.

Minggu, 04 Juni 2017

Pengangguran Struktural

@A36-Josephine
oleh : Josephine Aurillia

Pengangguran struktural

(Menurut Informasipendidikan.com ) Pengangguran struktural merupakan jenis pengangguran yang terjadi akibat dari tenaga kerja yang tersedia tidak memenuhi persyaratan yang dibuat oleh lapangan kerja hal ini terjadi akibat dari perubahan teknologi yang semakin canggih atau dapat pula dikarenakan oleh perubahan kebijakan dari pemerintah, misalnya saja kebijakan pemerintah mengenai upah minimm regional terkadang tidak sesuai dengan harapan para tenaga kerja. Seperti yang kita semua tau bahwa masalah mengenai kebijakan upah minimum dilakukan oleh pemerintah daerah yang seringkali menimbulkan bentrok sera masalah ekoonomi yang berkepanjangan, misalnya saja kaum buruh yang memiliki masalah yang tak pernah ada titik terangnya, sehingga selalu terjadi demo buruh setiap tahunnya. Pengangguran yang terjadi juga dapat terjadi akibat dari adanya ketidakcocokan mendasar yang terjadi antara jumlah pekerja yang sedang mencari pekerjaan dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia (Menurut Informasipendidikan.com).

·         Penyebab Pengangguran
( Menurut Artikelsiana.com), Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa hal penyebab pengangguran dapat terjadi. Macam-macam penyebab pengangguran adalah sebagai berikut :
1.      Penduduk yang relatif banyak sedangkan lapangan kerja sedikit. Yang mengakibatkan, permintaan tenaga kerja berkurang. 
2.      Pendidikan dan keterampilan yang rendah sehingga tidak mampu bersaing dan tersisih. 
3.      Angkatan kerja yang tidak memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta oleh dunia kerja
4.      Teknologi yang semakin modern belum terimbangi oleh kemampuan 
5.      Pengusaha yang selalu mengejar keuntungan dengan cara melakakukan penghematan-penghematan, misalnya penerapan rasionalisasi. 
6.      Adanya lapangan kerja yang dipengaruhi oleh musim
7.      Terdapat ketidakstabilan perekonomian, politik, dan kemanan suatu negara ( Menurut Artikelsiana.com)
8.      ( Menurut Fathoni, Ahmad ) Ketidakberhasilan sektor industri. Pola investasi yang ada cenderung padat modal menyebabkan semakin kecil terjadinya penyerapan tenaga kerja.
9.      Tidak ada kecocokkan upah, karena tidak semua perusahaan mampu dan bersedia mempekerjakan seorang pelamar dengan tingkat upah yang diminta pelamar.
10.  Tidak memiliki kemauan wirausaha. Orang yang tidak punya kemauan kerja tidak akan berusaha menciptakan lapangan kerja sehingga ia harus menunggu uluran tangan dari orang lain.
11.  Adanya diskriminasi ras, gender, orang cacat mengakibatkan timbulnya pengangguran ( menurut Fathoni, Ahmad).


·         ( Menurut Inge, 2011) Cara-cara mengatasi pengangguran
1. cara mengatasi pengangguran struktural
    a.
Pengadaan pendidikan dan pelatihan sebagai persiapan untuk berkarir pada pekerjaan yang baru.
    b.
Memindahkan tenaga kerja dari tempat yang tidak membutuhkan ke tempat yang membutuhkan.
    c.
Meningkatkan mobilitas tenaga kerja dan modal yang ada.
    d.
Mendirikan industri yang bersifat padat karya, sehingga mampu menampung tenaga kerja yang menganggur ( Menurut Inge, 2011).

Daftar pustaka
Informasipendidikan.com, 2016, Pengertian Pengangguran, dalam link http://www.informasi-pendidikan.com/2016/02/pengertian-pengangguran-friksional-dan.html (diunduh pada 2016).
Inge, 2011, Cara- Cara Mengatasi Pengangguran, dalam link http://inge-phobos.blogspot.co.id/2011/07/cara-cara-mengatasi-pengangguran.html (diunduh pada 16 Juli 2011).
Artikelsiana.com, 2015, Pengertian Pengangguran, dalam link http://www.artikelsiana.com/2015/08/pengangguran-pengertian-jenis-penyebab.html  (diunduh pada 2015).
Fathoni, Ahmad.  2014, Pengangguran, Jenis dan Penyebabnya. Dalam link http://www.zonasiswa.com/2014/12/pengangguran-pengertian-jenis-penyebab.html  (Diunduh pada 2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.