Case & Fair, 2003, Prinsip prinsip ekonomi mikro ( terjemahan ), Jakarta : Gramedia
4. Richard.G, Peter O, Pengantar Ilmu Ekonomi (Terjemahan Anas Malik). Jakarta : Bina Aksara. 
5.Rahardja, Prathama ; Mandala Manurung. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta. FEUI






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.